Gua Kalisuci

Sudah bukan rahasia lagi, Negara ini adalah Negara korup, para mafia berkeliaran di tubuh birokrasi, bahkan orang-orang yang menamakan wakil rakyat pun seperti preman yang menarik upeti dari perusahaan Negara..
Dan yang bikin eneg, oknum-oknum itu akan mencemooh, menjelekkan dan mengkriminalisasi orang-orang baik, yang mencoba melawan..
Setiap ada orang yang ingin melakukan perubahan maju langsung di jegal, di sikut bahkan kalau perlu di injak-injak sampai hancur..
Oalah.. bapak-bapak yang di senayan, semua orang sudah tahu akal bulus dan muslihat kalian..
*efek nonton mata najwa dengan bintang tamu pak Dahlan Iskan* hihi..
Sudah ah, males ngomongin politik, daripada bikin es mosi mending ngomongin topik-topik yang ringan saja..
Pada tahu Rappi ahmad kan..? kira-kira menurut kalian bakal balik sama Yu nie shara gak sih..? *gubrak*
Ok..ok..
Fokus-fokus… *tampar muka kiri-kanan*
Sebenarnya meski pemerintah dan lembaga terhormat negeri ini amburadul dan carut marut..
Tapi..
Tapi gak seharusnya membuat kita jadi apatis dan pesimis akan Indonesia..
Masih sangat banyak hal yang bisa membanggakan dari tanah air ini..
Kebudayaan, seni tradisi yang sangat beragam dan kaya..
Dan tahu gak..? keindahan alam Indonesia itu hampir gak ada cacatnya, kalau kata Gitah Gutawah sem-pur-nah..
Salah satu tempat yang keren adalah Gunung Kidul, banyak sekali wisata alam yang masih perjaka di kabupaten yang terletak di selatan Yogyakarta ini..
Soal pantai-pantainya bisa baca di postingan “pantai-pantai di gunung kidul
Dan wisata gunung kidul yang lagi ngetrend adalah cave tubing atau menyusuri sungai dalam gua menggunakan ban.. seru euyy..!!
Meski kondisi geografis gunungkidul sangat ekstrem, tanah tandus nan gersang tapi di bawah tanah kering itu mengalir sungai-sungai bawah tanah, amazing lah..
Topografi wilayahnya pun dikelilingi perbukitan kapur, yang lebih ngetop disebut kawasan karst..

..penulis yeng berkecemete eitem..

..penulis yeng berkecemete eitem..

Beberapa waktu lalu aku pun mencoba merasakan sensasi cave tubing di Goa Kalisuci bareng-bareng komunitas jalan-jalan -Jogjaku-
Sesampai di pos yang dikelola warga, lalu memakai life jacket, helm dan menuruni sebuah lembah..
Dari atas tebing bisa kita lihat sebuah aliran sungai yang bening kehijauan berkelok-kelok lalu masuk ke bibir gua yang besar..
Setelah semua duduk di atas ban pelampung, pengarungan sungai pun dimulai..

..pintu keluar gua kali suci..

..pintu keluar gua kali suci..

..sepur-sepuran.. ^^

..sepur-sepuran.. ^^

Ban mulai bergerak seirama aliran air. Saat tiba di arus tenang maka tangan harus difungsikan sebagai kayuh supaya terus melaju, sedangkan saat memasuki jeram ban akan melaju dengan cepat serta berputar-putar mengikuti arus..
Di beberapa titik yang penuh dengan bebatuan maupun jeram yang ekstrim dan sulit dilewati maka akan dibantu pemandu

kruntelan..

kruntelan..

..
Petualangan sesungguhnya dimulai saat aliran sungai memasuki relung Gua Kalisuci dan Gua Gelatik..
Sinar matahari menghilang dan berganti dengan suasana remang bahkan gelap, satu-satunya pencahayaan hanya berasal dari headlamp pemandu..
Stalaktit yang terlihat di atap gua terus meneteskan air, struktur dinding gua juga begitu indah sebuah lukisan alam yang tercipta ratusan bahkan ribuan tahun.. sungguh luar biasa..

meluncuuuurr..

meluncuuuurr..

.. Jozz.. asyik coy..

.. Jozz.. asyik coy..

Ratusan ekor kelelawar samar-samar nampak bergelantungan di langit-langit gua..
Keindahan gua dan kesejukan sungai yang menyatu dalam keheningan membuat diri enggan beranjak pergi. Berpeluk mesra dengan dinginnya aliran sungai di perut bumi dengan bonus pemandangan alam yang cantik dan eksotik benar-benar menjadi petualangan yang tak kan pernah terlupa..
..

.. di pintu keluar gua glatik..

.. di pintu keluar gua glatik..

yang seru di tempat stop kita rame-rame maen siram-siraman air, kayak bocah kecil hehe..

..maen siram air..

..maen siram air..

namun satu hal saja yang bikin males, waktu balik ke base camp kita musti menaikin jalanan menanjak terjal setinggi 70 meter, asli bikin ngos-ngosan dan di tambah lagi tebingnya licin karena basah.. huff..

..nanjak euy..

..nanjak euy..

Categories: tRip | 33 Komentar

Navigasi pos

33 thoughts on “Gua Kalisuci

  1. keren, Ta..

    guanya tinggi banget ya, Ta.. gak kliatan ada stalaktit yang ngalangin jalan.

  2. *nengok ke atas*
    Assalamu’alaikum Bundo … Lamo indak basuo, apo kabo? *halah! wong ndak ngerti basa Minang kok brani-braninya … 😀 *

    Iya, gua dan sungainya keren. tapi tantangan waktu pulang yg harus naik 70 meter bikin nyali susut duluan …
    Ata sudah ke gua Pindul apa belum? Guanya sama cantiknya, dan pulang cuma naik sekitar 5 meter, asyik dah. Ada susur sungai juga, lebih cocok bagi yang takut kegelapan dalam gua. Ayo dicoba …

  3. Asyiiknya atta …yang main sepur2an…
    eh…ada nggak emak2 yang main tubing…..pengen ih…nggak seram kan…?

    mbak Tuti muncul…apa kabar …kirim salam ya Ta…

    • ..
      banyak kok Bu, mak2 yg ikut..
      tapi kalau nyari yg gak begitu ekstrim di gua Pindul saja, Bu Tuti pernah kesana tuh..
      ..
      iya udah di salamin Bu Monda..
      ..

  4. Asyik tuh,tapi goa nya agak srem. .

  5. Mas Ata gabung di komunitas apa aja, nih?

    anyway, kayaknya suatu hari harus bikin buku yang mengisahkan seorang Chef sekaligus farmer yan suka berpetualang. hehe

  6. mantabb!!

    seru kayaknya ^^ kapan ya bisa cave tubing kaya gitu…

  7. Wah, kudu rame rame yak, kalo mau sendirian ga seru ya, *nunggu ada yang ngajak

  8. Rivanlee

    wah keren banget! mau ke sana

  9. Wuuuiiih mantap euy guanya. Jadi pengen kesana…

  10. Wah gile bener. Itu sih kereeeenn……………. jadi pengen euy.

  11. kakaakin

    Huwaaa… ini sih kalo kata anak muda mah bikin enpi… 😀
    Kapan ya sempat tubing kek gitu…

  12. taaaaaaaaaaaaaaaaaaaa, keren banget. iriiii


    ah Kamu Fiy, lama di Jogja kok gak ke mana2.. hehe..
    ..

  13. gilaaaaaa tempatnya keren banget ckckck

  14. inilah gambar dan tempat yang keren banget

    ..
    hehe.. makasih..
    ..

  15. seru dan senang pasinya 🙂

    ..
    Yo’i..
    jalan-jalan bikin happy.. 😉
    ..
    AtA

  16. domtheoos

    asik sekali lah itu, menyatu dengan alam. pengen banget aku sumpaaaah!

    Pintu dan Jendela

    ..
    yup asik sekali, yuks di coba.. 😉
    ..

  17. wah… baru tahu soal goa ini…
    kerennya… cuma sepertinya memang bikin males yang buat naik ke atasnya tuh. 😀

    ..
    iya nih Mas, lagi populer sekarang cave tubing di gunungkidul..
    yang lebih terkenal sih goa Pindul..
    ..
    ayo di coba mas..
    ..

  18. Ata, menarik sekali.
    Kalau untuk orang seumuran aku, masih kuat nggak ya (harus tahu diri nih)

    ..
    yang penting semangat bu, pasti kuat..
    ..

  19. wah itu asik banget berenangnya bener2 menyatu dengan alam.

Tinggalkan komentar