Pintar berbohong itu Pintar..

..
Berbohong adalah bagian yang tak bisa dipisahkan dari keseharian manusia..
terlepas dari tuntunan agama yang mewajibkan kita untuk selalu jujur..
kenyataannya…?
hampir setiap orang berbohong baik yang kelas ringan, kelas bulu, kelas bantam ataupun kelas berat..^^
kadang orang tanpa sadar berbohong kecil saat berbasa-basi, memberikan pujian kosong, melakukan gertak sambal, dan sebagainya..
bohong kecil itu ibaratnya seperti pelumas roda kehidupan bermasyarakat.. tsahh.. bahasanya tinggi amat ya’..hihihi..
coba bayangin deh, kalau setiap orang berterus terang [termasuk mengutarakan kejelekan atau ketidak sukaan pada lawan bicara]..
gak enak kan, bisa2 terjadi baku hantam bahkan rusuh..

ada hal menarik yang pernah kubaca..
menurut sebuah studi, ada kaitan antara kemampuan berbohong dengan kecerdasan..
seorang anak yang mulai berbohong sejak dini ternyata memiliki otak yang lebih encer..
dalam penelitian, anak yang pandai berbohong memiliki lebih banyak sel neuron dan interkoneksi di otaknya..
wajar sih karena untuk berbohong harus menyusun skenario, merangkai kata dan menyiapkan jawaban2 tak terduga..
bisa dikatakan berfikir selangkah ke depan..

di ranah blog pun gak lepas dari kebohongan..
pernah ada seorang bernama Dea [bukan nama sebenarnya] yang mengaku menderita Leukimia lalu berdakwah melalui tulisan-tulisannya..
sehingga mengundang banyak simpati..
kenyataannya dia hanyalah seseorang yang kurang kasih sayang sehingga mencari perhatian..
yeaah.. *menarik nafas lagi..*
tapi seenggaknya tulisannya telah menginspirasi banyak orang dan memberikan harapan bagi orang-orang yang bener-bener menderita kanker..
bukankah itu bermanfaat..?

sebenarnya hari-hari online kita dipenuhi dengan hoax/pesan berantai, spam, penawaran bisnis mudah dengan hasil uang melimpah, iklan produk-produk ajaib yang gak masu akal.. dll.
lalu ada beberapa kelompok yang menamakan diri internet sehat dengan menyerukan agar semua pemakai internet wajib memakai identitas asli..
mungkin gak sih..? jadi gak asik deh.. 🙄

kalau difikir sebagian besar kebohongan di internet itu tak berbahaya..
banyak orang yang memiliki banyak alamat e-mail, nickname aneh-aneh, atau menyamar jadi orang lain di chat room..
tetapi itu kan gak merugikan orang lain secara materi..
itu hanya sekedar untuk fun, untuk melepaskan diri dari realitas.. tul gak..? ^^

justru dengan kondisi dunia maya yang banyak kebohongan, itu membuat kita menjadi lebih waspada..
bukan hanya berbohong yang membutuhkan otak encer, tapi mendeteksi kebohongan juga bisa meng-upgrade kecerdasan.. 😉
masyarakat yang cerdas adalah masyarakat yang diisi individu-individu yang sadar akan potensi dan bahaya yang terkandung dalam internet..

so apakah si Ata ini identitasnya sudah jelas..?
silahkan cek ricek, siapa tau kan, ternyata si Ata DUNAGA [duda anak tiga] yang ngaku-ngaku perjaka.. hihihi..
..

sumber: Steven Haryanto; analisis
gambar: dari sini

Iklan
Categories: iNspirAsi | 25 Komentar

Navigasi pos

25 thoughts on “Pintar berbohong itu Pintar..

  1. Kirain ilustrasinya adalah sketsa bikinan Ata. Sempat heran, sebab nggak biasanya Ata bikin sketsa yang ‘serem’ gitu … Ternyata memang bukan 🙂 *bersyukur*

    Memang betul, kebohongan itu ada kebohongan yang jahat, ada kebohongan yang baik. Kebohongan yang baik misalnya untuk mendamaikan dua orang yang berseteru, atau berbohong untuk menyenangkan hati istri/suami. Tapi menurut saya, bagaimanapun juga kebohongan (meskipun untuk tujuan baik) adalah pilihan terakhir yang boleh diambil. Sejauh bisa nggak bohong, ya nggak usah bohong deh …

    Pintar berbohong berarti pintar? Waduh … gawat nih 😮 . Tapi tidak bisa dibalik ya, bahwa orang yang pintar berarti juga pintar berbohong (bisa dikeroyok massa …)

    Tentang kebohongan di internet, merugikan orang lain tidak selalu dalam konotasi kerugian materiil, tapi bisa juga berupa kerugian moril. Coba, kalau ada gadis yang jatuh cinta sama Ata, karena Ata mengaku masih bujangan, padahal aslinya ‘dunaga’, apa nggak ancur tuh … 😦

    After all, ini tulisan yang menarik. Memicu kontroversi … 🙂

    ..
    kalau saya bikin sketsa pasti yang cantik-cantik Bu.. 🙂
    ..
    yah soal baik enggak memang soal hati nurani masing-masing.. 🙂
    ..
    tapi kok jarang ada bodoh berbohong ya’.. hihihi..
    ..
    kalo DUREN kan gakpapa tho, kecuali ternyata statusnya beristri tiga.. *di masa ibu-ibu..*
    tapi gak mungkin itu, saya anti polygami kok.. 🙂
    ..
    kontroversinya teteup kalah sama syahrini Bu..hehehe..
    ..

  2. Hahaha …

    Yang jelas …
    Tidak atau belum memberitahukan …
    bukan berarti berbohong lho ya …

    berbohong adalah berkata yang tidak benar …

    BTW …
    Emang ada ya … yang seperti Dea itu ?
    Waahhh …

    Salam saya Ata

    ..
    iya deh Om.. 🙂
    ..
    banyak yang aneh2 om, ada yang ngaku-ngaku meninggal, trus ada juga ngaku tuna netra dan pengaransemen ost film..
    ..
    salam juga om..
    ..

  3. mandor tempe

    Mungkin harus dibedakan antara bohong dan tidak berterus terang ya. Maka ketika saya ditanya
    + : Kerja dimana?
    – : Kerja di pabrik <- ini tidak berterus terang
    + : di pabrik mana?
    – : pabrik tempe <- lhaa ini ketahuan kalo bohong

    Maka tidak berterus terang sering dijadikan penutup hal-hal yang tidak diinginkan seperti penggelapan uang, korupsi, dan lain sebagainya. Tidak berbohong, namun dia tidak berterus terang karena tidak ditanya

    ..
    MT: Ata kerja dimana..?
    AT: di sawah pak.. [jujur..]
    MT: ngapain kerjanya..?
    AT: cari cacing..[bohong..]

    hahahaha…
    makasih masukannya pak Mandor.. [kasih jempol..]
    ..

  4. hahaha bener juga ta…. orang yang pinter bohong itu sebenernya orang pintar ya. kalo bodoh gak mungkin bisa bohong. huahaha.

    masalahnya kalo pinter bohong itu berarti ada yang salah ama hati nuraninya. 😀 karena di dunia ini, kepintaran bukan lah satu2nya yang penting. tapi juga penting punya hati nurani dan moral. ya gak.

    nah kalo si ata ini bohong atau gak… hmmm gimana ya… berdasarkan feeling sih, kayaknya enggak dah… 😀

    ..
    iya Mas, berbohong kan harus mikir.. hihihi..
    ..
    betul-betul..
    ..
    berarti mas Arman orangnya cerdas, karena bisa mendeteksi kebohongan.. hehehe..
    ..

  5. kalo di blog saya pake nama pena
    #tsaah, sok penulis :mrgreen:

    pinter itu banyak macamnya. Tapi kalo pinter bohong, termasuk pinter yg berkah nggak tuh?

    Eh, jadi pingin tau blognya si Dea. . . .

    ..
    iyo gaya thok.. 😛
    ..
    owalah ada pinter berkah juga toh.. 🙂
    ..
    ini pernyataan ato pertanyaan.. 🙄

  6. Jujur tetap menyenangkan hati. 😉

    ..
    kalo jujur kacang ijo menyenangkan peyut.. 😛
    ..

  7. Berbohong demi kebaikan lebih baik daripada jujur tapi membuat maslah yang jauh lebih besar….
    Tapi jangan terus-terusan………. he3x 🙂

    ..
    kesimpulannya berdasar sikon ya.. 🙂
    ..
    tengkyu udah mampir..
    ..

  8. Saya sering kog lihat orang yang berbohong.. tapi ketahuan.. itu artinya berbohongnya ga pintar 😀

    Setuju aja dengan judul ini.. tapi jangan dibiasakan ya.. karena yang namanya white lies-pun tetap saja ga baik, hehe

    ..
    sebenernya kan aku bahas pinter enggaknya, bukan baek ato buruknya.. 😛
    ..

  9. test komeng dulu,daripada terlanjur panjang lebar ternyata kena askimet….

  10. ngeblog untuk berbagi,ternyata masih takut dgn datangnya komentar,dan alasan paling tepat untuk ngeles adalah berlindung di balik askimet…

  11. benar banget tuh Ta, yang boongin rakayat, kan ga ada yang bodoh tuh, semuanya pinter,,
    kalo boong2 “dikit” di chit chat room, itu justru bumbunya kan, biar ata bisa ketak ketik sambil senyum-senyum, ga pakai berkerut 🙂

    ..
    kalo gitu sebagai rakyat kita harus pinter2 ya mbak, supaya gak dibohongin terus.. 😉
    bener tuh, di kasih bumbu biar sedap dan nikmat..hehehe..
    ..

  12. saya juga sering berbohong, tapi gak cerdas karena ketahuan terus wkwkwk.. #abaikan

    ..
    berarti yang di bohongin lebih cerdas, karena bisa mendeteksi..hehehe..
    ..

  13. Lintasberita says : wah bagus banget gambarnya coba liat sumbernya ah…

  14. Lintasberita says : itu gambar buatnya pake photoshop ya ?

    ..
    gambarnya kan dari minjem.. 🙂
    ..

  15. harumhutan

    berbohong untuk kebaikan?
    well why not jika itu yang terbaik,sebab setiap individu pasti pernah berbohong,including me lah..

    welcome back yah dari hiatusnya 🙂

    ..
    tapi bohongnya jangan sampai ketahuan ya, ntar bisa malu..hihihi..
    ..
    iya nih, thanks..
    ..

  16. Betul juga. Namanya aja dunia maya, segalanya serba nggak jelas. Harus hati-hati biar nggak tertipu oleh sesuatu yang menggiurkan..

    ..
    hehe..iya..
    waspadalah..waspadalahh…!!
    ..

  17. Mas Ata, disatu sisi bener kok, yg boongin rakyat itu semuanya pd pinter2, ya pinter banget boongnya , walaupun hrs masuk penjara juga akhirnya 😦
    dan, kalau lg chat, boong2 dikit boleh lah Mas Ata……. 😛
    salam

    ,,
    meski yg bohong tapi gak masuk penjara lebih banyak ya Bun..
    ..
    dikit demi sedikit akhirnya jadi banyak lho Bun.. 🙂
    ..

  18. Hehehehehe.. itu mah saya nggk kaget.., yang kaget.. kalok ada orang pinter jujur… nah ntu saya bakalan kaget..!

    ..
    silahkan kaget Mas, aku ini pinter dan jujur lho..
    *blethakk…!!*
    ..

  19. yang jujur akan lebih mujur..

    ..
    owh gitu ya..
    🙂
    ..

  20. Waah…. lama banget nggak ke sini ya aku… nggak nyangka, dalam rentang waktu segini pendek Ata udah berubah jadi duda anak tiga ya? hihihi…

    Aku pernah ngikutin tuh blognya orang seperti Dea.. fotonya dipasang yang keliatan alim dan cantik banget…status gadis. Yang nulis komennya banyak banget deh, semua menyatakan simpati, pengen kenalan, men-support, dsb..
    dia menulis sudah sekarat dan tinggal menunggu waktu, dan lebih dramatis lagi, tulisannya banyak ditambahi kutipan-kutipan ayat kitab suci agama tertentu.. wow… dramatis sekali kan? cuma aku nggak setuju aja dia berbohong dengan membawa-bawa ayat kitab suci segala… nggak takut dosa apah….

    Kebetulan aku dikasih tau temen, si blogger ini aslinya sudah bukan gadis, sudah punya 2 anak remaja, sehat wal afiat secara fisik… aku dulu ngikutin tulisannya, sejauhmana dia membungkus kebohongannya.. tapi setelah terasa “makin dramatis” jadi males ah…. kayak sinetron aja, ceritanya makin tak nasuk akal…

    ..
    iya Mbak anak ku kembar 3 hahahaha….
    ..
    mungkin aja yang aku maksud orang yang sama Mbak..hihi..
    ..

  21. Sketsamu serem amat sih…..
    Tulisanmu juga kontroversial…..mosok orang yang suka bohong, otaknya lebih encer…… mungkin encernya karena mesti berpikir kreatif agar bohongnya tak ketahuan…hehehe

    Cerita Dea ini kayaknya saya tahu…..

    ..
    semoga gak sampai bikin Bu Enny mimpi buruk.. 🙂
    ..
    di acara Rachel Ray tadi juga bahas anak yg suka berbohong, dan menurut penelitian memang yg sering bohong kecerdasan kognitifnya lebih berkembang..hehehe..
    dan penyebab utama anak kecil suka bohong karena nyontoh ortunya..hihii…
    ..
    cerita kayak dea ini memang banyak Bu.. ^^
    ..

  22. Ata, perasaan kemarin aku udah komen, nggak masuk ya atau ketangkap aki, atau nggak masuk karena dari hape?

    balik lagi pengen tau jawaban Ata.
    Pengen nanya aku kenal nggak sama si Dea itu ya, he..he…tyang punya teman siapa kok nanyanya Ata

    ..
    udah say cek, bang Aki gak nangkep komen Bu Monda kok..
    ..
    waduh topiknya kok jadi dea, jadi bingung jawabnya..hehehe..
    ..

  23. bohong itu pintar? ya, jelas pintar karena dia pintar ngarang hahaha. kali dulu pelajarannya mengarang dapat nilai 100. eh, kupikir daripada bohongnya nggak dapat duit, mending ceritanya dibuat buku aja. jadikan novel. siapa tahu laku keras? hehehe

    ..
    orang yg pinter bohong juga bisa jadi aktor ato aktris hebat Mbak..hehe..
    ..

  24. AHA! kayaknya si DEA ini aku tahu deh. Lain kali kalo kasih nama samaran yang jauh dikit dong 😛
    Yang pinter itu adalah yang tahu KAPAN musti berbohong sampai jangan ketahuan bahwa dia berbohong. Bisa ngga? Karena kebanyakan ketahuan kok bohongnya 😀

    Kalo udah kayak aku sih mana bisa boong lagi ya?
    hihihi
    EM

    ..
    bloger senior dan kawakan kayak Mbak EM pasti tau lah..hahahaha…
    ..

  25. makanya ada yang bilalng berbohongg untuk kebaikan, seperti bilang cantik untuk menjaga perasaan lawan jenis itu boleh-boleh aja dari pada hubungan runyam, …
    soal bohong di dunia maya, banyak sekali kebohongan pemalsuan kondisi dan identitas banyak banget termasuk Dunaga ( bener gak sih.. jangan-jangan anak lima ya whehehe)

    ..
    anak yg tiga kembar, yang dua adopsi Mah..
    hehehe..
    ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: