Menikmati Hidup..

sebelumnya aku ingin mengucapkan turut berbelasungkawa atas berpulangnya ke Rahmatullah adik ipar Bundo Nakjadimande
innalilahi wa inna illahi roji’un semoga amal baik almarhum diterima dan di berikan tempat terbaik disisi-NYA Amiin..

*********************************************************************************

everybody changing..
sebuah kata-kata sakti yang nggak mungkin di sangkal..

setelah beberapa waktu lalu aku sempat tepar alias jatuh sakit..
aku merasa mendapat pencerahan..
ya, sebuah pencerahan kawan..
sebelum ini aku menyebut diriku seorang pekerja keras, seperti di postingan ini
kayaknya musti direvisi deh..
karena setelah terpukul KO, aku nggak mau lagi ngoyo dan memforsir untuk meraih keinginan..
aku hanya ingin enjoy dan menikmati semua yang kulakukan..
tanpa rencana dan tanpa mengaharap apa-apa.. Just do it..
dan ternyata saat kita menikmati apa yang kita lakukan..
hidup jadi lebih ringan dan indah..
so ngapain menjadi pekerja keras, enakan jadi penikmat pekerjaan.. 🙂

mungkin terasa aneh ya, kalo hidup tanpa rencana..
aku sih menyerahkan rencana hidupku kepada Tuhan, biar DIA yang menentukan..
kalau kita sendiri yang bikin rencana, biar pake plan B sampai plan Z teteup aja bisa gagal..
tapi kalau rencana Tuhan mana mungkin gagal, iya kan..
so Tuhan adalah master planner saya..

bagi orang-orang menejemen pasti mengerutkan kening baca ini..ha..ha..
dalam ilmu menejemen setiap orang dianjurkan agar memiliki mimpi atau harapan..
dengan harapan, seseorang dianggap akan memiliki motivasi untuk mencapai tujuan..
mereka meyakini bahwa tanpa harapan, seseorang bagaikan anak panah lepas dari busurnya tanpa arah bidikan yang jelas..

analisaku harapan akan menimbulkan banyak keinginan dan ujungnya nggak selalu tercapai..
tujuan hanya akan membatasi diri, padahal semua orang punya potensi yang tanpa batas..
tujuan juga akan menutup alternatif lain, karena hanya fokus ke satu titik..

aku ingin seperti air..
muncul begitu saja..
terus mengalir dan mengalir..
ada batu menghadang berbelok arah..
ada tebing menghalang berpindah ketempat yang lebih rendah..
gak perduli mau di pake’ buang sampah, buat mandi kebo, di berakin orang..
bergerak dan bergerak meski tak tau arah muaranya, hanya berbekal sebuah keyakinan suatu saat pasti menemukan muara..

Oh ya, aku ingin menceritakan sebuah kejadian..
kejadian sederhana yang berhasil me”refresh” pendewasaan diri yang tersendat..
karena tekanan hidup yang bertubi..
beberapa waktu yang lalu, aku tengah makan siang bersama sahabat..
ketika sahabat itu memandang ke luar jendela dan menyadari di luar sedang hujan deras.
Ia mulai mengeluh tentang hujan itu..
aku mendengarkan sejenak keluhnya..
kemudian berkata “ tunggu aja, nanti juga reda ”
“Apa yang kaukatakan?, aku musti ketemu klien sekarang”. Ia berkata dengan nada frustasi.
“ $#$%^$%#..!! kenapa tadi aku gak bawa payung, sial banget hari ini” umpatnya.
dalam hati ku berkata dan hanya senyum di bibir yang bicara..
“Apakah hujan akan berhenti kalau kau menginginkannya?
Apakah hujan akan langsung pergi?
Mengapa tidak memilih untuk melihat keindahan dalam hujan
dan biarkan hujan itu menambah keindahan harimu dan bukan menguranginya”.

banyak orang-orang di sekitarku yang punya cara pandang berbeda…
tapi tak ada keinginanku untuk merubah keadaan itu..

aku hanya merubah sedikit cara pandangku sendiri..
dan hidup terasa lebih cerah..
yup, sesederhana itu..

Kepada Sang Maha Segalanya ingin Ku ucapkan..
terimakasih atas berjuta kesempatan untuk mensyukuri nikmat-Mu..
terimakasih atas segala cobaan yang penuh dengan pembelajaran yang begitu berharga..
Terima kasih pada apa yang telah Tuhan anugerahkan padaku dalam setiap langkah..

dan seperti biasa..
Selamat menikmati Hidup kawan.. 🙂

ps: kaya’ kalimat pembuka diatas, semua pemikiran ini suatu saat pasti berubah.. 🙂
wew.. seumur-umur baru hari ini publish 2 postingan sekaligus..
Iklan
Categories: iNspirAsi | 39 Komentar

Navigasi pos

39 thoughts on “Menikmati Hidup..

  1. selamat menikmati hidup… ^^

    tentang semua yg terjadi
    “mengeluh atau bersyukur… itu adalah pilihan”


    yup betul mbak..
    hayoo mbak Inge pilih yang mana..?
    🙂

  2. Mengikuti rencana Tuhan. Bagus sekali, setuju sekali.

    Tetapi bagaimana caranya kita tahu rencana Tuhan untuk kita, kalau kita tidak mencoba menyusunnya ‘versi’ kita? Bagaimana saya tahu bahwa Tuhan menentukan saya menjadi guru misalnya, kalau saya tidak sekolah guru dan tidak mendaftar jadi guru?

    Menjadi penikmat pekerjaan, nah itu betul sekali. Kalau kita merasa nikmat dengan pekerjaan kita, maka kita pasti akan melakukannya dengan senang hati dan sungguh-sungguh, dan itu artinya kerja maksimal, bukan?

    (walah .. komennya serius amir … 😦 🙂 😉 😀 )

    ..
    saya dulu kepengen jadi seorang executive cheff, dan sekolah perhotelan..
    bahkan SMU aja sudah ngambil jurusan bahasa..
    tapi rencana yang saya susun masih kalah dengan rencana Tuhan..
    akhirnya malah jadi petani… 🙂

    betul Buk, saking menikmati pekerjaan ada yang sampek begadang tiap malam tuh..
    *menunduk sambil pencet-pencet jempol*

  3. enjoyyy ur life 😀

    semoga menikmatinya…dengan selalu bersyukur padaNya 🙂

    I love my Life..
    and really….really enjoy my life…

    selalu bersyukur, InsyaAllah..

  4. hidup memang untuk dinikmati,karena hidup adalah perjalanan bukan tujuan 😛

    ..
    Berarti kebahagiaan bukan dicari tapi diciptakan..
    Tul gak bro..;-)
    ..

  5. Mungkin memang itulah rencana Tuhan buat Ata. Sekolah perhotelan, punya pengalaman mulai dari jadi jagal sampai piawai bikin masakan ala Perancis … opo kuwi jenenge … haiyah 😦 … lalu sekarang jadi petani. Komplit to? Mulai dari angon kebo, nyemplung sawah, sampek ngolah sak matenge tersaji di meja makan. Enak banget loh yang besok jadi istrimu …. hihi 😀

    Nah, soal lembur tiap malam, itu lain cerita. Itu kenikmatan yang terpaksa demi penyandang dana 😦

    Btw, itu jempol siapa yang dipencet-pencet? Jempol sendiri to? 😀 😀

    ..
    Iya buk..
    Rencana Tuhan memang yang terbaik, saya mensyukurinya..
    ..
    Kebo maning..kebo maning..:-D
    Iya semoga nanti bisa menyenangkan istri..hayah..:-o
    ..

    Biar terpaksa, asal dinikmati lama-lama juga enjoy kan buk..;-)
    ..
    Ha..ha..
    Jempol sendiri lah, masa’ jempol tetangga..
    Bisa kena tampar saya..:-D
    ..

  6. selamat menikmati hidup atta.. 🙂

    atta sakit? alhamdulilah dikasih nikmat sakit,disuruh istirahat ituh 🙂

    alhamdulilah yah,ada banyak hikmah dari itu semua

    dan atta sekaran9 makin dewasa uuyy 😀

    have nice week end atta 🙂

    *bunbuy..ikut belasungkawa*

    ..
    Hai..hai..
    Ada Wi3nd nih..
    Hi..hi..
    Iya nih dapet teguran dari-Nya..
    Mungkin biar gak terlalu memforsir tenaga kali ya dan selalu mensyukuri kesehatan pastinya..
    ..
    Makin dewasa amiin..:-D
    ..
    Selamat menikmati weekend ya..
    😉
    ..

  7. Ilmu manajemen justru untuk mengelola, mengatur agar mencapai tujuan kita…namun dalam mencapai tujuan tsb ada strategi….yang tentu saja tak hanya kerja keras, namun juga ada unsur rekreasi, istirahat dsb nya.

    Jika sakit, itu artinya harus istirahat….

    ..
    He..he..
    Maklum saya cuman petani buk, gak faham manajemen..
    Mikirnya asal bisa makan hari ini..:-)
    ..
    Terimakasih masukannya..
    ..

  8. delia4ever

    Hidup harus dinikmati ..
    apakah itu manis, pahit, asin… 🙂

    karena itu semua yang membuat hidup kita bermakna 🙂


    Kalau mau yang manis harus terima yang pahit juga kan..;-)
    Dan biasanya yang pahit itu menawarkan banyak hikmah..
    Tul gak..:-)
    ..

  9. aku mah dari dulu nih
    Que Sera Sera
    what will be will be
    ngga ngoyo
    tapi menjalankan apa yang diberi dengan sungguh-sungguh
    akhirnya skr kalau dilihat2 segalanya saling nyambung
    dan sudah bisa aku nikmati dari segi rohani (bukan ekonomi loh)

    EM

    ..
    Wajarlah pengalaman hidup mbak imel kan sudah banyak..
    Jadi kehidupannya sudah stabil..
    ..
    One day your story will be told..
    Tul gak mbak..;-)
    ..
    -AtA-
    ..

  10. Pekerja keras sama penikmat pekerjaan itu beda ya???

    ..
    Dengan menikmati pekerjaan maka tidak akan ada kata mengeluh atau malas..
    Karena enjoy, jadinya hati selalu gembira saat menjalaninya..
    ..
    Kalau pekerja sebaliknya..
    Belum tentu menikmati yang jalani, dapetnya capek dan hati tertekan..
    ..

  11. aku jugta sekarang lagi menikmati hidup nih…, membiarkan hidup ini seperti air yang mengalir 🙂

    kemaren sakit ya? sudah sehat beneran sekarang? yang penting jangan mudah menyerah ya Ata, itu nasehat buat diriku sendiri sebenarnya 😀


    Yup, selamat menikmati hidup Ra..
    ..
    Aku udah baek kok..;-)
    ..
    Menyerah melawan apa nih..? Hi..hi.. 🙂

  12. u pintar mengelolah kata menjadi nikmat di baca
    salam hangat dari blue

    ..
    Wah blue ini pinter banget kalo muji-muji, makasih deh pujiannya..;-)
    ..
    Salam hangat juga..
    ..
    -AtA-
    ..

  13. hidup harus dinikmati dalam suka atu duka, terus dijalani dengan baik sampai takdir tuhan menghentikan langkah hidup kita


    Menikmati yang duka itu kadang yang susah ya Mah..
    Tapi justru banyak menawarkan hikmah..
    ..
    Saya setuju sama Mamah, kita harus menjalani hidup dengan baik tiap hari..;-)
    ..
    -AtA-

  14. bunda setuju Mas Septa, jalani hidup ini apa adanya, sehingga kita mampu mensyukuri setiap detiknya.
    namun begitu, tetap kita hrs berusaha dan berdoa, sisanya serahkan pada Allah swt, inilah yg dinamakan tawakal.
    Ketika kita mencintai pekerjaan kita, dengan sendirinya kita akan berusaha utk meraih hasil yg maksimal, inipun bentuk lain dr rasa syukur.
    salam


    Iya Bun, sebagai orang yang beriman sudah seharusnya selalu berdoa dan bertawakal..
    Terimakasih banyak masukannya Bunda..
    🙂
    Salam -AtA-
    ..

  15. Saya sepakat bahwa hidup ini harus dinikmati dengan penuh syukur. Kurangi mengeluh dan harus ikhlas bila ada yang tak sesuai harapan. Tetap berusaha dan berdoa agar hati ini plong dan hidup terasa nikmat selalu :).



    Ikhlas dalam kesusahan berat banget mbak..:-(
    Bisa gak ya..
    ..

  16. Saya hanya mau mengucapkan: Hidup harus dinikmati. 🙂

    ..
    Yup, selamat menikmati hidup kawan..
    Karena kita gak tau esok masih ada ato enggak..
    Tul gak..?
    😀
    ..

  17. Kau lelaki baik
    Hidupmu dalam rasa syukur pada Tuhan
    Keindahan dalam memuliakan hidup
    Ah, aku belajar padamu 🙂

    ..
    Ah..
    A’ Achoey kan cuman tau baiknya saja, aku manusia biasa kok..
    Yang punya kekurangan dan masih sering berbuat salah..
    ..
    -AtA-

  18. Ada yg masih anget nih
    http://cucuharis.wordpress.com/2010/05/04/cara-hati-mendeteksi-pasangan-hati-jodoh/

    ..
    Hangat mana sama mie janda A’..?
    😀
    Segera meluncur deh..
    😉

  19. mencari atau menciptakan kebahagiaan…
    do what u love or love what u do…

    alangkah banyak pilihan dalam hidup kita…

    walaupun memilih untuk mengalir apa adanya, namun tetap dibutuhkan usaha agar hidup kita tetap mengalir dalam kebaikan…

    karena bagaimanapun, kita bukanlah air… kita manusia yang ‘perangkat’ dan ‘hukum’-nya berbeda dengan air.

    ..
    Pertanyaanya apakah Mida sudah menikmati pekerjaan sekarang..? 😀
    ..
    Yang namanya jalan gak selalu lurus pasti ada beloknya..
    Gak musti selalu jalan lurus, kadang mampir2 dulu untuk berhahahihi..
    Jangan takut berbuat salah, karena selalu ada pelajaran dibalik kesalahan..
    ..
    Tubuh manusia juga berisi air kan..? Weks..
    ..

  20. Anak bundo, si ganteng ini makin hari semakin bijak..

    **btw kaya’ mimpi di siang hari dapat sms dari seorang tuti nonka.. katanya dpt nomer hape dari si pemuda yang inih.

    ..
    Siapa dulu dong bundonya..:-)
    *maaf ya Bun, saya gak minta ijin dulu*
    ..

  21. Karma Suta

    *Salam kenal,

    *Nikmat sekali hidup kalau sdh bisa seperti air, kadang berbelok-belok, kadang lurus teruusss, dan kadang harus terjun bebas….makna ceritanya sudah seperti kisah SUFI…

    *Selamat menikmati hidup….

    ..
    Salam kenal mas karma..
    Kita sudah sering jumpa diblog bu Tuti kan..:-D
    ..
    Wah aku memang sufi = suka nonton Tifi
    ..
    Ha..ha..ha..
    ..
    Selamat menikmati hidup..
    ..

  22. smg senantiasa qt tapaki hidup ini dalam nikmat iman dan islam.. 🙂 hidup mulia atau mati syahid 😀

    ..
    Gitu ya Nis..
    Aku ngikut kamu aja deh..:-D
    Tapi Soal syahid aku lom siap mati..:-(
    ..

  23. maaf sept aku baru tau kalo dikau sakit, alhamdulillah dah sembuh ya. harapan harus selalu ada dan terus dipacu namun dilihat juga kapabelitasnya. ini yang terpenting.

    Turut bela sungkawa juga atas wafatnya adik ipar bundo nakja dimande .salam sehat selalu


    Harapan disini maksudku lebih ke masalah kerjaan..
    Melakukan segala hal dengan baik tanpa berharap insyaAllah semua juga akan baik..
    Kalaupun gagal, gak bakal kecewa..;-)
    ..

  24. Konsep takdir menurutku bukanlah kepasifan kita menerima skenarion dari Tuhan. Takdir adalah apa yang terjadi setelah kita mengusahakannya, bukan sebelum melakukan apa-apa. Makanya, Allah memerintahkan kita untuk bertawakkal setelah kita berusaha, bukan pasrah tanpa melakukan apa-apa.

    Setelah tawakkal, bersyukur adalah tindakan selanjutnya. Apapun hasil dari usaha kita, maka syukurilah. Karena, bisa jadi yang menurut kita baik, belum tentu baik menurut Tuhan. Apa yang kita alami, itulah yang Tuhan inginkan, tinggal kita memaknai saja lagi atas apa yang terjadi, tanpa mengeluh sedikit pun… 🙂

    Ata… I like this post so much!

  25. everybody changing..?????Kayak lagunya Keane..Ya, mungkin perubahan itulah intinya kehidupan, kalo kita ndak menyesuaikan terhadap perubahan itu, kita tak akan pernah bisa survival dengan kehidupan kita yang sekarang ini 🙂

  26. setuju, kadang hal2 yang datang dan di luar kuasa kita, memang sudah adanya harus begitu. dan kita, gimana caranya, harus bisa membalikkan keadaan dengan mengubah cara berpikir.
    teorinya sih begitu… mudah2an prakteknya aku juga bisa 🙂

  27. hidup ini singkat
    mari kita rayakan 😀

  28. Hangatan Mie Janda sih dik hehe

  29. kalau Qta oandai menikmati dan bersyukur, hidup itu rasanya jd enteng, plus jd ngerasa cantik.. hahahaha

  30. postingan ini jadi ngingetin ke diri sendiri, rasanya jadi bercermin…hmmmph…apa kita lahir dihari yg sama hehehehe…

  31. berkunjung ke rumah septa 😀

  32. Yo’i gan klo hidup ga dinikmati gimana kita bisa mensyukuri hidup ini.
    Enjoy aja!
    Hidup jangan dibuat susah!

  33. Every body’s changing and I don’t see the same…

  34. Weh, baru tau Ata abis sakit…
    semoga cepet pulih ya, terus semangat!

    Aku masih harus terus belajar menikmati hidup, di manapun aku tinggal, meskipun bnyak kekurangan di daerah tempatku tinggal. Menurutku harus gitu sih, harus bisa menikmati dan bersyukur di manapun kami hidup, dengan begitu, pasangan kita juga akan lebih tenang bekerja.. 🙂

  35. menikmati hidup memang sebuah kebahagiaan.
    namun, jangan biarkan kenikmatan membutakan kita.

  36. salam kenal dari http://aby-umy.blogspot.com/

    kalau ada waktu mampir ya sobat??

  37. Biarkan seperti air…. boleh juga 😀

    HIDUP!!! ^_^

  38. Ah….

    Yang ini pastinya adalah postinganmu yang paling aku sukai Mas Septa……

    🙂

  39. like this. .
    ^^,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: