iNspirAsi

Pintar berbohong itu Pintar..

..
Berbohong adalah bagian yang tak bisa dipisahkan dari keseharian manusia..
terlepas dari tuntunan agama yang mewajibkan kita untuk selalu jujur..
kenyataannya…?
hampir setiap orang berbohong baik yang kelas ringan, kelas bulu, kelas bantam ataupun kelas berat..^^
kadang orang tanpa sadar berbohong kecil saat berbasa-basi, memberikan pujian kosong, melakukan gertak sambal, dan sebagainya..
bohong kecil itu ibaratnya seperti pelumas roda kehidupan bermasyarakat.. tsahh.. bahasanya tinggi amat ya’..hihihi..
coba bayangin deh, kalau setiap orang berterus terang [termasuk mengutarakan kejelekan atau ketidak sukaan pada lawan bicara]..
gak enak kan, bisa2 terjadi baku hantam bahkan rusuh..

ada hal menarik yang pernah kubaca..
menurut sebuah studi, ada kaitan antara kemampuan berbohong dengan kecerdasan..
seorang anak yang mulai berbohong sejak dini ternyata memiliki otak yang lebih encer..
dalam penelitian, anak yang pandai berbohong memiliki lebih banyak sel neuron dan interkoneksi di otaknya..
wajar sih karena untuk berbohong harus menyusun skenario, merangkai kata dan menyiapkan jawaban2 tak terduga..
bisa dikatakan berfikir selangkah ke depan..

di ranah blog pun gak lepas dari kebohongan..
pernah ada seorang bernama Dea [bukan nama sebenarnya] yang mengaku menderita Leukimia lalu berdakwah melalui tulisan-tulisannya..
sehingga mengundang banyak simpati..
kenyataannya dia hanyalah seseorang yang kurang kasih sayang sehingga mencari perhatian..
yeaah.. *menarik nafas lagi..*
tapi seenggaknya tulisannya telah menginspirasi banyak orang dan memberikan harapan bagi orang-orang yang bener-bener menderita kanker..
bukankah itu bermanfaat..?

sebenarnya hari-hari online kita dipenuhi dengan hoax/pesan berantai, spam, penawaran bisnis mudah dengan hasil uang melimpah, iklan produk-produk ajaib yang gak masu akal.. dll.
lalu ada beberapa kelompok yang menamakan diri internet sehat dengan menyerukan agar semua pemakai internet wajib memakai identitas asli..
mungkin gak sih..? jadi gak asik deh.. 🙄

kalau difikir sebagian besar kebohongan di internet itu tak berbahaya..
banyak orang yang memiliki banyak alamat e-mail, nickname aneh-aneh, atau menyamar jadi orang lain di chat room..
tetapi itu kan gak merugikan orang lain secara materi..
itu hanya sekedar untuk fun, untuk melepaskan diri dari realitas.. tul gak..? ^^

justru dengan kondisi dunia maya yang banyak kebohongan, itu membuat kita menjadi lebih waspada..
bukan hanya berbohong yang membutuhkan otak encer, tapi mendeteksi kebohongan juga bisa meng-upgrade kecerdasan.. 😉
masyarakat yang cerdas adalah masyarakat yang diisi individu-individu yang sadar akan potensi dan bahaya yang terkandung dalam internet..

so apakah si Ata ini identitasnya sudah jelas..?
silahkan cek ricek, siapa tau kan, ternyata si Ata DUNAGA [duda anak tiga] yang ngaku-ngaku perjaka.. hihihi..
..

sumber: Steven Haryanto; analisis
gambar: dari sini

Categories: iNspirAsi | 25 Komentar

Tolong Jawab..

tolong jawab pertanyaan ini..
” apakah kalian lebih senang seorang teman selalu berbuat baik tapi jarang kontak, apa kalian lebih suka seorang teman sering kontak tapi jarang berbuat baik..?
silahkan pilih..”

.. *satu detik..*.. *dua detik..*.. *lima detik..*
berapa lama kalian bisa menjawabnya…?
emmmm… sebuah pertanyaan sederhana tapi menggelitik.. *geli deh..*
gak tau kenapa aku suka dengan pertanyaan ini, begitu menyentuh dan humanis..
mungkin juga pertanyaan ini mengingatkanku kalau manusia tidak ada yang sempurna..
manusia gak hanya punya sifat baik, tapi juga sifat buruk..
dan dalam interaksi dengan orang-orang yang kita kenal, baik sahabat, atau teman kerja, sering memunculkan berbagai macam reaksi..
contohnya:
aku sering dan hobi ngejahilin orang, yah… banyak yang bilang itu perbuatan tidak baik..
trus gimana dong, kalo yang di jahilin suka..^^
atau mungkin malah kangen, dan kehilangan kalo lama gak aku jahilin.. he..he..
bagi yang sering aku usilin, hayo ngaku-ngaku…
“ya, bagi yang tunjuk jari, makasih udah jujur..” ^^

bagaiamanapun juga Human is an unique creatures..
isi kepala seseorang susah untuk di selami.. “kalo kolam renang mah gampang..” ^^
walaupun dipelajari dan di teliti sama para doktor atau profesor bidang psikologi, ya tetep aja gak ada jawaban yang pasti..
atau mau coba pake’teori Sigmund Freud..?
@ weleh siapa lagi itu Ta..
kalau gak kenal silahkan klik disini..
sudah sering aku baca-baca buku berisi kata-kata bijak, yah tapi tetep aja balik gedubrakan dan geje gila’..

manusia seperti roti di etalase toko bakery, kelihatan menarik dan menggoda, tapi kita gak tau rasanya kayak apa.. hi..hi.. *teori geje..*
dan saat roti itu dirasakan, reaksi tiap lidah tidak akan sama..

yang pasti manusia itu makhluk istimewa, apakah ada yang gak sepakat..?
” woee mas yang tunjuk jari, kalo mabok jangan disini..”

balik ke benang merah, manusia gak seperti yang ada di sinetron..
yang selalu ada tokoh protagonis yang super…super baik, kayak malaikat..
dan tokoh antagonis yang super..super..super..jahaaatt bin nyebelin..
kenapa selalu kejahatan melawan kebaikan, huuuuu… gak kreatif..
tapi ratingnya kok ya pol-polan, hayo Ibuk-ibuk, embak-embak, jangan nonton sinetron lagi..
*dilempar remote..*

kita semua punya ego, rasionalitas, keinginan, obsesi, itu yang membuat kita istimewah..

*lima belas detik..*… *tujuh belas detik..*
Hey…!! aku menunggu jawaban kalian..

ps: pertanyaan dari seorang blogger, sorry aku jadi’in postingan..

Categories: iNspirAsi | 27 Komentar

pengen menjual diri ke setan..

hai apa kabar semua, semoga baek ya.. 🙂
sorry dori mori kalau akhir-akhir ini aku jarang berkunjung ke blog temen-temen..
lagi sibuk nih, halah alasan klise banget yak..
intinya cuman pengen balik ke real world sementara sih..

tapi akhir-akhir ini aku punya kebiasaan baru, keliaran di devianArt..
yak elah, masih aja gak bisa lepas dari internet.. *keringet sejagung..*
habis suka banget sih ngelihat karya-karya lukisan orang yang bikin berdecak kagum.. *dan gak perlu ke gallery tentunya*
gak cuman berdecak sih, kadang ya melongo dengan mulut terbuka lebar..
kadang yang maki-maki gak jelas, example: “ANJRITT..KEREEEN!!”
ampek semua hewan di kebun binatang keluar..
yang monyetlah, gajahlah, zebralah, bebeklah.. * emang ada bebek di kebun binatang Ta..? *

apalagi pas ngelihat karya dari maha Dewa Lukis Kokecit..
sumpah itu bisa bikin kalian garuk garuk aspal, menangisi kejamnya hidup ini..
sambil bertanya-tanya apakah tujuan hidup kalian hanya memuja manusia yang lebih hebat dari kalian..
# tolong ingatkan untuk mencoret kata ‘kalian’ untuk di ganti kata ‘aku’..

oke lupakan paragraf di atas, ngaku lagi lebay nih.. *keringat sejagung..*

ini nih salah satu dari sekian banyak lukisan kokecit..
waktu pertama liat, aku mengumpat ” BERUANG KUTUB beranak monyet..!! ”
asli keren banget, pengen deh menjual diri ke setan untuk punya talent seperti dia..
Awesome…!! wekekeke..
” maaf becanda Mbah..” *tengok kiri-kanan*

dan kalian tau gak, gambar di atas pake’ watercolor..
yup, cat air sodara-sodara..
iya, bener kok itu pake’ cat air..
yakiiinn…

“mari sama-sama melongo..”

saat ini sunday kliwon tanggal five descembert..
aku lagi dengerin lagunya Yui yang djudulnya -Winding road-
eh tiba-tiba pengen corat coret, dan taraaaa this is it hasile.. 🙂
kalo pengen dunlud lagunya klik disini

sorry lagi, kalo tidak memuaskan..
maklum ngelukisnya cuman di atas buku gambar murahan, punya Anak SD merk Sinar Planet.. *ups, ampir keceplosan nyebut merk..hihi..*
” emang kertas buat gambar ngaruh ya Ta..? ”
” gak juga sih, tapi kalo ngelukisnya di sketcbook mahal kayak moleskine pasti berusaha lebih bagus lagi.. pol-polan mungkin..” 🙂
halow-halow yang tinggal di kota besar,ada yang sudi ngebeli’in aku moleskine gak..?
* pasang muka melas sambil meratapi nasib tinggal di pelosok gunung..* 😦
oh iya sengaja gak di scan, habis masih ada bekas sket pensilnya sih.. hiks..hiks..
tuh kertas jelak banget, kalo di gosok sama karet penghapus kertasnya langsung mblagadus.. 😦
satu lagi sebelum publish aku sempat nanya ke kurator saya tentang gambarku di atas..
dan apa katanya sodara setanah air..?
kurator : ” itu gambar apa’an Ta, kok rambut si cewek mencuat gitu..”
* GUBRAKK..!! *
” itu rambutnya ketiup angin kok.. grrrrrrrr…. ”

oke deh segini aja untuk minggu ini, see You senen depan.. *ketawa setan..*

“I used to draw like Raphael, but it has taken me a whole lifetime to learn to draw like a child” – Pablo Picasso
semoga cepet dapat menemukan spirit lukisanku sendiri.. 😉

pengen deh suatu saat ada yang nanyak-nanyak gini..
” eh, siapa sih Ata chan..? keren banget gambarnya..”
wekekeke…
..
“I am the ‘who’ when you call ‘who’s there? ” 😛 *di tendang sampek kutub..*
..

Categories: iNspirAsi | 38 Komentar

gambar komik strip sambil koprol di jalan raya..

iseng-iseng hari minggu kemaren sepagian corat-coret di kertas tisue bikin komik strip, waktu itu pas nunggu pesenan bubur ayam Cak Soleh..
karena hari minggu yang beli bubur ayam ngantri boks’..
rasanya kaya’ ngantri di dokter gigi, dapet nomer antriannya 179 sementara yang dipanggil baru nomer 6.. *jedotin kepala ke tembok dah..*
mungkin pergi ketempat Bundo dentis aja ya, biar gak ngantri.. *manfaatisme..* [gak boleh dicontoh nih ]..

balik lagi..
eh pas dilihat-lihat hasil corat-coretnya kok lumayan, lumayan jelek maksudnya..ngukk..ngukk…!! hihi..

sebelumnya aku mohon maaf yang ter-amat sangat atas gambar komik strip-ku yang masih uplukkucrut blagadrus krompyang.. *bahasa geje* 🙂
yang intinya juelek dan bisa bikin sakit mata bagi yang liat, syukur-syukur kalo gak muntah di tempat.. *siapin ember* 😀
“udah deh Ta, gak usah lebay..” *toyorrr palanya..*
..
jujur agak-agak grogi, nerfes dan mules nih…
bukan..bukan mau BAB..
tapi malu aja pamerin gambar yang bentuknya kayak coretan anak TK.. ngiiikk..ngiiik!!
secara aku kan ahlinya sketsa wajah gituh.. *dilempar batu bata..*..
wakakakaka…..
..
okeh, di lanjuuut..
BTW ini pertama kalinya aku bikin gambar di kertas tisue..
wew.. susah Menn..
kertasnya kan gampang sobek, jadi musti pelan-pelan..
seperti pepatah “alon-alon sing penting kelakon..”
# bagi nyang kagak ngarti artinye, nanye engkong guugle aje yee.. *betawian cing..*
nah untuk bikin garis juga musti sekali, kalo di ulang tuh kertas bisa bolong.. 😦
dan satu lagi yang paling penting, jangan banyak-banyak ambil tisue-nya..
ntar di pelototin penjualnya.. hihi..

Jalan ceritanya begini …

Dua anak, A dan B, biasa pergi sekolah bareng,
makan siang di taman bareng, tukar-menukar lunch box.
Suatu ketika, B ingin pergi bersama C.
Si A, karena gak tahu B mau pergi dg C, menunggu.
Tiba saat berangkat, A ngontak B, tapi B bilang dia akan pergi dg C,
dan pesen agar A menjaga tempatnya di taman, dan membagi lunch boxnya.
Si A kecewa, apalagi dia sudah menyiapkan menu kesukaan B utk makan siang.

Apakah B (ataupun A) gak boleh berteman dg anak lain?
Tentu saja boleh.
Pertemanan tak boleh menjadi belenggu.
Tetapi akan lebih baik kalau B memberi tahu A, “Eh, besok aku mau berangkat sama C, gak papa kan?”. Dengan demikian A gak menunggu B. Atau kalau mau, dia bisa pergi sama D, menyiapkan menu yg cocok utk D.

Begitu ceritanya …. 🙂
..
sebenernya komik stripnya belom kelar, jadi silahkan penasaran dengan sambungannya..
wakakaka…. *dilemparin sendal..*..
..

trus,lanjut kasih tips dikit ya..
ciee… sok banget, macem komikus handal ajah.. *kena gaplok..*
okeh..okeh.. serius nih..
komik itu adalah hal yang sangat visual bangets..
jadi adegan/scene dan ekspresi itu puenting buangets..
pertama pikirin dalam kepala, opening dan endingnya kayak gimana..?
mikirnya jangan pake’ dengkul pliss.. nguikk..!!
lalu mau berapa adegan..?
kalo ini cerita humor, punch line-nya gimana dan di kolom berapa..?
penting tuh, biar bisa nendang..
dan pastikan saat gambar juga ikut ngakak.. ngookk..!!
..
gini deh, kalo emang kesulitan ngebayangin adegan dalam kepala..
bikin corat-coret aja dulu..
aku pun kalo bikin gak langsung jadi, paling 2-3 kali baru final.. 😉
..
siapa aja karakternya..?
nah kalo ibarat sinetron lokasi syuting udah ada, tinggal audisi aktor dan aktrisnya..
aku sendiri seringnya bikin karakter orang-orang yang ku kenal aja..
jadinya tau ciri khas, gaya dan kebiasaan karakter itu..
gak perlu mendetail lah, ntar malah ribet..
cukup gambarin ciri khas yang “dia Banget..”
nah di komik strip yang kubikin ini, karakter anak berambut belah samping itu aku sendiri.. 🙂
oh iya.. soal ekspresi wajah si tokoh, itu sangat mendasar banget..
triknya harus pinter-pinter milih ekspresi apa dan waktu yang mana..
ekspresi dasar itu banyak banget, senyum/senang/ketawa/ngakak guling2..
marah, sedih, bingung, takut.. pokoknya banyak deh, cari referensi di Anima jepang aja.. oke.. *dasar males ngejelasin..*
..
abis itu tentuin tokoh utama dan alur ceritanya..
lalu terakhir dialog..
dialog itu di bilang penting kadang gak penting..
mau dibilang gak penting kadang butuh..
jadi ya suka-suka aja.. *gubrakkk..!!..*

baiklah sekian tips bikin komik stripnya..
semoga bermanfaat dan bisa memajukan perkomikkan Indonesia.. Halahh..

pesen buat orang tua yang punya anak kecil..
” maaf Pak, Buk, plis jangan bilang komik itu gak mendidik..”
pesen untuk semua..
” be creative ” 😉

ps: mungkin semua pada bertanya-tanya, kok postingan Ata kali ini makin geje..
jawabannya = mungkin karena efek makan keripik jamur, jadinya otakku lagi hipper aktip..

ps2: mungkin ada pertanyaan lagi, kok gambarnya gak diwarnain..?
jawabaaannnya = soale aku gak gitu jago sotoshop ato ingustrator, maklum masih rakyat jelata..
*nyembah para dewa dan mahaguru desain grafis.. *

Categories: iNspirAsi | 31 Komentar

sebuah pilihan di garis takdir..

beberapa hari yang lalu aku melihat acara di televisi..
sebuah kisah nyata yang menyentuh hati..
seorang gadis ayu bermata sendu mengisahkan sebuah peristiwa yang hampir merenggut nyawanya..

saat itu tak hanya bumi yang berguncang, tapi juga tubuh denai..
tak hanya tempat tinggal denai yang jadi puing, tapi juga jiwa denai..

ucap gadis itu dengan mata berkaca-kaca..

setelah tanah berguncang dan meratakan apa saja..
suasana menjadi mencekam yang terdengar hanya jerit tangis dan rintih kesakitan..
lalu datanglah gelombang laut yang besar bergulung-gulung menyapu apa saja..
kejadian itu sangat cepat, beruntung denai sempat berpegangan pada pohon besar..
tapi pada saat itu denai mendengar suara teriakan minta tolong..
ternyata itu suara uni yang hanyut, tanpa berfikir denai meloncat ke air untuk menolongnya..

..

apakah anda tidak takut jika akhirnya ikut terhanyut..? [tanya pembawa acara]
..

tidak, mungkin resikonya denai akan meninggal..
tapi, denai lebih siap meninggal daripada kehilangan uni..

dari wawancara itu aku dapat mengambil pelajaran..
sebenarnya kita tidak harus takut untuk mengambil keputusan..
jika kita siap dengan resiko yang akan terjadi, maka lakukan.. just Do it..

mempertimbangkan sesuatu dengan cermat dan teliti memang baik..
namun terlalu lama mengambil keputusan bisa kehilangan kesempatan..

so jika tersudutkan oleh masalah dan harus segera mengambil keputusan, gak perlu takut salah..
karena kita bisa belajar dari kesalahan itu… tul gak..?

beberapa waktu yang lalu ada seorang teman cerita-cerita kalau hubungan dia dengan pacarnya selalu putus nyambung..
dan begitu terus berulang..
dalam hati aku heran, terus-terusan di sakiti kok masih terima aja..
dia selalu menganggap mantannya itu yang terbaik, yang paling mengerti dia..bla..bla..bla..
aku rasa dia takut untuk menjalani hubungan baru..
dia ragu akan mendapatkan seseorang yang memahami dia..
rugi banget kan, berarti dia telah melewatkan kesempatan untuk mendapatkan seseorang yang lebih baik..

jika ada hal yang baik dan menantang kenapa tidak kita coba..?
iya gak..?

di sekolahan kita dapat pelajaran dulu baru kemudian menghadapi ujian..
tapi dalam kehidupan nyata, kita menghadapi berbagai macam ujian dulu baru deh mendapat pelajaran..
semakin banyak kita mendapat ujian, semakin banyak kita mendapat pelajaran..
itu juga kalau mau belajar sih.. 🙄

yah.. kadang nasib seperti dadu yang dilemparkan, kita gak tau angka berapa yang akan diatas..
garis takdir dan jembatan kesempatan yang menentukan adalah pilihan kita.. 😉

ya sudahlah..!! daripada aku makin ngaco dan geje nulisnya..
mending aku closing aja..
intinya pelajaran moral kali ini..
“jangan takut memilih dan terima resiko yang akan terjadi..”

if You risk nothing, then You risk everything
-geena davis-

ket: Denai = Aku

## balik ke dunia nyata :

The time to hesitate is through..
No time to wallow in the mire..
Try now we can only lose..

light my fire -the door-
menghentak di headphone i-pod made in chinaku..
joging pagi-pagi kaki lecet di serempet pedagang sayur *dasar motor slompret..!*..
ngejar-ngejar pedagang cilok, baju kena kecap..
pulang jalanan nanjak mulu.. CAPEEK..

tapi lagi-lagi..
aku masih tersenyum kok..

dasar postingan gak jelas..
*dilemparin pembaca..

Categories: iNspirAsi, Obrolan Ringan | 30 Komentar