Syaharani, Aku [titik..titik..] padamu..

sebelumnya saya mau ngasih woro-woro dulu dikit..
kalau postingan ini berkolaborasi dengan seorang Jazzer [penyuka Jazz]..
seseorang yang gak mau disebut penyanyi, tapi mengaku bisa nyanyi.
dan telah merilis satu buah CD bertitle –SONG FOR FRIENDs-..
sudah tau kan siapa orangnya..?
apa..!! ada yang belom tau..
owke..owkeh..saya kasih petunjuk..
Ibu ini berasal dari Jogja dan terkenal dengan jilbab merahnya..
kalo masih belom tau, ya langsung aja kenalan dan bertamu ke berandanya..
orangnya ramah dan baek hati lho, siapa tau setelah berkunjung dikasih oleh-oleh CD.. 😀
..
so sekian woro-woronya, kalo tiba-tiba ada yang nimbrung dengan font warna biru..
nah itu tamu saya.. 😉
..
owke langsung saja masuk ke benang merah..
..

Nama Syaharani mungkin kalah tenar dibanding Yuni Sara dan kalah heboh dengan Krisdayanti, meski sama-sama berasal dari Kota Batu..
Apalagi sama Inul Daratista atau Lilis Karlina.. (eh maaf, sepertinya saya salah membandingkan, karena beda aliran] 🙂 )
Yang jelas nama Syaharani tenggelam oleh wibawa Ermi Kulit, Ari Tulang dan Ari Daging, halahh..!! salah lagi deh..
nggak banyak penikmat musik Mainstream Indonesia yang menggemari Syaharani, dan sungguh beruntung saya termasuk orang yang sadar akan suara indah Syaharani.. ke..ke..ke..

Ehm … ehm … *dehem-dehem untuk mengabarkan kehadiran, soalnya gak ada pintu yang bisa diketuk atau bel yang bisa dipencet* … interupsi dikit, boleh Ata? Menurutku Syaharani cukup populer juga kok. Selain suaranya yang basah-basah mesra (halah!), Mbak Rani juga cantik euy … -tuti-
menurut Wiki Syaharani……
Syaharani memiliki nama lengkap Saira Syaharani Ibrahim (lahir di Batu, Jawa Timur, 27 Juli 1971).
Perempuan berdarah Bone, Sulawesi Selatan yang akrab dipanggil Rani ini hingga 2006 telah merilis 3 solo album jazzy dan satu pop trip-hop (Magma)
Sejak kecil Rani telah akrab dengan jazz
(Kalau Ata waktu kecil akrab dengan gundu dan ketapel ya? 😀 -tuti- )
Meski demikian, putri dari pasangan Hasan Ali Ibrahim dan Elly Zapantis ini baru menyanyikannya di kampus atau pub di tahun 1990.
Di pub pula Rani bertemu Bubi Chen, seorang musisi jazz.
Di penghujung tahum 1998, Rani bergabung bersama Bubi Chen, Benny Likumahua, Sutrisno, Cendy Luntungan, dan Oele Pattiselano mengeluarkan album jazz  Wonderful World.

Owgh … Wonderful World! Itu album yang ciamik banget. Di album ini Mbak Rani melantunkan tiga lagu : “Killing Me Softly”, “Crazy”, dan “What A Wonderful World”. Mbak Rani membawakan “Killing Me Softly” diawali iringan denting piano Bubi Chen. Improvisasi nadanya membuat “Killing Me Softly” terdengar ‘beda’ (maksud saya, membunuh dengan lebih cepet … hihi 😀 ). “Crazy”, lagu ciptaan Willie Nelson yang dipopulerkan oleh penyanyi ganteng (dan perayu ulung) Julio Iglesias, mengalun lembut dari pita suara Mbak Rani. Adapun “What A Wonderful World”, yang sangat bagus dinyanyikan oleh Louis Amstrong dengan suaranya yang serak-serak becek, mengalir lancar dan manis bersama si Mbak  🙂  Lagu “What A Wonderful World” ini memang abadi, tak lekang dimakan rayap … eh, dimakan jaman. Agaknya keabadian lagu ini pula, selain makna keindahannya yang universal, yang membuat lagu ini dipilih sebagai judul album (dengan menghilangkan kata ‘What A’nya -tuti- )
Album solo jazz pertama Rani bertajuk Love (1999).
Rani kemudian merambah ladang musik psikedelik lewat album Magma (2002)
untuk memaksimalkan kualitas vokalnya.
Album ini berisi 11 lagu yang bernuansa jazz, fusion, ethnic, dan trip hop yang nge-blend jadi satu sehingga menghasilkan apa yang Rani sebut sebagai psychedelic.
Berbeda sekali dengan album yang dirilis sebelumnya, Magma menurut Rani lebih nge-pop dan semua materi lagunya enjoyable to listen to. Album solo ketiganya adalah Syaharani (2004).
Dalam album ini dia memaksimalisasi eksplorasi natural Jazz talent-nya. Ada sepuluh tembang lawas di album ini yang diaransemen ulang.
Sembilan lagu berbahasa Inggris seperti milik band rock Procol Harum, “A White Shade of Pale”,
lalu ada “Careless Whisper” (Wham), “Fragile” (Sting), “I Can See Clearly Now” (Jimmy Cliff), dan “Lately” (Stevie Wonder), serta satu lagu berbahasa Indonesia, “Kesan”, karya Andy Mapajalous, yang pernah populer lewat alunan vokal Ermy Kullit.
Mmmm …ya, album Syaharani (2004) memang jazzy banget. Penikmat musik konvensional yang biasa mendengarkan lagu-lagu di album ini dalam nada dan irama aslinya pasti akan protes keras  🙂  Beberapa lagu rasanya memang ‘agak mustahil’ di-jazz-kan, seperti “Careless Whispers” yang biasa kita dengar dari George Michael, atau “You Light Up My Life”nya LeAnn Rimmes. Tapi bersama Mbak Rani bisa tuh …. ! Saya sih merasa paling nyaman menikmati “Auntumn Leaves”, membuai enak, serasa diayun di bawah pohon … halah … 🙂  -tuti-

Diskografi
¦ Love (1998)
¦ Magma (2002)
¦ Syaharani A Whiter Shade Of Pale (2004)
¦ Buat Kamu (2007)

album pribadi pertama Syaharani bertitle -LOVE-..
berisi delapan track lagu jazz berkualitas B+.
Saking kerennya, setelah mendengar semua track –kalian akan merasa ingin sekali bertemu dan minta tanda tangannya, sambil bilang. “suarane sampeyan apik tenan Mbak!!!”
berikut ulasan saya, seorang yang masih awam di dunia Jazz..
album ini di buka :
1. Sesaat Kau Hadir..
ini lagu manis dan berlirik optimis, cukup asik menjadi lagu pembuka..
” hari ini aku mencoba berdiri dan melangkah lagi..
bila esok sinar mentari pagi kan bersinar lagi..
aku kan menuju cita-cita yang pasti..”

yess…!!

2. Unforgattable..
sangat berbeda dengan track awal, atmosfer lagu ini cukup sendu..
dan tempo yang sangat slow
“unforgatabble in every way
and forever more that’s how You’ll stay
That’s why darling it’s incredible
that someone so Unforgattable
thinks that I am Unforgattable too “

Owhhh…!!

3. New York, New York..
ini adalah lagu yang sangat catchy..
enak di dengerin, tapi sebenernya susah untuk dinyanyi’in secara Live [karaoke maksudnya]
karena di bagian akhir butuh teknik menyanyi yang sempurna..
siapa berani coba..?

Aku belum berani nyoba, tapi suka banget lagu NYNY ini. Lagu yang dipopulerkan pertama kali oleh Liza Minelli ini  membuat kita serasa dibawa ke puncak gedung-gedung tinggi di Manhattan dengan taburan lampunya yang serupa ribuan kunang-kunang, di tengah malam menjelang dini hari …. (halah, padahal belum pernah ke sana … 😦 ) -tuti-
4. Dia..
aku sangat suka intro La..la..la..nya 🙂
lirik lagu ini tentang seseorang yang memuja kekasihnya..
cukup manis tapi enggak lebay..
denger nada rendahnya kok mirip Iga mawarni ya.. 🙂
la..la…laaaa…!!

5. Love..
ini merupakan lagu favoritku..
di awali dengan ketukan simbal lalu alunan musik yang rancak..
wow keren deh..
L is for the way You look at Me
O is for the only one I see
V is very, very extraordinary
E is even more than anyone that You adore and
LOVE is all that I can give to You..

mungkin lagunya Band Baginda’s yang C.I.N.T.A , liriknya yang mengeja kayak anak TK niru2 lagu ini.. 🙂
buat penggemar Baginda’s peace ya..ha..ha..

*tos dulu … “plaakk!”*   Aku juga suka LOVE  (siapa sih yang enggak? 😀  ). Ini lagu wajib penggemar musik jazz deh kayaknya. Melodinya sangat bisa dimainkan (diimprovisasi maksudnye … 🙂 ). Nyanyi yuuks … -tuti-
6. For Sentimental Reason..
track ini slow banget bikin ngantuk, cocok sekali buat lullaby..
atmosfernya melankolia gitu deh..
sepi, sendu..
namun liriknya romantis abis..

7. Smile..
setelah track slow, kita kembali diajak merasakan lagu yang agak rancak..
aku suka lagu ini soalnya sesuai dengan slogan Blog ini, yaitu Smile..
” You’ll find that life is stillworthwhile, if you just Smile..”
wuiiii….!!!

8. For Once in My Life..
album ini di tutup dengan lagu cinta, tentang seseorang yang menemukan pelabuhan cintanya..
“as long as I know I have get Love..
I can make it For once in my life, I have someone who needs Me..”

kyaaaaaa….!!!
kayaknya For Once in My Life memang cocok sekali diletakkan di ending
–di mana para penonton bertepuk tangan lalu mulai beranjak dari tempatnya untuk pulang.
Tentu sambil tersenyum puas, berbincang ngebahas konser yang baru kelar..
ketawa-ketiwi dan melambaikan tangan pada kenalan baru..
Owh my got…ternyata saya cuman membayangkan sedang nonton konser Syaharani..
tuh kan, lagi-lagi saya menghayal..

Lhooo …. iya, saya juga cuma mengkhayal, nonton konser Syaharani dan ngobrol sok tau dengan Ata … 😀  😀   Thanks Ata, udah dibolehin ikut nimbrung gak jelas. Maap kalo ocehan saya bikin posting ini rusak kayak soto dicemplungin lasagna … 😆  -tuti-
Categories: rEviEw | 46 Komentar

Navigasi pos

46 thoughts on “Syaharani, Aku [titik..titik..] padamu..

  1. Bundo juga suka syaharani.. tapi belum pernah menikmati suaranya secara langsung.

    ” You’ll find that life is stillworthwhile, if you just Smile..”
    cihuy banget emang .. bayangin senyum ata.

    ..
    Wah Bundo suka juga ya..?
    Semoga Mbak Rani mau konser di Bukittinggi ya Bun..;-)
    ..
    Jangan dibayangin Bun, nanti gak bisa tidur lho..:-D
    *banyak nyamuk soalnya*
    ..

  2. Eh, tumben nih 🙂

    ..
    Tumben apa Dik..?
    ..

  3. eh gua juga punya tuh cd nya syaharani yang love dan yang syaharani. yang love malah punya 2! hahaha.

    soalnya waktu itu masih long distance relationship, jadi gua beli 1 juga buat pacar (sekarang istri). 😀

    gua suka banget cd yang love itu karena lagunya enak2. especially love ama for once in my life. kalo yang ‘syaharani’ suka juga tapi gua bilang kurang ok dibanding yang love. cukup unik sih kayak fragile nya sting yang di re-arranged… tapi gua lebih suka fragile versi sting. hehehe.

    anyway, syaharani emang cukup ok kok. yah kalo mau nyari lagu2 std jazz yang dinyanyiin artis lokal ya siapa lagi kalo bukan syaharani. 🙂

    ..
    Ha..ha..ha..
    Emang cocok Mas, Cd Love buat hadiah ke orang yang spesial..
    Lagu-lagunya romantis abis.. 🙂
    ..
    Lagu yg judulnya Love kan emang jargonnya tuh..
    Aku juga suka.. 😉
    ..
    Selain Syaharani ada Ermi Kullit dan Tompi, yah tapi emang sih gak banyak pilihannya..
    ..

    • Setuju dengan Arman. Album Syaharani (2004) lebih ‘sulit’ didengarkan oleh telinga yang gak begitu paham jazz (kayak telinga saya … 😀 ).

  4. aku titik titik padamu? maksudnya suruh ngisi titik titiknya? 😀
    senang dgn musik jazz ya mas? sayangnya di indonesia musik jazz kurang ada yg minat (di industri rekaman)

    ..
    Titik..titiknya itu pertanyaan esai mas, tapi gak wajib dijawab kok.. 😀
    ..
    Iya nih, suka aja denger musiknya yg nge-groove..
    ..
    Musik Jazz emang gak komersil sih, lebih idealis..
    🙂
    ..

    • saya jawab titik titik nya dengan kata ttik puspa sama titik sandora saja ya… 😀
      memang jazz itu idealis, tidak semua orang bisa menikmati musik jazz…

  5. Ealah biography nya syahrini toh sep, hayo2 apa tUh titik2nya,

    ..
    Ya gitu deh, sama review albumnya Syaharani juga’..
    Titik..titiknya rahasia ah.. 😀
    ..

  6. Hahaha….kalau Ata & Mbak Tuti ke Jkt kita karoke bareng yuk…pasti heboh Ta !!!

    Lagu andalan tetep…L.O.V.E, hahaha…..

    Ta, saya juga punya albumnya Private Collection Part 2, Ermy Kulit diiringi dentingan piano oleh Ireng Maulana lho 🙂 🙂 🙂

    Best regard,
    Bintang

    ..
    Waduh di tantangin para senior gini, langsung mengkeret saya..
    Hi..hi..hi..
    ..
    Wah, album Ermi kullit yg itu saya belum punya Mbak..
    ..
    Lagu favorit saya dari Ermi kullit itu -kasih-
    Agak nge-pop sih..
    Tapi lagu itu bikin inget masa lalu..
    Ha..ha..ha..
    ..

    • Karaoke bareng Mbak Linda? Mau, mau, mau!
      Dan itu, album Private Collection Part 2, mau dong dicopy-in *lirik kanan kiri, ada polisi gak ya?*

  7. Waahh.. jadi nyanyi2 lagu LOVE deh..

    eL…

    Ow..

    Vi..

    I..

    Lagu LOVE emang keren banget…

    ..
    Owh Clara suka musik Jazz juga ya..
    Sip, deh.. 😉
    ..
    Eh Maaf ya, aku gak bisa komen di Blog Clara..
    Eror terus..:-(
    ..
    Tapi aku selalu baca postingan kamu kok.. 😉
    ..

  8. Horeeee… bisa komen….

    Kata temenku, orang yang bisa menikmati lagu jazz biasanya cerdas (aku ga tau dari mana dia bisa berkesimpulan seperti itu :-P)

    Oh, well, berarti aku ga begitu cerdas, hihihi…. 😀

    ..
    Horee.. Juga’..
    Akhirnya tamu istimewa bisa dateng.. 😀
    ..
    Kayaknya gak ada hubungannya deh, buktinya aku suka Jazz tapi teteup goblok..
    😮
    ..

  9. ehhh ata suka lagu love juga?
    well…aku suka banget lagu itu!

    kalo jazz yg masuk sama seleraku itu ada satu album penyanyinya olive…aku suka banget lagu itu…
    aku cari di youtube deh kalo ketemu nanti aku tag ^_^

    ..
    Apalagi kalo Mbak Ria lagi falling in lope, makin mak nyos deh..
    Ha..ha..ha..
    ..
    Kalo penyanyi luar aku suka michael Buble Mbak..
    ..
    Ok di tunggu link-nya..
    ..

  10. julianusginting

    titik..titiknya itu isinya apa sob?denger langsung suaranya blm pernah..hehe..

    ..
    Isinya Ngefans aja bro.. 😮
    ..

  11. ooo salah baca tak pikir syahrini hehehe

    ..
    Walah..
    Kalo syahrini ntar bisa2 di penthung Anang hermansyah.. :-S
    ..

  12. ata..
    suka jazz juga??

    aku baru2 agak suka jazz,,kemarin diperkenalkan Frank Sinatra sama temen aku,hehe…

    ternyata enak juga…

    baca postingan ini,,bisa dapat referensi jazzer [kalo yg ini,maksudnya jazz singer,,hehe] lokaL….
    hehe…

    ..
    Wah denger Sinatra langsung suka..?
    Saya malah cuman suka Fly me to the moon..
    Lagu yg laen kurang suka..
    ..
    Favoritku Buble dan Krall..
    😉
    ..

    • iya,,kalo yang itu lagu favouritenya temen aku…

      tapi ku paling suka pas duet ama celine dion nyanyiin all the way…

      lisa ono juga enak2 tuh lagunya…

      hehe…

  13. aku suka margie segers ta, ada satu albumnya yang aku suka banget masih pengen cari, lagunya sih pop tp dibawain dia semuanya jadi enak banget (judul albumnya kl gak salah jazz vocal indonesia)

    ..
    Wah Saya belum punya Margie segers..
    Maklum masih newbie nih..
    He..he..
    Susah banget nyari Cd Jazz di kediri.. 😦
    ..

  14. kaLo ga saLah itu duLu pacarnya Roy Boomerang ya?

    ..
    Iya, tapi udah lama putus..
    Kok jadi mirip wartawan gosib ya..
    He..he..
    ..

  15. Jazz? Aku suka Harvey!
    syaharani juga punya, tapi ya itu kok mirip Iga (Aku lebih suka Iga…. apalagi iga bakar hihihi….**langsung dilempar tomat**)

    EM

    ..
    *lempar brokoli, wortel,kol,toge’*
    Bikinin sayur sop ya mbak..
    😀
    ..
    Ata
    ..

  16. seleras gue bukan jazz, kayaknya berat deh.

    ..
    Berat..?
    Emang berapa kwintal sih..
    😀
    ..

  17. wedeeewww…lengkap bener. bisa jadi buku sendiri ini hwehehe…

    ..
    He..he..
    Padahal belom semua albumnya di review lho.. 😮
    ..

  18. Syaharani memang penyanyi jazz gaek yang sudah malang melintang di dunia persilatan Indonesia. Yang aku tahu sih penyanyi yang mempunyai nama Syah***ni itu yang memang dia. Saat ada pendatang baru dengan nama Syahrini dan di gandeng oleh Anang, saya kira dia. Eh gak tahunya beda orang 😆
    **maap komengnya OOT**
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    ..
    He..he..
    Malang melintang didunia persilatan..
    “Ciaaatt..!!” 😀
    ..
    Kalo itu emang beda orang dan beda aliran.. 🙂
    ..
    Eh,kenalan dulu Beli Sugeng..
    *salaman*
    ..
    Salam saya dari kediri..
    ..

  19. Ata benar-benar bisa berkolaborasi dengan mbak Tutinonka….
    Kalau saya hanya suka mendengarkan..soalnya kalau nyanyi, ntar telinga Ata bisa sakit..suaranya bisa lari kemana-mana…..hahaha

    ..
    Kolaborasi nulis sih bisa Bu..
    tapi kalo duet nyanyi beneran, pasti amburadul..
    Soalnya saya buta nada..
    He..he..
    ..
    Ah, Bu Enny suka merendah nih..
    ..

    • Ini kolaborasi yang aneh sebenarnya, Mbak Enny … Manula dan Mamuda …. hahaha 😀
      Ata yang ngemong saya atau saya yan ngemong Ata ya? 🙂

      Oh, mbak Enny kalau nyanyi suaranya suka lari-lari ya? Dikejar dong Mbak … 😀

  20. xixiixi aku salah mbacanya tta

    tak kira syahrini,tapi kok lahir dibatu bukannya dia sunda pisan,ternyata syaharani 🙂

    suaranya serak serak cemmanaaaa getuuuh yah tta,sekseeeh yang pasti 🙂

    salam wat wanita berjilbab merah,ibu tutikan?

    salam juga wat atta yang abis sukses menghayal bareng rani 😀

    ..
    Untung cepet sadar, salah baca..
    kalo enggak aku udah siap-siap jitak tuh.. 😀
    ..
    Suaranya serak-serak banjir ya..?
    Hi..hi..
    ..
    Ok salam sudah ditangkep dan di masukin kulkas.. 😉
    ..
    -AtA-
    ..

  21. fup…hampir salah baca antara syaharani dan syahrani 😛 aku penasaran jadinya seperti apa lagu jazz nya, tapi seperti apapun lagu jazz itu enak >_< like it

    ..
    He..he..
    Emang namanya mirip sirih..
    Tapi soal suara beda.. 🙂
    Syaharani udah lama gak ngeluarin album, jadinya jarang muncul..
    😦
    ..

  22. Hmm….

    AKu gak punya satu pun album ibu satu ini sih, tapi acung jempol buat suaranya. Pernah sekali papasan di bandara Adi Soecipto, Syaharani memang cantik 😉

    Digarisbawahi ya : SYAHARANI….. bukan Syahrini…. :mrgreen:

    ..
    Cd-nya emang susah dicari.. 😦
    Nah soal suaranya, emang juara banget deh.. 😉
    ..
    Iya,iya…
    Pake’ ditebelin sekalian.. 😀
    ..

  23. diantos atuh kirimannya heheheheh maklum saya gini-gini juga penggemar jazz 🙂

    ..
    Tos dulu om, sesama Jazz mania..
    He..he..
    ..

  24. weh..asyik tuh lagu2nya. salam kenal…

    ..
    Udah punya albumnya ya..?
    Sip deh.. 😉
    Salam kenal juga..
    ..

  25. KangBoed

    RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank

    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

    ..
    Wah mulai beredar lg nih, kang Boed..
    😀
    ..

  26. bunda mau ngisi titik-titik nya ,Mas Atta……….

    Syaharani, aku ( suka bangetz) ,padamu.

    bunda malah punya album Love nya sampai 2 bh, rupanya bunda beli, eh suami jg beli padahal dia waktu itu diluar kota
    (feeling so good khan? 🙂 )
    salam

    ..
    Yup, jawaban Bunda Ly betul..
    Dapet nilai 100.. 😀
    ..
    Wah Bunda Ly sehati nih sama Hubby..;-)
    ..

  27. kirain syahrini… hehe…

    ..
    Hayo ketahuan, googling foto Syahrini ya..? 😀
    ..

  28. weewww….. yg lagi jatuh cinta ama syaharani…
    rasanya berjuta rasa hahaaa

    hiya… gw pikir jg syahrini… hehee

    ..
    Ha..ha..
    Gakpapa Bro..
    Elu orang kesekian yg mengira Syahrini..
    😀
    ..

  29. hellgalicious

    lengkap banget penjelasan tentang syaharani
    fans berat ni ye
    hehehe

    ..
    He..he..
    Ini belum lengkap lho, sbenarnya masih banyak yg pengen di tulis..
    Tapi terbentur durasi..:-D
    ..

  30. Tumben bikin tulisan dengan topik beda dari biasanya 😀

  31. syaharani bukan syarini itu ya Ata?

    btw bandeng bakarnya masih gag? hihihi….

  32. hehe… aku suka suara Syaharani… hanya sayang gak pernah punya CD-nya…

    Aku pernah nonton dia nyanyi secara live lho…. pancen mantep tenan… waktu itu dia cuma nyanyi 2 lagu, yang lainnya dinyayikan oleh artis-artis lainnya.
    Aku digratisin ononto Jazz ini, aku lupa bener2 gratis tis atau harus pakai tiket, tapi dibeliin pacar waktu itu.
    Ah, apapun, pokoke aku nggak keluar duit hihi…

  33. Ulasan yang keren mas…..saya suka deskripsinya yang jelas dan lengkap……mantap deh kalo buat referen yang doyan jazz

  34. wah saya gak kenal syaharani, kenalnya maharani :mrgreen:

  35. Meidhy Aja

    tulisannya kayanya dari lubuk hari yang paling dalam ne mas..
    he,,.he,.

    http://Meidhyandarestablogme.wordpress.com

  36. gak terlalu tahu banget sih, hanya beberapa aja. tapi suaranya Syaharani emang top kok, dan salut untuk eksistensinya dia di jalur Jazz di mana semua orang berbondong2 ke jalur pop 🙂

Tinggalkan Balasan

