mitos, pamali ato apalah..

sorry ceritanya aku lagi tobat, 2 mingguan gak ngeblog … emmm mungkin lebih kali ya.. 🙄
miss me…miss me…?? *dilempar sendal..*
aku gak bisa ngeblog soalnya Pc tersayang diamprokin malware sama conficker..
gak cuman Pc-nya jadi ngambek, yang punya juga ikutan ngambek.. *lebay…*

so sebagai permintaan maaf buat para fans yang menunggu tulisanku, aku kasih bonus deh..
nasi goreng spesial pake’ telor a’la Ata, tapi ambil sendiri tuh di dapur..
hahahaha….. *PLAK..*

langsung aja ya..
waktu itu di loby sebuah hotel lagi asik ngobrol sama temen2 kerja..
[ceritanya flash back jaman kerja di Bintan]
tiba-tiba salah seorang temen ngomong..
” kok telapak tanganku dari tadi gatel ya.. ”
trus spontan gak sadar aku nyelethuk..
” kayaknya bakal dapet rejeki tuh.. ”

terus ada yang nimpalin..
” Ata percaya mitos-mitos gitu soalnya orang jawa sih..”

sorry, katanya nih kalo orang yang hidupnya banyak bawa mitos..
sekali lagi ini katanya lho.. itu orang jawa..
iya..iya.. sorry kalo kedengarannya agak-agak sukuis..
tapi ya gitu deh.. ^^
masih sering kan ada orang nanyak..
orang mana..?
dari mana..?
aslinya mana..? yak oloh ditanya aslinya mana, emang kita ‘fotocopy-an’ hahahaha… 😀

tapi emang sih kalo dipikir-pikir idup kita [ gak tau VIP orang jawa ato tiap orang ] gak lepas dari mitos Bo’
mungkin nih kalo ada peringkat negara ter-mitos, aku percaya 100% Indonesia nomer satu..
jadi gak cuman negara terkorup doang yang nomer satu.. hihihi..

mitos selalu tidak lepas dari ‘KATANYA’
‘katanya’ sopo..?
yo embuh ora weruh, pokoknya katanya.. 🙄

buat aku pribadi sih gak masalah, mau orang tidak percaya ato malah fanatik mitos..
tetapi kalo sudah maksa harus percaya, itu baru nyebelin..

“katanya anak gadis kalo nyapu harus bersih, kalo enggak ntar suaminya brewokan..!! ”

jadi inget acara komedi yang tadi ku tonton..
ada seorang anak cowok dinasehatin bapaknya,
” Toni kalau nyapu yang bersih, kalo gak bersih nanti nyesel kayak bapak..”
lalu tiba-tiba istrinya keluar, dan brewokan… wakakakaka…

katanya bantal gak boleh di dudukin, ntar pan*atnya bisa bisulan..
dan banyak lagi…

sebenernya kalo di pikir-pikir lagi, mitos itu ada sisi logikanya juga lho..
cuman orang-orang jaman dulu males jelasin aja [orang jaman sekarang juga sih] ^^ *nguukk..!!”
jadinya muncul lah kata-kata sakti..
‘KATANYA’ dan ‘POKOKNYA’
hihihi…. ^^

contohnya soal nyapu gak bersih bisa dapet suami brewokan..
mungkin maksudnya buat nakutin doang..
lah masa’ niat mau bersihin kok tetep kotor..
soal korelasi sama suami brewok, itu mah dasar orangnya males cukuran aja.. 😛

aku sambil cekikan nih nulisnya..
gimana kalo brewokan tapi seganteng orang di bawah ini..

atau secakep di bawah ini, cewek mana yang mau nolak..?
..

trus yang katanya dudukin bantal bisa bisulan..

hmmm secara medis yang kutahu bisulan itu disebabkan kelebihan protein atau hormon tertentu dalam tubuh..
soal tepat nggaknya aku juga belom pasti, maklum aku kan bukan dokter..
jadi bagi yang bisulan silahkan hubungi dokter terdekat.. *kriik..kriik… kriiik…kriiik..!!!*

so sebenernya gak ada hubungan sama sekali dengan bantal..

mungkin, ini mungkin lho ya..
maksud omongan itu untuk nakutin anak kecil aja..
kan bantal itu buat alas kepala saat bobo’, dan menurut standar orang timur kurang sopan menyamakan alas kepala dengan alas pan*at..
mungkin begitu..

dan karena bisulan itu adalah penyakit remeh yang nista [bikin gengsi runtuh soalnya hihihi..]
jadi cocok buat nakut-nakutin biar gak dudukin bantal.. hehehe..

gimana dengan anda, ada mitos di sekitar yang bisa di share…?

..

Iklan
Categories: Obrolan Ringan | 22 Komentar

Navigasi pos

22 thoughts on “mitos, pamali ato apalah..

  1. Mitos memang lekat dengan orang Jawa, dan bangsa Timur pada umumnya. Banyak banget mitos yang diajarkan nenek moyang. Nggak boleh duduk di ambang pintu, karena akan menghalangi jodoh (padahal maksudnya, duduk di ambang pintu akan menghalangi orang lewat). Nggak boleh menikahkan anak dua kali dalam setahun, karena akan mendatangkan keretakan rumah tangga (ya iyalah, karena kalau mantu dua kali setahun, orang tua bisa bangkrut :D).
    Tapi saya sendiri nggak percaya mitos (loh … jadi ke-Jawa-an saya diragukan dong 😮 ).
    Cowok ganteng brewokan? Emoooh …. *kabur ke belakang kulkas* . Takut dikira gak punya duit buat beli cukuran jenggot 😛

  2. menyambung dengan komentar bu Tuti. dulu waktu akan menikah, banyak sekali mitos2 yang disampaikan orang ke keluargaku. waduh, sampai bosan dengarnya. dan nggak enak banget dengarnya. salah satunya adalah nggak boleh mantu 2x dlm setahun. waktu itu kakakku jg mau menikah. tapi akhirnya kakakku justru menikah stlh aku karena menunggu calon istrinya lulus hehe

  3. iya lah yang namanya mitos itu sebenernya ya sekedar mau nakut2in aja. semua ada logikanya. makanya kadang suka heran ama orang2 yang masih percaya banget ama mitos2 jaman dulu, padahal kadang udah gak cocok dengan kondisi sekarang… 😀

  4. macem2 ya memang mitos di negeri kita, Mas Ata
    namun, kebanykan sih hanya sekedar agar kita mau menuruti apa yg ortu katakan 😛

    bunda sengaja kalau nyapu gak bersih, biar dpt suami brewokan ……..xixixi…..kok malah dapetnya foto Mas Ata yg brewokin siiihh… 😀 😀
    (buru2 kaboooor)
    salam

  5. sama kira2 mitos di tempat kamu sama di tempatku, Ta.. *nyengir kuda*

    Ada satu lagi nih yang uni dari tempatku..
    Katanya kalo makan nggak boleh pindah-pindah, nanti suaminya banyak..
    Jadi dulu, biar punya suami banyak, aku kalo makan suka pindah2.. LOL

  6. wkwkwkwkwk dudukin bantal bisa bisulan aku bisa numbuh banyak bisul ini ta kalo gitu *ngekek* :p

  7. jtom09

    bukan nakut2in tapi nasehat yang disampaikan secara halus dan tidak langsung

  8. Aku sih ngga percaya mitos begitu, tapi apa salahnya kalau dituruti selama masih masuk akal.
    Pernah tulis juga ttg pamali di Jepang.
    Tabu atau Pamali : http://imelda.coutrier.com/2010/02/16/tabu-atau-pamali/

  9. aslinya mana..? yak oloh ditanya aslinya mana, emang kita ‘fotocopy-an’ hahahaha…

    Hyahahahaha, asli kocak banget… 😀
    Cara tanyanya yang salah… :mrgreen: Harusnya “Mas/mbak asal dari mana?” 🙂

    Yah, mitos ato pamali ada yang bisa diterima akal sehat ada yang tidak. 🙂

  10. bujangkatapel

    hahahaha… iya..
    wah kayaknya perlu ada tiga kategori mitos
    1.mitos beneran… ga logis… ga jelas.. ga mendidik… ga ada pesan2 moralnya kalo dipikir pake akal sehat…

    2.mitos tulalit. walaupun mitosnya ga logis tapi tujuanya baik atau agar kita bersikap lebih baik namun dikasih ancaman mitos yang ga nyambung.

    3.BMB. bukan mitos biasa. hahaha… mitos namun terpecahkan secara ilmiah dan logika.

    hahahahaha…
    bole jug jug

  11. Salam persohiblogan
    Daku kembali menyapamu kawan
    Kembali ke dunia yang penuh persahabatan ini
    Rindu rasanya
    Ada puisi anget untukmu, sobat 🙂

    Kok kita bisa sama ya lama gak ngeblog 🙂

  12. haaa mulai deeeh kagak apdeeet

  13. aku duwe mitos, mas
    katanya, kalo satu bloger males ngeblog, penyakit malesnya bisa nular ke bloger lain 😀

  14. Ahahhaa
    dulu gue juga sering ditakut2in soal nyapulah, soal bisullah 😀
    Skr gak percaya mitos2 gitu siy Ta 😀

  15. Mitos itu penyampaian pesan secara ga langsung,, kalo dikampung saya dulunya pakai pantun, kayaknya udah ga ada sekarang deh,,
    #pernah dikatakan,, wah hamilnya barengan (kakak adek perempuan),, bakal ngalah nih salah satu,,, haleh-haleh,, hidup manusia mah bukan tergantung mitos,, mungkin maksudnya, neneknya kebingungan mo antepin cucu yang mana :mrgreen:

  16. tapi kok aku pernah yah bisulan gara2 duduk dibantal…

    apa kabar mas atta 😀

  17. waw dapat wawasan

  18. Mitos yg paling saya suka ini nih: kalo bersin 3 kali, ada yg bilang kita cantik.. Makanya saya kalo bersin ga mau 2 atau 4, mesti dipas2in 3 kali, hahahahaa.. (Narsis ga mau kalah, wkwkwk)

  19. katanya kalo anak gadis mandi tengah hari ntar malah dapat suami tua. benar atau ngak kan Jodoh sudah diatur sama Tuhan kan ya…

  20. Mitos itu awalnya agar kita mengerjakan sesuatu dengan benar, karena lebih mudah mengatakannya, dibanding menjelaskan mengapa begitu..mengapa begini…

    Septa…maaf, saya lama sekali tak sempat bw, ketiban rejeki kerjaan (buat duit lho)….dan karena udah usia, sampai rumah udah langsung terkapar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: