bUku asiK

Manjali..

Ratna Manjali  -AtA-

Ratna Manjali -AtA-

Hai.. apa kabar sahabat blogerku..

semoga semuanya sehat dan berbahagia.. amiin..

kebetulan beberapa waktu yang lalu aku dapet hadiah buku dari sahabat yang baik hati.. daripada blog ini nganggur ampek lumutan, mending aku bikin resensi buku aja yah.. 😀 itung-itung sebagai ucapan terimakasih dan laporan, ini lho aku udah baca ampek kelar buku hadiahnya.. hihihi… 😀

sebenarnya ada tiga buku yang aku dapet..

Manjali dan Cakrabirawa -Ayu Utami-

The Alchemist -Paulo Coelho-

Sang Nabi -Kahlil Gibran-

tapi kali ini ngulas Manjali dulu aja kali ya..

Manjali dan Cakrabirawa [MDC] merupakan novel keempat Ayu Utami.. Novel ini adalah sekuel dari novel sebelumnya, Bilangan Fu.. tokoh-tokoh utamanya masih sama.. yaitu 3 orang sahabat, Parang Jati, Sandi Yuda dan kekasihnya Marja Manjali..

Jika novel Bilangan Fu mengambil latar perbukitan kapur Watugunung di pantai selatan jawa tengah lengkap dengan cerita-cerita para pemanjat tebing..

sedangkan Manjali dan Cakrabirawa berpindah setting ke daerah candi Calwanarang di sebelah timur kaki gunung lawu..

negatif poin : menurutku novel keempatnya ini kurang rapi jika dibandingkan dengan Bilangan Fu.. Penulisan tentang info-info sejarah kurang halus sehingga terkesan seperti terlalu dipaksakan, jadi seolah-olah seperti membaca buku sejarah saja..

sayangnya lagi ia tak bisa mengendalikan emosinya ketika membahas tentang G/30/S PKI 65, tentara yang melanggar ham, demokrasi maupun modernisasi… tiba-tiba ia menjadi penceramah.. dan apa yang disampaikan itu tak mengandung hal baru sama sekali..

memang dari novel pertamannya Saman, Ayu kelihatan banget anti militerisme.. ^^

positif poin : ia berhasil dalam membuat jalinan cerita yang saling terhubung.. misalnya nama belakang marja, manjali yang sama dengan putri calon arang yaitu Ratna Manjali..

cakrabirawa, mantra ampuh yang berhubungan dengan pki..

atau lagu dany boy dengan murni, nenek tua penjual kayu bakar..

Bagian terakhir novel ini benar-benar memunculkan konflik yang dramatis. Musa wanara, seorang Perwira AD, yang sangat patuh terhadap Pancasila dan Negara, namun tidak patuh terhadap masyarakatnya di hadapkan bahwa ia sebenarnya anak sang perempuan tua, mantan aktifis Gerwani serta memiliki seorang ayah Anggota Pasukan Cakrabirawa..

bagaimana Negara menyikapi ini, bukankah 7 turunan dari masyarakat yang terlibat G 30 S/PKI tidak boleh ada yang terlibat dalam pemerintahan..

Bagaimana Musa menerima kenyataan ini? Ternyata Ibunya seorang Mantan Anggota Gerwani dan ayahnya Mantan anggota Pasukan Cakrabirawa..

dan yang selama ini mantra Cakrabirawa dianggapnya sebagai sebuah mantra yang mujarab untuk guna-guna..

Bagaimana juga nasib Perempuan tua tersebut..? masihkan menjadi bulan-bulanan pemerintah setelah puluhan tahun lamanya tidak tahu menahu tentang hiruk pikuk politik Indonesia..

bagaimana tentang jalinan kisah cinta segitiga Yuda, manjali dan parang jati..?

apa hubungan nama manjali dengan candi calwanarang..? silahkan penasaran, karena jawabannya ada di novel ke-5 Ayu Utami yang entah kapan bakal terbit.. hehehe.. ..

ps: buat yang berbaik hati memberi hadiah buku, makasih…  🙂

Iklan
Categories: bUku asiK | 19 Komentar

buku “seandainya mereka bisa bicara” james herriot

if only they could talk

if only they could talk

buku “seandainya mereka bisa bicara” di terbitkan
pada tahun 1976, merupakan terjemahan dari
buku “if only they could talk” di tulis oleh
Alf Wight [james herriot] pada tahun 1970.
pantes aja aku cari-cari ini buku susah banget,
terbitnya aja sebelum saya lahir.
sebenarnya saya penasaran dengan buku ini karena
beberapa kali di sebutkan dalam novel laskar pelangi.
dimana karya herriot itu adalah hadiah Aling untuk Ikal.

isi buku ini banyak bercerita tentang keindahan sebuah
desa di inggris, yaitu yorkshire yang disamarkan menjadi
Darrowby. juga bercerita tentang harrogate yang disamarkan
sebagai Brawton.serta banyak bercerita tentang bukit dan lembah
di sekitarnya dengan cara yang selalu berbeda tapi tetap menakjubkan,
menunjukkan bahwa kota ini memang bagaikan surga.
sang penulis Alf Wight[james Herriot] mendapatkan penghargan
ordre of British Empire karena prestasinya sebagai penulis.
selain itu dia diangkat sebagai anggota kehormatan BVA
karena mengangkat nama yorkshire ke seluruh dunia dan
menciptakan industri pariwisata di kota tersebut.
yah cuman ini yang kutahu bagi siapa saja yang punya
buku “seandainya mereka bisa bicara”, pinjem dong… please….

Categories: bUku asiK | Tag: , | 24 Komentar

novel recto verso dewi lestari

secara harfiah recto verso berarti dua bagian yang saling melengkapi

tak bisa di nikmati sendiri-sendiri.

Dee menawarkan konsep seni baru dengan menggabungkan novel dengan album musik.

novel ini berisi sebelas cerita pendek sedang albumnya pun berisi sebelas lagu.

mengapa harus sebelas ?

menurut Dee, dalam ilmu numerology, sebelas merupakan penanda pembuka gerbang dua dunia

yakni dunia kehidupan dengan dunia kematian.

hal itu sama seperti arti recto verso.

berikut sebelas judul cerpen dan lagu recto verso

1. Curhat Buat Sahabat
2. Malaikat Juga Tahu
3. Selamat Ulang Tahun
4. Aku Ada (Feat. Arina Mocca)
5. Hanya Isyarat
6. Peluk (Feat. Aqi Alexa)
7. Grew A Day Older
8. Cicak Di Dinding
9. Firasat
10. Tidur
11. Back To Heaven’s Light

untuk download albumnya silahkan buka

http://www.misshacker.com/dewi-lestari-rectoverso-2008.html

menurut saya buku ini agak mahal melihat jumlah halamanya yg sedikit, apa karena hard covernya.

isinya bagus, berisi kata-kata ajaib ciri khas Dee.

bagaimana menurut anda?

Categories: bUku asiK | Tag: , | 17 Komentar

novel MARYAMAH KARPOV andrea hirata

photo maryamah karpov

Maryamah Karpov adalah novel keempat karya Andrea Hirata yang akan diterbitkan oleh Bentang Pustaka pada tahun 2008.

Maryamah Karpov merupakan buku terakhir dari Tetralogi Laskar Pelangi.Dalam novel ini, dengan satirenya yang khas, ironi yang menggelitik, dan intelegensia yang meluap-luap namun membumi, Andrea berkisah tentang perempuan dari satu sudut yang amat jarang diekspos penulis Indonesia dewasa ini. Di buku ini juga rencananya Andrea akan mengisahkan tentang Arai, Lintang, A Ling, dan beberapa pertanyaan yang belum sempat terjawab di 3 buku terdahulu.

Andrea Hirata mengatakan bahwa jumlah halaman Maryamah Karpov lebih dari 600 halaman.

Pre Launch
“Maryamah Karpov: Mimpi-Mimpi Lintang”

Menghadirkan:
Andrea Hirata, Gangsar Sukrisno, Salman Faridi

Minggu, 19 Oktober Pk. 10.00 – 12.00 WITA

Museum Neka,
Jl. Sangingan Ubud – Bali

Dear Friends,

Maryamah Karpov, serial terakhir Laskar Pelangi, akan dilaunching tgl 28 Nopember 2008, dan beredar di toko minggu berikutnya (awal Desember). Buat yang ingin memesannya bisa via toko online Khatulistiwa.

Silakan klik link berikut http://khatulistiwa.net/khatulistiwa.php?c=92&p=5690
Harga Rp 79.000, diskon 15% dan bebas ongkos kirim untuk Jakarta. Sementara untuk luar Jakarta kena ongkos kirim sesuai tarif TKI JNE.

Program:
Public Reading Maryamah Karpov
Behind The Scene Laskar Pelangi
Book Signing

Informasi lengkap
http://www.ubudwritersfestival.com
Ubud Writers & Readers Festival
Email : info@ubudwritersfestival.com
PO Box 181 Ubud, Bali, Indonesia 80571
Telephone: +62 (0) 361 7808932 / 977408 / 8038391
Fax: +62 (0) 361 977684

Categories: bUku asiK | Tag: , , | Tinggalkan komentar

edEnsOr ku

pada saat pagi-pagi buta aku sudah bersiap
setelah sholat subuh
untuk kesekian kali mengecek barang bawaanku

udara di luar sangat dingin,
langit sangat gelap pekat
tak ada satupun bintang yang nampak.

sebagian besar orang di kampungku masih terlelap dalam mimpi berselimutkan dingin.
sesampainnya di persawahan sebelah utara kampungku,
hujan rintik mulai turun.
ingin rasannya kubatalkan perjalanan ini.
karena janji sialan yang ku ucapkan kemarin itu aih….
jam 07.00 wib yahh…
pada jam itu aku harus sampai di tempat yang sudah
di sepakati.

setelah urusan dengan teman lama itu selesai,
bingung mau kemana.
lalu kuingat edensor yah….
aku harus punya edensor
Categories: bUku asiK | 2 Komentar