gambar komik strip sambil koprol di jalan raya..

iseng-iseng hari minggu kemaren sepagian corat-coret di kertas tisue bikin komik strip, waktu itu pas nunggu pesenan bubur ayam Cak Soleh..
karena hari minggu yang beli bubur ayam ngantri boks’..
rasanya kaya’ ngantri di dokter gigi, dapet nomer antriannya 179 sementara yang dipanggil baru nomer 6.. *jedotin kepala ke tembok dah..*
mungkin pergi ketempat Bundo dentis aja ya, biar gak ngantri.. *manfaatisme..* [gak boleh dicontoh nih ]..

balik lagi..
eh pas dilihat-lihat hasil corat-coretnya kok lumayan, lumayan jelek maksudnya..ngukk..ngukk…!! hihi..

sebelumnya aku mohon maaf yang ter-amat sangat atas gambar komik strip-ku yang masih uplukkucrut blagadrus krompyang.. *bahasa geje* 🙂
yang intinya juelek dan bisa bikin sakit mata bagi yang liat, syukur-syukur kalo gak muntah di tempat.. *siapin ember* 😀
“udah deh Ta, gak usah lebay..” *toyorrr palanya..*
..
jujur agak-agak grogi, nerfes dan mules nih…
bukan..bukan mau BAB..
tapi malu aja pamerin gambar yang bentuknya kayak coretan anak TK.. ngiiikk..ngiiik!!
secara aku kan ahlinya sketsa wajah gituh.. *dilempar batu bata..*..
wakakakaka…..
..
okeh, di lanjuuut..
BTW ini pertama kalinya aku bikin gambar di kertas tisue..
wew.. susah Menn..
kertasnya kan gampang sobek, jadi musti pelan-pelan..
seperti pepatah “alon-alon sing penting kelakon..”
# bagi nyang kagak ngarti artinye, nanye engkong guugle aje yee.. *betawian cing..*
nah untuk bikin garis juga musti sekali, kalo di ulang tuh kertas bisa bolong.. 😦
dan satu lagi yang paling penting, jangan banyak-banyak ambil tisue-nya..
ntar di pelototin penjualnya.. hihi..

Jalan ceritanya begini …

Dua anak, A dan B, biasa pergi sekolah bareng,
makan siang di taman bareng, tukar-menukar lunch box.
Suatu ketika, B ingin pergi bersama C.
Si A, karena gak tahu B mau pergi dg C, menunggu.
Tiba saat berangkat, A ngontak B, tapi B bilang dia akan pergi dg C,
dan pesen agar A menjaga tempatnya di taman, dan membagi lunch boxnya.
Si A kecewa, apalagi dia sudah menyiapkan menu kesukaan B utk makan siang.

Apakah B (ataupun A) gak boleh berteman dg anak lain?
Tentu saja boleh.
Pertemanan tak boleh menjadi belenggu.
Tetapi akan lebih baik kalau B memberi tahu A, “Eh, besok aku mau berangkat sama C, gak papa kan?”. Dengan demikian A gak menunggu B. Atau kalau mau, dia bisa pergi sama D, menyiapkan menu yg cocok utk D.

Begitu ceritanya …. 🙂
..
sebenernya komik stripnya belom kelar, jadi silahkan penasaran dengan sambungannya..
wakakaka…. *dilemparin sendal..*..
..

trus,lanjut kasih tips dikit ya..
ciee… sok banget, macem komikus handal ajah.. *kena gaplok..*
okeh..okeh.. serius nih..
komik itu adalah hal yang sangat visual bangets..
jadi adegan/scene dan ekspresi itu puenting buangets..
pertama pikirin dalam kepala, opening dan endingnya kayak gimana..?
mikirnya jangan pake’ dengkul pliss.. nguikk..!!
lalu mau berapa adegan..?
kalo ini cerita humor, punch line-nya gimana dan di kolom berapa..?
penting tuh, biar bisa nendang..
dan pastikan saat gambar juga ikut ngakak.. ngookk..!!
..
gini deh, kalo emang kesulitan ngebayangin adegan dalam kepala..
bikin corat-coret aja dulu..
aku pun kalo bikin gak langsung jadi, paling 2-3 kali baru final.. 😉
..
siapa aja karakternya..?
nah kalo ibarat sinetron lokasi syuting udah ada, tinggal audisi aktor dan aktrisnya..
aku sendiri seringnya bikin karakter orang-orang yang ku kenal aja..
jadinya tau ciri khas, gaya dan kebiasaan karakter itu..
gak perlu mendetail lah, ntar malah ribet..
cukup gambarin ciri khas yang “dia Banget..”
nah di komik strip yang kubikin ini, karakter anak berambut belah samping itu aku sendiri.. 🙂
oh iya.. soal ekspresi wajah si tokoh, itu sangat mendasar banget..
triknya harus pinter-pinter milih ekspresi apa dan waktu yang mana..
ekspresi dasar itu banyak banget, senyum/senang/ketawa/ngakak guling2..
marah, sedih, bingung, takut.. pokoknya banyak deh, cari referensi di Anima jepang aja.. oke.. *dasar males ngejelasin..*
..
abis itu tentuin tokoh utama dan alur ceritanya..
lalu terakhir dialog..
dialog itu di bilang penting kadang gak penting..
mau dibilang gak penting kadang butuh..
jadi ya suka-suka aja.. *gubrakkk..!!..*

baiklah sekian tips bikin komik stripnya..
semoga bermanfaat dan bisa memajukan perkomikkan Indonesia.. Halahh..

pesen buat orang tua yang punya anak kecil..
” maaf Pak, Buk, plis jangan bilang komik itu gak mendidik..”
pesen untuk semua..
” be creative ” 😉

ps: mungkin semua pada bertanya-tanya, kok postingan Ata kali ini makin geje..
jawabannya = mungkin karena efek makan keripik jamur, jadinya otakku lagi hipper aktip..

ps2: mungkin ada pertanyaan lagi, kok gambarnya gak diwarnain..?
jawabaaannnya = soale aku gak gitu jago sotoshop ato ingustrator, maklum masih rakyat jelata..
*nyembah para dewa dan mahaguru desain grafis.. *

Iklan
Categories: iNspirAsi | 31 Komentar

Navigasi pos

31 thoughts on “gambar komik strip sambil koprol di jalan raya..

  1. Ngakak guling-guling baca posting Ata yang ini … 😀
    Biuuh …. Di kertas tisu? *geleng-geleng* Gak pernah ngebayangin bikin gambar di kertas tisu 🙄 Iyalah, pasti susah …. secara kertas tisu kan gampang sobek, gak bisa disetip lagi … Tantangan nih buat gue *ya olooh*

    Gambarnya lutcuuu …. Ata jadi imut deh … (padahal aslinya … lebih imut 😀 ). Lha itu, temennya yang pake jilbab plus kacamata, siapoo? Pasti si Ucrit ya …
    Jalan ceritanya bagus, mengajarkan etika berteman *halah!*. Tapi strip yang kedua, ceritanya gimana tuh? Kok Ata jadi bete gituh … 😮

    Tips-tips bikin komiknya oke punya. Thanks ya …. jadi pengin bikin deh (ntar Ata tak bikin kayak tomat aja dah … hihihi … 😀 )

    ..
    Seneng deh kalo bisa bikin orang ketawa.. 😀
    ..
    Gambar di tisue memang punya kesulitan tersendiri..
    Tapi kalo terus latihan nantinya juga bakal gape..
    Oh iya, kualitas tisue juga berpengaruh lho..
    Dan tisue yg paling ok tuh di pizza hut.. 😉
    ..
    Ayo tantangan buat Bu Tuti nih, siap-siap ngabisin tisue sekotak.. He..he.. 😀
    ..
    Lha saya kan emang paling imut sendiri..
    Dengan catatan, kalau sendiri.. 😀
    ..
    Gambar stripnya emang belum kelar, sengaja biar penasaran.. 😛
    ..
    Gakpapa deh dibikin kayak tomat, asal jangan kayak brokoli aja.. 😮
    ..

  2. Susaaahh.. aku pernah bikin,, ukuran kepala dan badan antara 1 karakter dengan karakter lain bisa ga pas gituu.. hiks..

    ..
    Mungkin biar ukurannya sama musti sering berlatih dan merhati’in bentuk karakter yg di gambar sebelumnya..
    Atau pake’ trik, selalu ganti angle..
    Jadinya gak kelihatan kalo bentuk/ukurannya beda.. 😉
    ..

  3. AtA kok tau di tempat praktek bundo sama sekali gak ngantri?
    apalagi klo AtA yang datang,
    tempat praktek udah bundo kosongin sehari penuh demi AtA
    suerr..!!!

    urusan gambar menggambar, AtA dewanya..

    ..
    Haduh kayak pejabat penting aja Bun, pake’ sambutan istemewa segala..
    Justru saya malah pengen liat Bundo Rahmi kalo sedang bekerja.. 😉
    ..
    Bukan dewa kok Bun, ini masih rakyat jelata.. 🙂
    ..

    • Bundo Dentis, emang gigi Ata rusak semua ya, sampe perlu waktu seharian buat nyabutin semuanya? *huwa … huwaaa …* 😥

      ..
      Tentang gigi cuman sebentar Buk..
      Yang lama soal laen lagi..
      He..he..
      ..

  4. karena nggak bisa, jadi menurut aku kereeeeeen banget atuh mas >.<

    ..
    Matursuwun jeung..
    ..
    Mungkin bagi yg udah jago bilang..
    “gambarnya cupu banget..”
    ..
    He..he..
    ..

  5. lucu.
    Memang sih ngga bisa menyamaratakan bhw komik itu tidak bagus. Masalahnya belum ada komik ANAK dalam bahasa Indonesia yang terkenal kan? Kalau ada kasih tau dong 😉

    EM

    ..
    Ada tuh komik dongeng2 cerita rakyat dan pewayangan..
    Tapi gak laku Mbak..
    ..

    • hmmm komik itu bukan untuk konsumsi anak balita/SD deh kayaknya. Cerita kancil pun sebetulnya mengajarkan kecurangan dan kelicikan.

      Cerita bawang merah dan bawang putih? spt cinderela?

      Cerita sangkuriang yang mengajarkan incest?

      Cerita wayang yakin 100% pakai bahasa Indonesia yang baik dan benar? yang semua suku bangsa Indonesia bisa mengerti?

      Ada pasti, tapi belum ada yang terkenal sampai semua TK/SD menjadikannya sebagai buku panduan pengajaran. Yang semua wni berusia dibawah 12 tahun langsung bisa menjawab: “Apa buku komik kesukaanmu?”
      “Komik karangan Ata chan buuuuuu!”
      Aku mau sebuah judul yang NASIONAL, bisa beritahukan?

      Jepangpun untuk Picture Book masih banyak yang diambil dari LN, spt yang kebanyakan aku tulis di TE. Tapi itu ngga main-main jumlah pembacanya loh, seluruh negeri. Tidak ada anak yang tidak tahu “The Hungry Caterpillar” tentu saja dalam bahasa Jepang. Semua penitipan/TK/SD pasti punya buku ini di perpustakaan dan pernah diceritakan kepada seluruh muridnya.

      Aku bukannya mau menyanggah pendapat kamu loh Ata, aku hanya prihatin kenapa kok tidak ada keseragaman pengetahuan di kalangan anak2 Indonesia. Tapi keseragaman pengetahuan lagu pop …beuh…

      EM

  6. Ping-balik: Bang Aki Dan Jalan Jalan Malam « Blognya Sugeng Harjono

  7. halah si A ma B itu cwo kan?smga mereka ga jdi homreng deh…soalnya cute bgt ^^

    ..
    Cowok sama cewek lah, kan pake’ jilbab tuh.. 🙂
    ..

  8. jika si A begini, maka B begitu, sehingga C sedemikian rupa..
    aiih, dikasih nama dong mas tokohnya..
    jika A jmaka B jadi C..
    jadi kayak soal UTS aja. hihi.

    😀

    ..
    Kayak pilihan berganda ya..
    Hi..hi.. 😀
    ..

  9. Ata keyennn…

    satu2nya karakter yang aku bisa cuma kucing dipakein baju… digambarnya kalo lagi ujian (dan ga bisa ngerjain) 😀

    btw dari tisu discan bisa jernih gitu ya…

    ..
    Yg di tisue cuman satu, yg foto pertama aja..
    Kurang kerjaan amat diwarung gambar banyak.. 😛
    ..

  10. benar2 kreatif,, 🙂
    saya menunggu kelanjutan komiknya aja, soale ga bisa gambar :mrgreen:

    ..
    Makasih ya..
    Mohon sabar menunggu sambungannya..
    Hi..hi.. 🙂
    ..

  11. Hah …
    Si Ata inih …

    Tissue pun jadi media …

    weleh-weleh-weleh

    hahaha

    Salam saya Ta

    ..
    Masih sama-sama kertas kok om.. 😀
    Salam saya juga..
    ..

  12. mas Atha, keren deh gambarnya,,, 🙂
    gambarin ya..ya.. *nyodorin gulungan tisu ke mas ata* heheheeh

    ..
    Awalnya cuman iseng, tp akhirnya ke asikan..
    He..he..
    ..
    Tisue gulung..?
    Yg kotak dong mbak..
    Ntar dikira dr toilet lg.. 🙄
    ..

  13. kerenn.. kerennn…

    ..
    Tengkyu.. Tengkyu.. 🙂
    ..

  14. nDuk

    Keren Om ! 😎

    ..
    Matursuwun mbakyu Lina.. 😛
    ..

  15. Mas Ataaa………keren……..
    hebat banget sih, sampai sak tissu, ikut jadi ‘korban’ utk bikin gambar……… 😛
    gumun aku je………… 😀
    salam

    ..
    Kasihan tisuenya ya Bun dijadikan korban..
    Lha kalo coret2 dimeja ntar dimarahin..
    He..he..
    ..

  16. Pertanyaannya: apakah yang menjadi inspirasi gambar Ata di atas?Jangan-jangan itu “based on true story”, hehehe… 🙂

    ..
    Ha..ha..ha..
    Bisa iya, bisa enggak..
    😛
    ..

  17. harumhutan

    idem ama uda vizon,spertinya true story 😀

    biasanya yang base on his self gampang banged mengalir ceritanya..

    but over all..keren!!

    tisSue pun bisa jadi media meski dengan kesulitan yang tinggi,karna tisSue begitu soft..

    *jempol gue wat atta daachh…..!*

    ..
    Kalo komen idem, balesannya juga idem deh..
    Weks.. 😛
    ..
    Gambar di tisue juga melatih kesabaran lho, karena sobek mulu..
    Hi..hi..
    ..
    Sayang deh jempolnya gak bisa diambil trus dibawa pulang.. 😀
    ..

  18. harumhutan

    yang koprolnya mana?

    pengen liat atta koprol dijalan 😛

  19. lanjutkan…

    ..
    Kok kayak kampanye ya.. 🙄
    ..

  20. owh pantesan aja tissu aku habis, jadi kamu yang ambil ya? 😀

    tapi pake kertas tissu lebih empuk buat gambar ya, aku juga pernah tuh, hihihi…

    ..
    Owh, warung bubur ayamnya punya Rara ya..?
    Tisue diatas meja berarti untuk pelanggan dong.. 😉
    ..
    Aku sih seneng gambar dikertas yg keras dan seratnya padat..
    Macem sketchbook..
    Hmm..
    Jadi kepikiran beli moleskine..
    😮
    ..

  21. ayawjeweltz

    meskipun ga ngerti tentang pesan utk bikin komik, tapi ayaw tetep ngakak bacanya…

  22. cobaaa..gambar aku baang.. bisa nggak hayooo?? hahahhaa

  23. Sayang banget di kertas tisu…
    Tapi berarti Ata punya bakat…teruskan Ata..siapa tahu suatu ketika bisa jadi buku, atau jadi komikus yang gambarnya tiap minggu keluar di media…..

  24. Hihihihihi….bagus mas, saya tunggu lanjutannya! saya jadi pengen juga bikin komik 😀

  25. Ketika ide muncul, untung di dpnnya ada tisu buat media gambar. Coba kalo yg ada cuman air segentong. Repot pastinya …
    Salut deh utk kreatifitasx !!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: