PUSPA AGRO Pusat perdagangan Agrobisnis

PUSAT PERDAGANGAN AGROBISNIS Jemundo
merupakan pasar Induk Agrobis terbesar kedua di Asia..
yang paling besar di Indonesia pastinya..  😀

jum’at sore aku sedang bersantai nonton acara -penghuni terakhir- di An Tv..
sambil merem melek nyeruput Wedang Jahe untuk meredakan tubuh yang demam karena Flu..
tiba-tiba ada telfon masuk dari Big Boss Pak Mansur..
bukan, beliau bukan penyanyi dangdut itu..
Pak Syur ini adalah ketua paguyuban petani Jamur..
dimana aku termasuk jadi anggotanya..” Ata.. Undangannya sudah dapet..? ” tanya beliau di telfon..
“…[mikir beberapa detik]… undangan apa ya Pak..?
lha, undangan dari Gubernur itu lho..”
hah.. dari Gubernur..? buat saya..? ” setengah gak percaya..
iya, Pak Gubernur akan meresmikan Puspa Agro, di Jemundo..”
” wah belum dapet itu Pak, acaranya kapan..?

besok pagi, mulai jam 06.00. rencana berangkat bareng semua anggota paguyuban,ngumpul di pos jam 04.00″
waduh sepertinya saya gak bisa ikut Pak, sedang Flu nih.. ” keluhku
” yo wes, daripada Kowe nularin yang laen istirahat wae di Rumah..”
” iya Pak.. ”
” oke sip, nanti jatah t-shirt sama marchendise buat yang laen.. he..he..he..”
ledek Pak Syur
” pasrah Pak..”
😦  😥

..

sekitar jam tujuh malem saat aku hendak mengunci pintu garasi,
aku liat amplop Undangan berwarna putih dengan stempel Gubernur JATIM..
weleh ternyata undangan itu nyempil di bawah pintu..
setelah membaca isi dan daftar susunan acara, aku pun mikir.
bisa jadi postingan oke nih, kalo aku bisa dateng
karena di dalem amplop juga ada sticker untuk parkir, so aku putusin bawa Mobil sendiri..
dan ngincer acara pemecahan rekor Muri, bakar bandeng terpanjang..
bandengnya berjajar sepanjang 5,2 Km lho..
total ikan bandeng yang disiapkan sebanyak 6,5 Ton.. wew..
acara bakar bandeng ini juga di hadiri Menko perekonomian Hatta rajasa, Menteri perdagangan Ibu Mari elka pangestu,
menteri pertanian Suswono dan Menteri kelautan Fadel Muhammad..
kapan lagi coba, bakar ikan bareng Mentri..he..he..he..  :mrgreen:

sebagai seorang petani kecil, aku sangat senang dengan di bukanya puspa agro ini..
karena sebagian besar warga Jatim adalah petani..
sehingga dengan adanya pasar induk, bisa memperpendek jalur distribusi..
selama ini banyak broker dari petani sampai ke pembeli akhir..
mungkin orang kota banyak yang gak tau..
harga cabe dari ladang petani cuman 18 ribu, nyampek pasar 25 ribu lalu di kirim ke kota harga bisa naik 30 ribu..
kalau sudah masuk pasar modern atau supermarket harga menjadi 40 ribu..
ini bener-bener gak adil buat petani..
karena petani yang bekerja susah payah, tapi yang banyak menerima untung para broker dan pedagang tengkulak..  😦
semoga ambisi pemprov jatim dengan membuka puspa agro, bisa mendongkrak kesejahteraan petani..

mega proyek yang di dirikan di atas Lahan 50 hektar ini memiliki fasilitas di antaranya :
– Pergudangan
– Cold storage and chiller
– tujuh Los gedung dengan total stan 5.000 unit
– balai Lelang
– tempat muat kargo untuk ekspor
– Rusunawa Lima menara
– pusat pendidikan dan pelatihan pertanian
– Laboratorium uji kelayakan pangan
– Rumah potong hewan
– lembaga keuangan perbankkan
– pengelolaan sampah / komposser
– kawasan wisata Agro
– area pelatihan petani
– Area parkir 1.500 truk, 500 mobil pick-up, 4.000 motor
– terminal angkutan umum
– SPBU dan SPBE

beberapa fasilitas yang laen akan di resmikan bulan Desember ini..

saat pidato menteri perdagangan aku agak kecewa, masak harga-harga kebutuhan pokok melonjak naik di bilang wajar..
harga cabe dari 18 ribu jadi 48 ribu dalam hitungan hari juga di bilang wajar..
harga jadi dua kali lipat itu bukan naiklagi, tapi ganti harga..
kembali siapa yang dapet untung besar..?
pastinya para broker dan tengkulak..
sebel deh.. 😦

eh iya buat Inge, Didien ,Dan Dik Anla sorry gak bisa berbagi Bandeng bakar..
lha aku cuman dapet satu Jhe.. 😀
.
..
ps: postingan kali ini kok kaku banget ya, yo wes lah.. hi..hi..
eh iya, karena ada permintaan  ganti header sementara pake’ yang ini dulu.. 😉

Iklan
Categories: eVeNs, rEviEw | 33 Komentar

Navigasi pos

33 thoughts on “PUSPA AGRO Pusat perdagangan Agrobisnis

  1. Dapet undangan dari Gubernur? Woow … asyik!! Ikyuuut ….. (lah, wong gak diajak gitu lho 😦 )

    Cieee …. fotonya Mas Boss yang bakar bandeng keren abis euy!! Itu aja baru demam ya, coba lagi seger-segernya, pasti bikin ikan bandeng pada jatuh hati … 😀

    Bu Mentri emang kebangetan. Mosok kenaikan harga bahan makan n dibilang wajar. Harga cabe 40 ribu itu bener-bener bikin rakyat kelimpungan. Apa lagi yang doyan makanan pedes. Apa edesnya diganti pake semut aja ya 😦 Maklumlah, bagi Bu Mentri harga cabe mau 18 ribu, mau 40 ribu, nggak ngaruh. Lha wong dompetnya Bu Mentri tebel banget, jadi gak ada bedanya ngeluarin duit 18 ribu atau 40 ribu …

    Fotonya keren-keren Ata 🙂

    ..
    He..he.. Undangannya kan untuk petani, bukan untuk dosen.. 😛
    ..
    Haiyah..!!
    Keren percuma Buk kalo gak laku-laku.. 😀
    ..
    Bagi yg doyan pedes tapi keberatan beli cabe, masakannya di kasih merica aja yg banyak..
    Hi..hi.. 😀
    ..
    Ah fotonya sih biasa aja, diambil pake’ camdig pocket..
    Tapi editernya aja yg jago.. B-)
    *nepuk dada*
    ..
    -AtA-
    ..

    • Emang dijual berapa kok gak laku-laku? :mrgreen:
      …..
      Awas … nepuk dadanya pelan aja, ntar jantung Ata rontok … 😀

      Eh, itu hem batik dapet seragam panitia manten ya? Hihihi …

  2. Wah penampilan baru headernya nih.. trus, rekor MURInya pecah ga? Semoga dengan mega proyek ini ekonomi petani kita bisa lebih terangkat, Amin.. semoga juga yang datang ke Puspa Argo ga ketularan flu, eh.. maksudnya semoga flunya sudah sembuh pas Ata datang ke Puspa Argo itu ya Taa, hehe.. 😀

    ..
    Headernya masih sementara kok, nanti diganti lagi..
    ..
    Kemungkinan yg terangkat sih petani Jatim aja, semoga propinsi laen juga bikin pasar induk Agrobisnis..
    ..
    Makasih Clara, flu-nya udah baekan kok.. 😉
    ..

  3. Mahal karena biaya transportasi & distribusi gt kah?

    Kalo gt aku tumbas lombok ke smpyn ae 😀
    *hoho, jauuh amat

    iya ni, cuma dapet baunya. Bandengnya ga dapet 😦

    suka bandeng?
    Kalo suka bandeng, wkt ramadhan di gresik ada pasar bandeng gedhe2 seukuran anak balita. :mrgreen:

    ..
    Masalah transport dan distribusi sebenernya bisa diperhitungkan..
    Tapi ini ulah broker dan orang2 berduit yg mainin harga.. :-S
    ..
    Wah hebat ya asepnya bisa nyampek gresik..
    ..
    Oke deh nanti puasa maen ke gresik..;-)
    ..

  4. Ta.. itu lagi bakar bandeng ya? kirain Ata lagi main kolintang 😛

    pokoknya Ata paling cocok itu jadi Menteri Pariwisata, pas banget..!

    ..
    Kok Bundo gak muji ganteng sih.. 😮
    *balik badan*
    ..
    Lha dulu di LJ malah di angkat jadi menteri Hukum..
    :-S
    ..

  5. Semua hasil pertanian di Jepang harus melalui Zennoh ( Koperasi Petani) Mereka yang menetapkan harga, dan tidak ada petani yang miskin di Jepang hihihi. Petani itu kaya krn memiliki tanah, yang skr dijaga spy tidak dijual untuk dibuat perumahan dsb. Pokoknya mau kaya di sini harus cari mertua petani hihihi

    EM

    ..
    Lebih enak gitu sih Mbak, di wajibkan jual ke koperasi..
    Ditempat saya juga ada kelompok Tani,
    Yang komit pake’ harga yg seragam..
    ..
    He..he..
    Semoga saja suatu saat petani di tanah air ini juga lebih sejahtera hidupnya..
    🙂
    ..

  6. keren dan gede banget pusat pedagangannya,
    semoga bisa meningkatkan pendapatan petani

    ..
    Iya, semoga nasib petani khususnya di Jatim jadi lebih baik..
    ..

  7. yang menarik aku disini bukan posting atau gambar pusat perdaganganya mas atta tapi foto lakilaki yg pake kacamata itu siapa yah 😀

    ..
    He..he..
    Gak tau tta, orang nyasar kali’ 😀
    ..

  8. Keren mas! Terus kembangkan ya!XD

    ..
    apa nih yang di kembangkan..?
    sayapnya ya..
    hi..hi..hi..
    ..

  9. Ooh, saya baru tau kalau ada faktor lain yang bisa mainin harga selain distribusi, biaya produksi, dan cuaca.


    yah begitulah dunia dagang..
    kadang sangat kejam.. 😦
    ..

  10. Komen OOT dulu….
    batikmu bagus banget… aku naksir batikmu… bandeng bakar mah lewaaaattt….. pokoke batiikkk…

    ..
    weleh..
    untung gak naksir orangnya..
    ntar repot saya…
    ha..ha..ha…
    ..

    • mungkin sama kaca matanya mbak? atau sama jenggotnya? 😀 (aku malah kaya orang jualan… 🙂 )

      .. hayahhh..
      apaan sih..
      yo wes gakpapa lah di obral sekalian..
      diskon 80%.. 😦
      ..

    • ikutan OOT juga…..
      headernya baru?………keren Mas Atta………..
      (*header dan orangnya sekalian*) 😀
      salam

      ..
      Terimakasih pujiannya Bunda Ly..:-)
      ..

  11. Sebagai negara agronomi secara lagika seharusnya petani Indonesia lebih kaya daripada pejabat negara, betul tak??
    Wah bandengnya mantab sepertinya bro.. :mrgreen:

    ..
    Nggak harus lebih kaya sih, yang penting sistem perdagangan komoditinya adil.. 😉
    ..
    He..he..itu bandengnya masih mentah lho.. 😮
    ..

  12. PAsarnya keren gan, pantesan…..

    ..
    Yup, semoga jadi contoh pasar2 yang laen.. 😉
    ..

  13. julianusginting

    bro,,,penghuni terakhir masih ada yak?hehe..baru tahu (jarang nonton tv)

    ..
    Baru dua minggu ini Bro..
    Baru satu orang kok yang di ekstradisi..
    🙂
    Suka juga’ ya..?
    ..

    • julianusginting

      dulu suka sob..ga pernah lewat nonton dulu bro.. 😀

  14. pusat perdagangannya ok banget ya Mas Atta, bener2 gudhe dan luas.
    Mudah2an benar2 bisa memajukan petani sekitar,amin.
    salam

    nb:
    yang keren yg lagi bakar bandeng itu, lagi flu?
    kok seger ya?
    gimana kalau lagi gak flu?
    pasti banyak yg bening2 yang ngincer 😀

    ..
    Iya Bun, pembangunannya aja butuh 4 tahun..
    Semoga bisa jadi pasar modern dan percontohan untuk daerah laen..
    ..
    Nb: aih.. Kali ini Bunda Ly kok muji-muji terus sih..
    Nanti saya besar kepala lho..:-D
    ..

  15. pakabar sob?lama neh tak BW…
    weww..ternyata jadi anggotanya pak Syur hehehe *sotoy.com*

    salam, ^_^

    ..
    Kabar baek Bro..
    Iya lama gak beredar..
    Sibuk nyiapin nikahan..? 😀
    ..

  16. sate bandeng gmn rasanya bro?
    apa g pusing sama durinya yg buanyaaaaaakkkkkkk bgt…

    ..
    Udah denger istilah,bandeng cabut duri belum..?
    ..

  17. komeng satu lagi bro..sorry sekali² nyepam wkwkwkwkwkkkk

    ..
    Iya, buat temen apa sih yang enggak.. 😮
    ..

  18. ikan bandeng banyak durinya kan. gmn cara makannya :mrgreen:

    .. Cara makannya pakek tangan trus dimasukin mulut..
    “haa’emm”
    He..he.. 😀
    ..

  19. Asyiik…dan akhirnya datang ya Septa..
    Btw Puspa Agro lokasinya dimana? Di Malang? Sebelah mana? Siapa tahu saya nyasar kesana.

    Fotomu keren deh dengan bakaran bandengnya, tapi kalau ga segera di klik, bandengnya bisa gosong…hehehe

    ..
    Akhirnya jadi postingan juga Buk.. 🙂
    ..
    Jemundo itu di Sidoarjo Buk..
    Bunderan waru kearah mojokerto..
    ..
    Hi..hi..
    Makasih Bu Enny..
    jadi besar kepala nih..
    Ha..ha..ha..
    ..

  20. harumhutan

    sik bentar

    acara penghuni terakhir ada lagi tta?
    ndak tau 😀

    uda sembuh flunya? ntu bisa nampang kkeren sama bandeeng 🙂

    banyaak bener yah bandengnya,malangbanyak bandeng ya,bukane pati he he..

    atta abis berapa bandeng 😛

    selamat yah da diresmiin pusat agronya,dan semoga petani bisa merasakan manfaatnya.

    untuk para meteri itu biasa tta,.kenaikan itu biasa,emang kurang diajar para mentri itu 👿

    nanti mentrinya ganti ajah,anak hutan xixixi

    ..
    Penghuni terakhir baru 2 minggu kok, dan baru 1 orang yg terekstradisi..
    ..
    Duh senengnya dipuji Keren.. *ngaca sambil sisiran*
    ..
    Yah satu bandeng aja gak habis kok.. 😮
    ..
    Sepertinya Bu mentri kurang peka dengan penderitaan orang kecil..
    😦
    ..

    • harumhutan

      tenang aTTa nTar bu menterinya diganti

      sama yang lebih bijak dan mengerTi tentang rakyat kecil,doain yaaa 😉

      *emangsapahygmaujadimenteri*

      menghayaL..!!

      xixiixi
      happY week end atta 🙂

  21. widih itu ramai sekali yang dateng
    ikan bakarnya gratis ya?
    gue mau dongg

    ..
    Gak usah minta Bro, rasanya gak enak..
    😦
    ..

  22. wah asyik juga pak acaranya…
    bakar2 ikan dengan pak menteri..
    tapi ya itu seh ya.. komentarnya menteri perdagangan kok bener2 keterlaluan..
    harga melonjak segitu tingginya… bikin repot rakyat kaan..
    tapi menteri malah bersikap wajar2 saja… menteri aneh emang…

    ..
    Iya Bro, aku gak ngerti cara berfikir Bu mentri..
    Yah, mau gimana lagi..
    Sudut pandangnya beda..
    ..

    • kita hanya bisa nurut, mau demo juga nggak bakal nurunin harga..susah juga.. 🙂
      mending ngeblog aja, semoga bisa menurunkan harga (lho kok.. 😀 )

  23. hihihi… Ata pake batik nih.. 🙂
    btw kacamatana keren tuh 😀

    kemaren q nonton lho, tapi di TV , tapi koq gag da kamu ya?

    ..
    kecemetenye keren, orangnya kece juga gak..?
    Hi..hi..
    ..

  24. wiihh, kalo ikannya masih mau donk dikirimin 😀

    wajar itu maksudnya “sudahlah….memang wajar karena saya tidak bisa mengatasi :D”
    — biasa, pejabat selalu punya DEFEND MODE 😀 —

    ..
    Sudah habis lah.. 😀
    Kalo mau dipasar banyak tuh.. 🙂
    ..
    Iya jarang banget pimpinan yang mengakui kesalahan dan bertanggungjawab..
    😦
    ..

  25. Hwaw… diundang gubernur, mantep dah!
    Mudah2an adanya puspa agro merupakan langkah nyata untuk meningkatkan kesejahteraan para petani, dan bukan cuma harapan semu… Kalo petani senang, juragan pupuk juga ikut senang kan, hihihi… 😀

    Btw titip salam buat tukang bakar bandeng yang pake baju batik ya! Prikitiuwwww!!! 😛

  26. tsar

    saya bru mau mulai usaha jamur, apa aja syaratnya klo mau jadi anggota puspa agro

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: