trip solo..

bukit-bukit yang menghijau, lautan yang biru, persawahan yang menguning..
pepohonan yang menjulang memberi keteduhan, debur ombak, dan halusnya pasir pantai..
tak lupa bangunan-bangunan kuno yang menyimpan sejarah..
hal-hal seperti itu sering aku cari..
aku lupa sejak kapan menyukai jalan-jalan..
seingatku sejak kecil aku sudah suka menjelajah perbukitan, lembah dan sungai, bersama teman sepermainan…
maklum desa tempatku dilahirkan memang di kaki gunung.. ^^
saat jalan-jalan rasanya menyenangkan dan feel free..
kadang hidup memang harus di refresh ‘F5′ biar gak monoton, statis, membosankan, itu-itu wae.. ^^
jalan-jalan juga bagaikan menginjeksi semangat baru, pengalaman baru dan menawarkan hal-hal yang tak terduga..
sekarang aku memandang travelling bukan hanya melihat keindahan alam dan menikmati kuliner nan lezat..
ada yang lebih dalam dari itu, karena travelling bisa merubah pandangan hidup, juga mendapatkan inspirasi dan ide-ide baru..
meski secapek apapun saat pulang travelling, aku merasa jiwa ini terbaharui..
mungkin setiap orang mempunyai pandangan berbeda-beda..
ada yang menemukan saat berbelanja, olahraga, atau melakukan hobi, dan masih banyak lagi..
bagiku teteup travelling yang paling memuaskan hati..hehe..
akhir tahun lalu, aku berkesempatan jalan-jalan ke solo.. ^^
perjalanan ke solo dari jogja lumayan ramai lancar, cuaca agak-agak mendung syahdu..
sampai di daerah klaten aku sempatkan singgah di museum gula jateng, tepatnya di desa gondang winangun..
tempatnya mudah dicari, karena berada di pinggir jalan besar yogyakarta-surakarta..
suasana sepi mamring saat kaki ini memijak pelataran bangunan tua berarsitektur indische style..

tepat di depan halaman museum terdapat lokomotif tua yang gagah, sayange pake’ di cat warna-warni.. jadinya malah kayak odong-odong..^^
pada jaman dulu si lokomotif dipakai untuk menarik lori-lori yang berisi tebu dari ladang-ladang..
mejeng
..jangan tanya kenapa fotonya sendiri.. *lagi sensi* :D
tau gak sih, jaman belanda dulu kita merupakan negara penghasil gula terbesar sejagad..
tapi kini..?
kini kita jadi negara pengimpor gula.. *sedih*
orang klaten musti bangga nih, karena museum pabrik gula ini baru pertama ada di asia tenggara..
ok saatnya mengetahui apa aja isi museum ini. ruangan pertama berisi alat-alat dan furniture kantor..*model jaman belanda pastinya*
ruangan ke dua berisi maket pabrik dan peralatan produksi pabrik..
ruangan berikutnya berisi hewan hama tebu yang diawetkan dalam toples-toples berisi air keras.. hiiiii…., ada juga tanaman-tanaman gulma..
kemudian adalah ruangan favoritku yang berisi foto-foto, ada foto tradisi upacara selamatan ketika akan memulai giling tebu..
ada upacara selamatan ‘temanten tebu’ dengan berbagai upacara pendukung lain seperti pertunjukkan wayang kulit semalam suntuk..
penanaman sesaji yang biasanya menggunakan kepala kerbau atau sapi untuk ditanam, demi memohon keselamatan selama masa tanam dan pascaproduksi..
..
di luar bangunan dipajang alat-alat pengangkut tebu seperti lori, gerobak, cikar, salah satunya lokomotif uap buatan tahun 1818..wew dan diberi nama ‘simbah’
ada juga dipajang mesin-mesin penggiling tebu yang guede..
lagi-lagi mesinnya dicat warna-warni ngejreng, jadi kayak mainan.. hehehe…
..
berjalan ke sebelah timur museum ada toko sovenir yang sepi.. *kriiik…kriiik…kriiik…*
di timurnya lagi ada bangunan djadoel yang megah dan cuantiq, mungkin dulunya rumah pembesar belanda..

sekarang bangunan itu dijadikan guest house, sempat liat-liat kamarnya sih.. *serem euy*
berasa kayak anaknya meneer belanda..hihihi….
..
karena dah mau hujan, aku pun buru-buru melanjutkan perjalanan ke solo..
nyampek di kota batik disambut hujan deres, akhirnya mampir di restoran hotel diamond untuk makan siang dan laporan sama yang diatas .. :)
tujuan utama ke solo adalah menjenguk seseorang, namanya mbak sanie b kuncoro..
seorang penulis beken yang sudah banyak menghasilkan karya..
mbak sanie sempat divonis kanker, syukurnya sekarang sudah sembuh dan sehat..
bahkan makin rajin nulis..
rumah mbak Sanie sangat unik dan adem, bikin betah berlama-lama ngobrol..
apalagi di perpustakaan kecilnya yang berisi banyak sekali novel-novel..wuiiihhh..
..mejeng sama mbak Sanie yang ramah..
jadi gak pengen pulang, tapi karena hari menginjak sore mau gak mau musti balik jogja.. :(
akhirnya jadi tau, meski tulisan mbak Sanie melankolis tapi pribadi aslinya rameee… hehehe… piss mbak..
..
tahun 2011 sudah lewat, ada beberapa target yang gak sesuai harapan..
Ranu kumbolo, air terjun seribu wajah, dan pantai sadranan..
bila bumi masih berputar dan waktu masih berdetik, semoga saja tahun ini bisa merasainya.. ^^
..
About these ads
Categories: tRip | 45 Komentar

Navigasi tulisan

45 gagasan untuk “trip solo..

  1. Asik euy bisa jalan jalan terus, hahaha

    .. jalan-jalannya pas gak ada kerjaan Bro.. ^^
    ..

  2. wah jadi pengen main ke rumah mbak sanie. rumahnya sepertinya hangat dan nyaman ya… aku lagi suka bacar tulisan mbak sanie nih :)

    ..
    iya Mbak, rumahnya nyaman..
    udah baca buku yg mana aja nih..?
    ..

  3. kok kamar guest house nya gak difoto ta? pengen liat seserem apa.. hahaha

    lucu juga ya ada museum pabrik gula. dan keliatannya terawat sekali pula ya…

    ..
    kamar guesthousenya gaya kolonial gitu mas, ruangannya luas..
    dibikin lapangan badminton bisa kali’, trus plafonnya tinggi..
    dan furniture kuno..

    kayaknya sama aja dengan museum2 lainnya di negri ini mas.. ^^
    sepiiii……hehehe…
    ..

    • Atta, museum yang terlalu ramai, seperti museum Fatahillah Jakarta itu malah aku jadi nggak suka
      kehilangan gregetnya, he..he…

      heningnya museum itu juga yg bikin asyik berlama2 …

      ..
      kalau sepi kasihan yg jaga Buk, jd terkantuk-kantuk dan kebosanan..hihihi..
      ..
      saya pernah ke vredeburg liat2 diorama, lama-lama takut Buk sendirian..hehe
      ..

  4. asyiknya kalau bisa lihat langsung penganten tebu itu ya Atta, aku baca di NGI, dan ini rupanya Museumnya ya…
    dicatat… belum pernah ke sana..

    dan foto dengan mbak Sanie itu kan yang ditag padaku..?
    beliau ini salah satu penulis kesukaanku di masa remaja dulu lho..

    ..
    iya Buk, acaranya pasti rame..
    tapi kemarin saya lupa nanya bulan diselenggarakannya..
    ..
    hehe iya, ke solonya emang udah lama.. ^^
    kalau dulu, berarti masih cerpen ya..?
    ..

  5. Mas Atta suasana pabrik gula khas ya, nampaknya ada standar tertentu jaman dulu. rumah sinder kebun maupun sinder pabrik dengan langit2 tinggi. Salam

    ..
    kayaknya rumah kolonial dulu rata-rata memang berlangit-langit tinggi, biar udaranya adem.. ^^
    ..

  6. nengok cowo ganteng yg lagi duduk sendiri..

    ..
    kirain siapa.. berani-beraninya bilang saya ganteng..hihihihi…

  7. senengnya!
    Pengen berkunjung juga deh..

    ..
    silahkan berkunjung ke solo, kenali negrimu..*tsahh* :)
    ..
    salam

  8. fotonya…eksotis. :oops:

    ..
    tengkyu.. ^^
    ..

  9. Aku ga gaul Ta, jadi ga tau buku2nya. Nanti aku coba cari deh kalo pulang, kalian pada bilang bagus, jadi penasaran… aku belum pernah ke Solo, nanti kalo ada kesempatan pasti jalan2… ngelist dulu deh tempat wisatanya :D

    ..
    kalau buku kan soal selera Cla, menurutku bagus untuk orang lain belom tentu.. ^^
    tapi masih lama kayaknya ke solonya..hehehe…
    ..

  10. wah, enak euy jalan2 terus :D
    btw kenapa ndak bikin blog khusus traveling saja mas?
    Just like this hifatlobrain.net

    ..
    jalan-jalan wajib Dik, refreshing.. ^^
    thanks sarannya, tapi punya satu blog aja gak keurus apalagi dua..hehehe…

  11. mangtap… selamat :)

    ..
    matur suwun sanget Pak Hery..
    salam..
    ..

  12. ngelihat photo-photo Atta dengan musium yang terawat ini jadi pingin berkunjung.
    saya pernah ke Klaten tapi ga tau kalau daerah itu menyimpan museum antik.
    meng-aamiin-kan do’a Atta, saya juga ingin jalan-jalan.

    ..
    tempatnya di pinggir jalan besar kok Kak, gampang dicari..
    kalau perlu bisa ngajak saya..hehe..
    ..

  13. boleh di coba tipsnya

    ..
    tengkyu
    ..

  14. amazing tipsnya saya akan coba sekarang juga

    ..
    makasih..
    ..

  15. Haaa, enaknya. Aku juga pengen bisa sering jalan2, sayangnya gak ada duitnya :)) *dan waktunya juga, sih*
    belum pernah ke solo, tapi melihat foto2nya ata, jadi pengen juga. Seru. Senengnya juga bisa ketemu penulis sekeren Mbak Sanie.

    ..
    ..hehe..yang penting ada kemauan sih Mer.. ^^
    ke solo mah gampang, dari jakarta pesawat banyak, kereta juga banyak.. tinggal dipilih.. ;)
    ..

  16. waduh bingung deh.. pengen ke sono pengen ke sana… banyak pengennya. Jogja -Solo pulang hari ya? hmmmm

    ..
    kalau lancar 2 jam mbak..
    ..

  17. wiii …seru kayaknya jalan-jalan ke sana :D

    ..
    pastinya menyenangkan.. ;)
    ..

  18. really asri yah :)

    pengen bikin rumah yang seperti ini :)

    ..
    yup, aku juga pengen punya rumah kayak gitu.. ^_^
    ..

  19. Jadi lebih tahu sejarah bangsa ini, kota Solo memang kota yang penting dalam sejarah awal bangsa ini..

    ..
    iya Bro, solo emang kota yang bersejarah dan berbudaya..
    asik pokoknya..
    ..

  20. aahh..ata chan jalan2 mulu nih..*sirik*

    eh ata chan kenal ama mbak sanie penulis novel itu ya…

    ..
    hehe..ehh gak boleh sirik..
    ..
    baru pertama ketemu sih, kenapa kak Fit..?
    penggemar Mbak Sanie ya..?
    ..

    • mana postingan terbarunya nih….

      aku belom pernah baca bukunya mbak sanie sih,cuma katanya novel nya yg judulnya “memilikimu” itu bagus..

  21. solo emang eksotis :-)

    ..
    iya betul banget..
    terimakasih kunjungannya..
    ..
    salam

  22. aku ke sering solo kok gak tau ada tempat gituan. . . .

    ..
    tempatnya memang belom masuk solo kota..
    ..

  23. tempatnya bukan di kota Solo-nya atau memang di Klaten sih? *menilik dari judul dengan review-nya…
    setahu saya tempat yang majangin benda² sejarah cuma di Keraton-nya aja :P
    cara penataanya hamir mirip di House of Sampoerna Surabaya :)

    ..
    iya kayaknya masih di klaten, tujuannya emang ke solo tapi mampir-mampir..hehehe..
    ..

  24. kalau ke solo enaknya tuh pas malem-malem, trus jalan-jalan sambil cicipi makanan khas sana gitu ^^

    fotonya bagus-bagus :)

  25. Lokomotif yang diberi nama Simbah itu, konon dulu hanya bisa dijalankan oleh orang yang dijuluki “Simbah”. Sesudah Simbah meninggal, tidak ada lagi yang bisa menjalankan lokomotif itu, dan disimpan saja di museum …

    ..
    kok tahu, nanyak google ya.. ^^

  26. wah ceritamu asyik sekali ta…
    aku juga suka dengan musium..walaupun ada kesan angker dari musium tapi membaca dan melihat2nya membuat pikiran terbuka kembali akan kenangan dan benda2 masa lalu. salam ata.

  27. Ataa.., seneng baca tulisanmu ttg traveling.. selalu menarik.. dan jadi cerita yg indah..
    Kalo ada rencana ke Air Terjun ‘Seribu Wajah’.., kontak kami ya, Ta.. mungkin lagi pas mudik.., jadi bisa bareng2 menjelajah & ngopi di sana..

  28. Saya suka baca karangan mbak Sanie….
    Semoga beliau bisa sembuh ya dan tetap menulis.
    Rumah nya indah sekali….dan terasa sejuk dan nyaman.

  29. ibnufajarisme

    jadi pengen.. :|

  30. Pingiiinnn >___<

    enaknyoo.. :D

    ata chan, pripun kabar?

  31. Ranu kumbolo, air terjun seribu wajah, dan pantai sadranan.

    ~gunung,hutan dan pantai…~

    marai pengen arek iki…..:D

  32. makasih ya udah share pengalamannya disini….salam kenal aja yaaa…sukses slalu

  33. salam kenal :)
    sukses selalu :)

  34. Taaaaaaa
    Ke Solo kok nggak ngajak???
    IRI

  35. Nice blog,, salam kenal yachhhh

  36. ayoo jalan-jalan lagi :D

  37. keren&menarik ya :) jadi pengen kesanaaaa :O
    ituuu mesin pengangkut tebu namanya ‘simbah’, unik :)

  38. Thanks share pengalaman nya semoga sukses selalu..

  39. Ping-balik: 1 Syawal 1433 H « FAITES COMME CHEZ VOUS

  40. mesin tik nya jadul2 banget. kereta uap nya juga unik ya :D

  41. masih terlihat antik semua ya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog pada WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 470 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: