Kawah Gunung Kelud Trip…

sebelumnya mo ngucapin makasih dulu buat wanita berkerudung merah dan wanita berkerudung hitam untuk hadiahnya..

hadiah dari bundo

hadiah dari Bundo

VcD dari Bu Tuti..

VcD dari Bu Tuti..

*****************************************************************************************************
Rasanya kurang Afdhol, kalau sebagai warga lereng gunung Kelud..
aku nggak bikin postingan tempat wisata di daerahku..
sori ya, tapi ini bukan promosi lho..
sumpah aku sama sekali nggak dapet sogokan dalam bentuk apapun dan dari pihak manapun…hi..hi..
sebenarnya sudah lama pengen bikin tulisan tentang pengalaman tripku yang tak banyak itu..
tapi setiap bikin tulisan bertema wisata, gak tau kenapa selalu aja bahasanya jadi formal..
pokoknya jadi enggak banget deh..
nah minggu kemaren aku dapat kiriman hadiah buku dari Bundo Nakjadimande..
berjudul Naked traveler penulisnya trinity, isinya radha gila, konyol dan kadang sedikit sarkastik.. 🙂
setelah baca aku pun nongkrongin Blognya disini..
lha ternyata dia pernah kulihat jadi bintang tamu di archipelago metro tv..
bersama prita laura, saat trip ke sumba..
dan jujur, sosok mbak trinity sama sekali nggak seperti yang ada di bayangan kepalaku..ha..ha..ha..
tapi karena mbak trinity itulah aku jadi pengen nulis tentang pengalamanku plesiran cihuy.. 🙂

semoga tulisan tentang tripku ini enggak garing..
mari silahkan di pelototin..

beberapa waktu yang lalu aku kedatangan tamu dari jauh..
seorang teman lama dari lombok bernama dhani dewa..
bersama orang trenggalek yang tinggal di kota batu, namanya Mr. Hahn..
rencananya kami hendak pergi ke kawah Gunung Kelud pagi-pagi..
eh ternyata dua orang itu tidurnya kayak Kebo, dan gak bisa bangun pagi..
terpaksa deh berangkat agak siang, padahal setahuku di puncak sering hujan kalo siang..
posisi topografis Gunung Kelud sekitaran 1.730 meter diatas permukaan laut..
jadi udah biasa kalo cuaca cepat berubah..

karena waktu berangkat cuman sarapan ondhe-ondhe sama teh manis..
aku pun mengajak dua budak-budak itu mampir di warung 02..
02 adalah kode untuk olahan bekicot..
kalo untuk olahan kelinci kodenya 06..
untuk olahan daging anjing, babi, monyet dan kodok juga ada kodenya sendiri..
selain 02 dan 06 aku gak pernah nyobak, jadi gak tau deh kodenya.. [ bohooong…!! ] 🙂

di daerah bernama ubalan, banyak sekali warung-warung 02 berjajar..
olahannya dari tong seng bekicot, sate bekicot, bekicot goreng kering, bekicot bumbu kecap dll…
tapi waktu aku pesen eskargo ternyata nggak ada.. *ya iyalah…!!*
eh..! udah ada fatwa haram belum sih makan bekicot..?
karena setahuku itu hewan hidup di satu alam, jadi hajar aja deh..
uenak tenan Jhe.. 🙂

setelah kenyang dan bibir monyor habis makan bekicot rica-rica..
kamipun melanjutkan perjalanan, tidak lupa membungkus 100 tusuk sate bekicot buat cemilan..

sesampai di sebuah kota kecamatan bernama Wates, kami mengangkut dua orang teman lagi sebagai guide..
namanya Lord deen sama Evan, ya’elah orang kampung aja namanya kok bagus bener ya..
oh iya sekedar mengingatkan, jangan lupa mengisi bensin..
karena setelah kota wates nggak ada lagi pom bensin..
nggak lucu khan kalo plesiran nyambi olahraga dorong mobil 🙂

***

di jawa timur sudah banyak kawah gunung berapi yang dijadikan obyek wisata..
seperti kawah gunung Bromo di pasuruan, kawah ijen di banyuwangi, kawah Lapindo di sidoarjo.. 🙂
tapi untuk menuju kawah membutuhkan perjalanan yang nggak mudah, berbeda dengan kawah gunung kelud..
sejak tahun 2004 Pemkab Kediri telah membangun jalan hotmix yang mulus dari desa terakhir dilereng gunung Kelud..
yaitu desa SugihWaras Kecamatan ngancar sejauh 5 km langsung ke puncak..
bahkan tempat parkir teratas hanya berjarak 300 meter dari kawah..

meski jalannya mulus, ternyata di jembatan deket puncak aspalnya bolong-bolong…
kalau ada motor lewat, trus roda depannya masuk lubang itu..
Brukk…!! otomatis orangnya bakalan koprol dan langsung masuk ke jurang sedalam 200 meter.. wew..

setelah melewati jembatan penghubung yang panjang, para sopir bakal di suguhi tanjakan fatamorgana..
kenapa namanya fatamorgana..?
karena orang yang pertama lewat jalan itu matanya bakal tertipu..
mereka mengira sudut kemiringan jalan 45 derajat..
padahal aslinya gak sampai disegitu…
banyak tuh mobil-mobil baru yang gak berani naik, terus ngojek ke atas..
waktu kami berhenti dan photo-photo di atas jembatan, ada sedan timor dan suzuki APV parkir dan gak berani naik..
rasanya jadi bangga banget sama mobilku si Kaleng, meski udah Uzur tapi dengan gaya dan nekad mampu melewati tanjakan fatamorgana..
belom nyampek awal tanjakan aja, udah pindah gigi satu… hi..hi..
ngejan-ngejan deh… 🙂
eh.. ternyata mbak Trinity juga pernah punya mobil sama lho, namanya si Kumbang..
*nggak penting ya* 😦
..

setelah sampai di parkiran terakhir kami segera membawa perbekalan menuju kawah..
sate 100 tusuk yang tinggal separohnya dan kopi tubruk dalam thermos mini..

untuk menuju dasar kawah ada dua jalan alternatif yang sama-sama bikin hati sir gombang gosir alias ser-ser’an… 🙂
alternatif pertama lewat terowongan AMPERA sepanjang +/- 150 meter tanpa penerangan dan gelap total karena di salah satu ujung terowongan agak berbelok..
heran juga kenapa nggak di pasang lampu, padahal sampai di parkiran ada jaringan listrik..
analisaku sih, ada pantangan dari sang penunggu terowongan..
ato biar serem aja gelap-gelapan..hi..hi..

terowongan ini di bangun tahun 1940 oleh tentara Jepang, pastinya ada romusa dong yang jadi korban disitu..hiiiiii….
jadi kalo pas masuk terowongan trus merinding disco itu wajar.. 🙂
sebenarnya tujuan pembangunan terowongan ini untuk jalan lahar ato magma apabila gunung Kelud meletus, tapi anehnya sekarang malah di pake lewat orang 🙂
bagi pengunjung yang takut tempat gelap ato phobia dengan tempat sempit, ada alternatif jalan laen..
yaitu melewati tangga yang menanjak melewati lereng kawah, butuh waktu dan tenaga ekstra tentunya..he..he.. :))
tapi di puncak tangga terdapat sellter, sebuah gasebo top view yang menyuguhkan pemandangan maha indah..
waktu dulu aku di top view dan melihat keindahan itu, dadaku sampai sesak nafas… *itu kecape’an bego’*
kayaknya dua-duanya nggak cocok nih sama mbak Imel.. ha..ha..ha…

karena cuaca lagi mendung kami jadi malas naik tangga, nggak asik kan kalo tiba-tiba disambar petir..
kami pun memutuskan lewat terowongan..
sambil jalan kami terus ngobrol dan bercanda untuk menghilangkan ketegangan..
lucu kalo inget, abis obrolanya nggak penting dan asal banget..hi..hi..
si dhani sempat teriak waktu melihat tugu prasasti yang di cat putih…ha..ha..
tepat di tengah terowongan memang ada sebuah tugu, tempatnya emang agak-agak spooky..
so..plesiran ke kawah gunung kelud jangan lupa bawa lampu senter..

kayak meteor jatuh

***

ngomongin sejarah Gunung Kelud, meski nggak sebesar gunung Semeru atau Arjuno..
gunung kelud adalah gunung paling sering meletus dan paling banyak memakan korban jiwa..
bisa dibilang kecil-kecil cabe rawit, menurut wikipedia sejak abad 15 sudah makan 15 ribu jiwa manusia..
ck..ck..ck…
menurut legenda atau cerita rakyat, dulu konon cerita ada seorang yang sakti banget.bernama Lembu Suro… *kok mirip nama vokalis club eighties ya..* 🙂
nah si Lembu Suro ini ingin mempersunting seorang putri Kediri yang cantik jelita bernama KiliSuci..
putri KiliSuci gak mau dong, orang beda kasta..
tapi karena takut untuk menolak langsung, sang Putri memberi syarat supaya Lembu Suro membuat sebuah sumur yang dalam..
lalu dengan liciknya sang putri menyuruh tukang pukulnya menimbun hidup-hidup Lembu suro di lubang yang sedang digalinya..
apakah Lembu Suro mati..?
oh.. tidak sodara-sodara..
karena kesaktianya Lembu Suro tidak mati, malah berubah jadi Gunung yang memuntahkan Lahar dan banyak membinasakan rakyat Kediri..

aku sendiri pernah menjadi saksi bisu kemarahan si Lembu Suro pas tahun 1990..
waktu sore-sore sekitar jam tiga’an aku mendengar petir dan gemuruh padahal langit sedang cerah..
semua orang pada keluar rumah dan melihat ke arah selatan…
dan yak ampuun, puncak Gunung kelud kayak kena Bom Nuklir…
awan panas bergulung-gulung, dan kilatan cahaya petir berwarna merah dibarengi suara menggelegar..
kalau ditarik garis lurus mungkin jarak rumahku sekitar 25 Km dari puncak..
enggak lama langit menjadi hitam seperti malam hari, lalu turun hujan kerikil bercampur debu..
wew.. asli seru banget, film dante’s peak mah lewat.. 🙂
sayangnya tahun 2007 kemaren nggak jadi meletus, padahal aku udah cari pinjaman web cam segala tuh..

***

nah ada satu hal lagi yang menarik di Gunung kelud, namanya jalan misteri..
di sebuah jalan yang menanjak, mobil atau motor bisa jalan sendiri meski mesin di matiin..
udah ku buktiin lho, dengan mesin mati dan gigi netral si kaleng bisa jalan menanjak..
makin lama makin kenceng sampek 25km/jam… Hiiiii….
ada yang bilang di situ terdapat medan magnet..
ada juga yang bilang hanya ilusi mata,jalan menurun tapi kelihatan menanjak..
tapi menurut kang karsono penjual gorengan deket parkiran, daerah situ emang angker.. :s

aku sendiri sih lebih percaya pada teori yang kedua, semua yang tampak mata bisa menipu..
makanya pas anak-anak bilang penjual kacang rebus di ujung parkiran cantik dan putih, aku gak percaya..
ngerti kan maksud ku..
hiiiii…..

setelah keluar dari terowongan, aku terkaget-kaget..
seolah gak percaya melihat apa yang ada di hadapanku..
bukan karena pemandangan yang indah..
juga bukan kaget melihat gunung anakan yang menjulang…
bukan, bukan karena itu…
aku kaget karena di dalam kawah ada warung kopi..
bahkan tukang ojek pun mangkal disitu…
ck..ck..ck…
bener-bener kayak diwarung pojok, orang-orang duduk dengan menaikan satu kakinya…wuiii…
ini baru tempat wisata asik..
gak ada deh di luar negri..

ps: sori lama gak update aku baru sakit nih..
eh.. kalo penasaran sama trinity tonton aja Archipelago sabtu ini jam 3 sore di metro TV, scedule aja di hanfon biar gak lupa.. 😉
over and out..!!
Iklan
Categories: tRip | 60 Komentar

Navigasi pos

60 thoughts on “Kawah Gunung Kelud Trip…

  1. Owh… bukan trekking ya, Ta? Ga menantang ah…

    *banyakgaya.com padahal ke Gunung Gede aja ampe nangis2* Hihihi….


    sombong bener, pendaki disoriented satu ini.. 😛
    ..
    udah males mo naik gunung yang berat2, faktor U nih.. 😦
    ..

  2. Biarinnn…. dasar kakek, huuuu…. kalo aku ke semeru siapa yang mw bawain ransel carrier-ku dunk… :p


    emang situ mampu naik Semeru..?
    agak sangsi nih..
    ntar nyasar pula… 🙂

    tuh kan, bawa carrier aja gak bisa… * capek deh *
    ..

  3. seruuuuuuuuu….
    pengeeeeeeeeen….
    bikin rencana aaaah….


    hallahh..
    deket aja mbak, paling cuman 3 jam dari Malang..
    ntar kontek aja, biar kuanterin..
    🙂

  4. kerennnn mau dunk kapan2 diajak kesana lewat trowongan yang gelap yah berani deh tapi dipegangin yah tar jatoh *haiah*


    ha..ha..ha…
    asal jangan minta gendong ya, Peri berat kayaknya.. hi..hi..
    😛

  5. TOP ya… Jadi ngiri… ha… ( Kapan ya sempet ?) Lain x ajak tyan dunk 😀


    boleh…
    nanti bisa mampir ke rumahku, deket kok cuman 1 jam-an..
    🙂

  6. kumbang jalanan

    wkwkwk, seru2…
    tp ak kurang setuju bagian anak desa kok namae …. (jgn maen sindir donk jee)

    trus msak ne ad cwek d cuekin, jyahahaa


    wakakakaka….
    ok..jhe..ok..jhe…
    awas ondhe-ondhe panas…
    🙂

  7. panahnya nunjuk apaan siyh itu? ngga ngerti 🙄


    ha..ha..ha..
    langsung masalah itu yang di kasih komen…
    udah aku sensor kok Bun.. 😉
    ..

  8. emangnya penjual kacang rebus ngga boleh putih dan cantik ya Ta..? Xixi..

    senangnyaaa yang jalan-jalan.
    Foto yang seperti meteor jatuh bagus banget Ta..!


    hi..hi..hi..
    iya kalo yang jual manusia beneran Bun, kalo ternyata mbak Kunti yang lagi nyamar hayooo…

    itu udah minggu yang lalu kok Bun, berkat buku kiriman Bundo juga akhirnya tulisan ini bisa publish…
    terimakasih ya Bun…
    ..
    photo itu udah di edit kok, hi..hi..hi..
    🙂
    ..

  9. @nakjadimande : bundo,aku kapan dikirim bukunya juga?? jangan dicabut ya label harganya,biar aku bisa tau kalo bundo gak pilih kasih 😀

    ta,itu foto temen2 kamu ya?? hehe… enak ya jalan2,jadi pengen liburan ke bukittinggi, lho kok??

    sekalian ketemu bundo ya ta? hahaha… bundo tolong dikirim tiketnya,atau ditendang aja dari jakarta sampai bukittinggi ya 😉

    iya Dot, temen-temen junior…
    aku yang paling tua hi..hi..hi..

    kalo liburan ke Bukit tinggi, aku musti nunggu panen Dot..
    budget-nya agak banyak, kecuali kalo mau naik sampan ato naik truk pasir.. 🙂
    ..

  10. Ya’elaah … panjangnya posting ini. Tapi aku baca sampek habis kok, sambil senyam-senyum …

    Tentang nama Lord Deen dan Evan, jujur aku juga heran loh, ada anak desa B******g namanya keren banget : Septarius E. Lestiant. E di tengah mungkin singkatan dari E***, lha Lestiant-nya? Kayaknya nama bangsawan Perancis deh … hihi 😀

    Makan bekicot? Woiiii!! Ampun deh. Meskipun enak, aku mending dijitak plus digendong (lho?! *gak cocok*) dari pada harus makan escargo. Lihat bentuknya waktu hidup …. oh, no!!

    Tentang si kaleng yang sudah uzur tapi masih kuat naik tanjakan, nah …. makanya jangan meremehkan sesuatu yang memiliki faktor U (faktor U lagee … heheh!)

    Ngemeng-ngemeng, di kawah silau ya, kok pake kaca mata hitam? Ato untuk menyamarkan pandangan jika melirik penjual kacang rebus yang nggak cantik dan nggak putih?

    Itu VCD Rhumba dan Waltz buat dipraktekin, bukan cuma buat dipajang dan dipoto doang. Kalau belum ada pasangannya, sementara ngekep guling dulu … qiqiqi … 😀

    *hayah … ini komentar apa posting tandingan … 😦 *

    ..
    Senyam-senyum sendiri buk..:-o
    ..
    Saya bukan perancis buk, tapi jerman..
    Jejere kauman
    😉
    ..
    Padahal eskargo di perancis makanan kelas atas lho..
    ..
    Perasaan saya nggak pernah meremehkan faktor U lho, kok saya jd tertuduh sih 😦
    ..
    Kecemete item buat gaye dan kelihatan kece aje.. Haiyah…
    Untuk melindungi mata supaya nggak kena debu, ngeles.com..:-)
    ..
    Inggih, sendiko dawuh…
    Tapi Waltz-nya aja..
    🙂

  11. hellgalicious

    hahaha
    ko bisa gitu ih?
    kawah yang asik dong!
    bisa dibuat ngojek sambil ngopi
    hahaha

    ..
    Yah..begitulah..
    Tempat wisata di negri ini memang unik2.. 😉
    ..

  12. asik banget keknya jalan2 di situ ya
    pengen kacang rebus jugaaaa

    ..
    Udara dingin dan kacang rebus memang pasangan yang serasi 😉
    Maknyus.. 😀
    ..

  13. mau sate bekicot..pasti enak deh kenyal-kenyal hihihi

    itu warung kopi di kawah kenapa ngga difoto?

    sial kamu emang kayaknya aku sulit sih utk ke sana
    phobia gelap, sempit dan dalam hahahaha

    EM


    Dijepun nggak ada bekicot ya mbak..

    Iya nanti kalo kesana lagi diphotoin deh warkopnya..;-)
    ..
    Mbak Imel takut ketinggian juga khan..
    Ha..ha..ha..
    ..

  14. darahbiroe

    wahhh
    mau juga dunt menikmati suasana disitu heheh
    kapan nuy ajak2 dunt hahah
    gratis tapi yak
    😀


    Tempat wisata di daerah itu murah kok..
    Iya deh gratis…
    😉
    ..

  15. ossmed

    wahhh..asik banget liatnya^^

    salam kenal nihh
    sedang blogwalking dan ketemu blog menarik ini.. ditunggu kunjungan baliknya di http://www.ossmed.com

    ..
    Aslinya lebih keren lho..
    Thanks udah mampir..
    ..
    Langsung ke tkp
    😉
    ..

  16. makan bekicot!! hiiiiii…entah kenapa aku ga brani makan makanan ‘luar biasa’ kaya gitu hehehehe…kabayang bentuknya dikepala saat makan
    impian sepanjang masa tiada kunjung tiba : naek gunung!!

    ..
    Ya kalo makan jangan dibayangin dong..
    😉
    ..
    Ayo dong kapan naik gunung, masa’ seumur-umur lom pernah naik gunung..
    Apa kata dunia 😀
    ..

  17. Semoga sekarang Mas Septa sudah bertambah sehat ya,amin.
    guidenya Mas Septa bunda sangkain orang bule (?) namanya keren ya kayak nama bintang hollywood 🙂
    gambar yg kayak meteornya bunda suka, keren ya
    salam

    ..
    Terimakasih doa-nya Bunda, Alhamdulillah saya sudah baikan..
    ..
    Iya Bun namanya kayak bangsawan inggris 🙂
    ..
    Ngambil Photonya cuman pake’ camera pocket Bun, jadi masih kurang maksimal..
    ..

  18. sept aku belom pernah kesana , sikaleng keknya hebat banget ya . pasti perawatanya bagus (siapa dulu dunk yang Punya) ke daerah yang belom pernah lewati memang memerlukan informasi yang valid dan butuh kecermatan dalam mengambil keputusan walaupun itu hanya sebuah perjalanan kecil atau besar namun perjalanan selalu ada hal menarik . seperti fatamorgana itu. dan mengambil keputusan melanjutkan perjalanan dengan memakai sikaleng adalah sebuah kebranian. Salam sam si kaleng , kapan-kapan kita ke bromo …. katanya seeh tanjakannya juga sangat berat dan susah sebab aku belom pernah kesana.

    Salam sehat selalu , maaf dah lama ga kesini .sukses selalu untuk anda


    Iya mobil uzur perawatanya memang musti ekstra..
    Maen ke tempat wisata juga lebih enak ditemanin orang lokal untuk guide..
    ..
    Kalo ke bromo sih saya yakin sampek penanjakan sikaleng masih mampu..
    Tapi kalo turun ke lautan pasir musti four weel drive macem hardtop ato jeep..
    🙂
    ..
    Thanks udah mampir kawan..
    Salam..
    ..

  19. Lha saya sendiri belum pernah wisata ke gunung2 je mas, apalagi ke Bromo yang katanya indah itu.
    Salam hangat dari Plesiran-media untuk mempromosikan wisata dan budaya daerah anda secara gratis dan bahkan mendapat tali asih bagi artikel yang dimuat.
    Jika bukan anda, siapa lagi yang akan promosi he he he he

    ..
    Kalo plesiran ke gunung kelud gak terlalu capek Dhe, jika dibandingkan dengan bromo..
    Kalo ada rencana plesiran ke gunung kelud kontek saya saja..;-)
    ..

  20. Saya naik gunung ketika latihan saja, itupun gunung Tidar dan bukit2 kecil ha ha ha
    Gunung Kelud katanya penuh tantangan ya mas.
    Salam dari BlogCamp-gudangnya acara kontes-kontesan


    Plesiran sama latihan yo beda tho pak..
    Iya gunung kelud cukup menantang buat kendaraan..
    Banyak tanjakannya.. 😀
    ..

  21. Hmmm.jadi teringat kampung halama di kediri sono, ketika gunung gelud dikabarkan akan meletus, saya hampir setiap hari naik mendekati puncak kelud untuk memuaskan hasrat fotography saya..Momeng langkah 🙂


    Wah orang kediri juga tho..
    Iya tahun 2007 kemaren gak jadi meletus cuman muntub-muntub.. 😀
    Kejadian erupsi memang momen langka..
    😉
    ..

  22. wah enak ya bisa jalan” 😀 pengen dech naik” ke puncak gunung.. tapi baca ceritanya Ata koq kek nya di gunung kelud banyak yang serem”nya gitu sich??

    namanya aja dah serem loh…. pake jembatan fatamorgana… jalan misteri 😆

    HIDUP!!! ^_^

    ..
    Jalan-jalan nggak selalu menyenangkan lho..
    Tapi paling enggak dapet pengalaman baru..
    ..
    Kadang justru yg serem itu bikin hati sir gombang gosir alias ser-seran..
    Memacu adrenalin Ka..;-)
    ..

  23. Perjalanan yang menyenangkan, ya…

    ..
    Nggak semuanya menyenangkan kok, tp paling enggak merasakan suasana baru 😉
    ..

  24. delia

    Selamat ya buat hadiahnya.. 🙂

    pengen banget mendaki gunung lagi..baru bisa daerah sumatera saja…
    Kapan ya bisa ke kawah gunung kelud… skrg baru bisa naik Kapal Kelud Pelni saja… 😦

    ..
    Ha..ha..ha..
    Aku juga pernah tuh naik kapal km kelud jakarta-batam..
    Seru banget tuh..
    😀
    Untuk berwisata gak perlu jauh-jauh kan..
    Explore aja tempat2 yg dekat dulu 😉
    ..

  25. asyik nih yg abis naik gunung 🙂


    Nggak semuanya asik kok, capek juga naik gunung.. 😀
    ..

  26. selamat malam Ta..
    wah asik banget jalan2nya… terutama yang mobilnya bisa jalan sendiri itu lho… kok bisa ya??
    hehe.. kalo saya ikutan, pasti udah agak2 takut gemanaaaa gitu… secara jalannya nanjak tapi kok bisa jalan sendiri.

    btw, aku juga suka ke blognya trinity…
    cerita2 yang lucu saat jalan2.. pernah juga saat dia kepaksa pipis di pinggir jalan.. wah seru banget…

    ..
    Selamat malam juga mbak Anna..
    Tentang jalan misteri cuman ada di tiga tempat lho..
    Di arab, korsel dan satunya di gunung kelud itu..
    Memang fenomena yang aneh tapi nyata..:-)

    Aku nongkrongin blog mbak Trinity baru-baru ini aja kok, tapi dua bukunya udah ku baca ampek abis..
    Tulisannya emang kocak dan apa adanya..:-)
    Mbak Anna juga suka ya..?
    ..

  27. Bagus mana sama Dieng? 😀
    Kalo Dieng saya pernah, dingin banget, tapi bagus. 😀
    Pernah juga ke teaternya. :mrgreen:


    Ya gak bisa dibandingkan lah..
    Tapi Yang jelas sama-sama bagus…;-)
    ..

  28. Kau anak muda’
    Cara mu menikmati hidup kadang lebih dewasa
    A suka 🙂


    Ah.. Biasa aja kok A’..
    Cuman menjalani hidup apa adanya saja..
    😉
    ..

  29. blue belum pernah kesana,kawan
    salam hangat dari blue


    Mending nggak usah ke sana, nanti jd tambah rame deh..:-D
    Salam super hangat..
    ..

  30. jarwadi

    kereeen banget, seperti something miracle gituhhh

    btw salam kenal mas …

    ..
    Ya emang banyak yang ajaib di gunung kelud..:-D
    ..
    Salam kenal juga, kok gak ninggalin link ya..?
    ..

  31. KURANNNGGGGGGG

  32. KURANNNGGGGGGG

    FOTONYA KURANGGG BANYAKKK


    Hi..hi..
    Kalo kebanyakan nanti jadi penuh dong..:-)
    ..

  33. bagus ya, aku belum pernah ke sana, kalau jawa timur dulu ke arjuna sama bromo…, kapan-kapan kalau masih ada umur pengen ke sana deh 🙂


    Setelah dikelola gitu aku gak suka, udah gak alami lagi..
    Banyak bangunan dan tiang listrik yg merusak pemandangan..
    Kalo pengen yang bagus kawah candradimuka semeru 😉

  34. iyaaa.. potonya kurang banyaakkkk….
    kurang puasssssss… hahahaha..
    kapan nih gue terima undangan plesir kesana :p

    ..
    Susah ya memuaskan ibu satu ini.. 😀
    ..
    Trus kapan dong aku diajakin ke karjo..?
    He..he..
    ..

  35. wah.. keren coy…

    ..
    Thanks cuy..
    😀
    ..

  36. Huf, Gunung Kelud, indah euy.

    Perjalanan, yang menyenangkan.

    ***___
    sweet trip


    Indonesia memang indah sob..
    Thanks udah mampir..
    🙂
    ..

  37. “sayangnya tahun 2007 kemaren nggak jadi meletus, padahal aku udah cari pinjaman web cam segala tuh..”

    gunung gak jadi meletus koq malah disayangkan ? piye tho? harus nya kan bersyukur 😀

    ..
    Abisnya gunung meletus peristiwa langka sih..
    Abunya menyuburkan tanah dan materialnya bisa tambang..;-)
    ..

  38. wah jadi kpingin ke gunung kelud, tapi klo pas hujan2 gini mending pending dulu deh 😀

    ..
    Gakpapa juga sih.. Kalau ujan suasananya jadi laen lho..
    Lebih mistis..:-D
    ..

  39. belum ada updetan nih, mungkin ini bisa jadi ide u/ updete
    bila berkenan ada award di blog ok cekidot ya…

    ..
    Ok deh ok.. 😀
    Nanti dikerjain deh..
    ..

  40. kapan kapan kalau kesana lagi blue diajak ykawan
    salam hangat dari blue

    ..
    Boleh-boleh, pasti kawan..;-)
    ..

  41. huaaa bekicot! enak banget tuh! di sini aku nggak tahu di mana cari bekicot. padahal dulu waktu kecil, aku suka banget makan bekicot…


    Ke restoran prancis mbak, trus pesen eskargo..
    He..he..
    😀
    ..

  42. pengalaman yang menarik selalu ada cerita yang mengasikan

    ..
    Terimakasih kunjungannya kawan..
    🙂

  43. mirip kayak gunung yg dibelakang rumahku, haha..

    *nais post sob! makasi dah berbagi…

    ..
    Tos dulu dong, sesama anak gunung..he..he..
    Tinggal digunung apa nih..?
    ..

  44. waduh… septa warga lereng gunung kelud tohh…
    hehhee… anak gunung wkwkwkw…. bcanda kok brooo
    duh bUndo sangat baek bangeet yaaa 🙂
    salam kenal buat Bundo hehee

    ..
    Ha..ha..
    Gakpapa kok, aku bangga jadi anak gunung..
    Iya, memang baik banget..:-)
    ..

  45. Aaaaaahhh jadi pengen mendaki gunung niiihhhhh

    sala kenal ya 🙂


    Kalo ke gunung kelud, cukup mobilnya yg mendaki 😀
    ..
    Salam kenal juga ya.. 🙂
    ..

  46. giliran saya harus kamu ajak kesana sept jika kelak ada kesempatan mengunjungi pengusaha septa hehehe….
    dari ceritanya seperti seru bgt..jadi penasaran deh sept…

    salam, ^_^

    ..
    Gampang itu boss..
    Tinggal calling aku aja..
    😉

  47. kunjungan perdana
    salam kenal…
    naek gunung aq juga suka banget
    udah gunung apa aj?
    salam persahabatan

    kalau ada waktu kunjungan balik y 🙂

  48. kunjungi blog ku ya…
    happy blogging

  49. malam ini
    kau masih menyulam kata ah
    sahabatku? 🙂

  50. halo….anybody home?
    kemana ya Mas Septa?
    semoga selalu sehat,amin
    salam

  51. gubrakkk..gilak..pengen kesana akh 😀 pasti lebih terasa serunya hehhee….
    eh aku juga udah baca buku naked traveller emang dia gila sih…pengen kayak dia..bisa jalan2 dengan modal enteng hehehehe

  52. Foto2nya bagus 🙂

  53. Gara-gara septa bilang ada warung kopi di kawahnya, mamah jadi penasaran pingin kesana… jadi gak kuatir haus dan lapar kan…

  54. saya belum pernah naik gunung
    mambaca postingan ini
    jadi pengen neh naik-naik
    ke puncak gunung 🙂

  55. belum updet sob?
    have a nice day 😀

  56. Asyik nih jalan-jalannya. Nanti kalau aku ada kesempatan ke Kediri, kita kopdar di Gunung Kelud ya Ta, hahaha… 😀

  57. barkode yah ta yang lupa ituh :mrgreen:

    hemm..foto kawahnya keren bangeed taa!

    hwaaaa..kirain apaaan taunya warun9 kopi,tiwase wes melu melu de9 de9kan jeh ta 😀

  58. *berkunjun9la9i*

    atta,..

    mau numpan9 melihat gungung kelud..ituh yan9 kaya meteor..
    bikin adem uyy.. 🙂

  59. mau kesanaaaaaa!!!!!!

  60. septa mo ikutan jejaknya mbak trinity ya 😛
    aku juga dah baca seri pertama dan kedua buku itu, konyol ya cerita2nya dan nambah wawasan…tau gak gara2 baca buku kedua diriku jadi pengen ke Negara Palau! huhahahahahaha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: