kalo menilai orang, diphikir dulu kali ya…

obrolan ringan di sebuah kedai kopi pojokan pasar…

ijal : capek liat berita di tv isinya orang berantem mulu, dari polisi,politisi sampek             mahasiswa juga..

AtA : ya gitu deh.. *sambil nyeruput Susu jahe panas*

ijal : kasus Century juga makin ruwet, Maling-nya Sri mulyani sama Budiono         nggak ada kelanjutannya..

AtA : uhuk..uhuk..!!! *tersedak*
kenapa pake’ kata maling sih…??

ijal : trus apa dong..
mbak..Mie pangsit nyemek-nyemek sama jeruk anget..!! *teriak ke mbak-mbak pelayan*

AtA : nggak bermaksud memihak ni yah,
andai kata memang ibu Sri mulyani bersalah nggak harus menguhujatnya seperti itu kan..
hatiku miris melihat demo yang pake’ menginjak dan membakar photo,
juga berorasi dengan penuh kata caci maki..
orang yang merasa paling benar kan, justru orang yang tersesat..

ijal : he..he.. emang sih kita belum tentu lebih suci dari orang yang kita hujat.. 🙂

AtA : nah itu ngerti..
emang kamu tau siapa Ibu Sri mulyani..?

ijal : enggak banyak sih..

AtA : * naruh gelas susu jahe di meja *
ku kasih tau ni ya..
prestasi beliau itu cukup membanggakan lho di dunia internasional,
beliau pernah menjadi menteri keuangan terbaik di dunia dua tahun berturut-turut..
didalam negeri beliau menteri pertama yang berani merombak birokrasi departemen-nya..
dan tau gak, Bu Sri Mulyani satu-satunya menteri yang berani mengajukan pengunduran diri waktu pemerintah akan membela seorang konglomerat yang jelas-jelas bersalah..

ijal : owh. baru tau aku..
tapi enak ya kerja di departemen keuangan, tiap hari ngitung duit..

AtA : ha..ha.. kata siapa enak..? justru dalam kondisi ekonomi nggak stabil gini, menteri keuangan adalah orang       yang paling pusing..
bu Sri Mulyani aja pernah rapat dua hari dua malam non stop, rapat itu nggak boleh berhenti karena harus memantau krisis ekonomi global..
lengah sedikit bisa bangkrut bangsa ini..
aku nggak bisa ngebayangin deh ngurusin keuangan negara, ngurus keuangan toko pupuk kecil aja kadang mumet..

ijal : seorang menteri kan orang pilihan dan pinternya pasti di atas rata-rata, tapi kok bisa bikin kesalahan fatal gitu ya..

AtA : yah..manusia nggak ada yang sempurna sob..
kamu bayangin deh apa yang harus di pikirkan menteri keuangan..
kurs mata uang, likuiditas, stimulus, neraca perdagangan dan seterusnya, semua hal itu bertentangan..
tapi beliau harus mengambil sebuah keputusan yang cepat dan tepat supaya ekonomi nasional tidak ambruk..
semua orang bisa bikin kesalahan, apalagi dalam kondisi tekanan hebat seperti itu..

ijal : aku sambil makan ya.. * KRiuk..Kriuk..!!* -suara pangsit-

Ata : ada sebuah kejadian yang mengharukan..
saat ibu kandung beliau sedang menyambut sekaratul maut karena sakit keras,
beliau tidak bisa menjenguk sedetikpun..
Bu Sri mulyani lebih memilih mencurahkan segala phikiran, tenaga dan emosinya untuk menyelamatkan ekonomi bangsa ini..
dalam hati beliau menangis untuk dua kesedihan sekaligus..
kesedihan karena Ibunda tercintanya berada di detik-detik terakhir menjelang ajal dan kesedihan melihat negara yang dicintainya melebihi apapun sedang menuju kebangkrutan..
keduanya adalah hal yang sangat penting dan membutuhkan keputusan cepat..
rupiah terus bergerak hancur dan detak jantung Ibundanya terus melemah..
dan, Ibu Sri Mulyani memilih menunggui rupiah demi nyawa jutaan orang Indonesia..

ijal : hebat ya..

Ata : aku sedih melihat orang-orang yang nggak tau apa-apa menghujat beliau..
dan hati kecilku yakin beliau tidak mengambil sepeserpun duit century..

ijal : kok bisa tau banyak gitu sih boss..?

Ata : owh kemaren baca tulisan di Jawa Pos.. 🙂
aku lebih suka baca koran daripada nonton berita TV yang sepotong-sepotong itu..

…. : JALL…!! pulang udah sore buruan mandi, awas kalo bolos TPA..!!

ijal : boss aku pulang dulu ya, dipanggil emak tuh..
mo belajar juga, besok ada ujian bahasa daerah..

Ata : ……. ……….. … ……………..

Iklan
Categories: Obrolan Ringan | 48 Komentar

Navigasi pos

48 thoughts on “kalo menilai orang, diphikir dulu kali ya…

  1. loh loh.. Ngomong ma bocah toh.. *garuk2 dengkul*


    hi..hi..hi..
    iya mbak..
    levelnya sama anak kecil.. 🙂
    ..

  2. bener Jal, salah ataupun tak bersalah kita tak boleh main hujat orang lain..

    semoga beliau senantiasa diberi kekuatan oleh Allah SWT.


    ijalnya lagi sekolah Bun..
    yang ada AtA nih…
    🙂

  3. aku setuju sama mas atta aku juga gak suka liat berita2 yg main asal menghina dan salut dech sama pemikiran bijak mas atta tapi kok ngobrolnya sama anak kecil mas


    anak kecil sekarang udah ngerti politik lho..
    si ijal udah biasa ngomongin kasus century, kasus gayus dan kasus2 lainnya..
    so jangan meremehkan anak kecil, umur nggak ngaruh..
    😛
    ..

  4. Yang pasti hujat-menghujat itu harus dihentikan. Contoh yang tidak baik bagi anak2. Bangsa yang ramah (katanya) kok jadi ganas ya?

    EM


    gara-gara berita di Tv juga sih mbak..
    rating acara berita udah mengalahkan sinetron, jadi anak-anak tontonannya berita politik..
    hi..hi..
    dan perdebatan politik bahasanya sering kasar jadi di contoh anak-anak deh..
    😦
    ..

  5. harumhutan

    ijal kecil kecil da pinter yah tta..

    atta yan9 n9ajarin ya?

    bilan9 ijal tha,kita meman9 tidak boleh menilai oran9 seenaknya,apala9i tidak tahu jelas permasalahannya

    beliau ju9a [ ibu sri] da pusin9,tapi hebat ,n9urusin ne9ara ju9a rumah tan99anya *jempol wat ibu..

    ..
    Ijal itu anak yang selalu pengen tau sekaligus sok tau..
    😀

  6. darahbiroe

    heheh bisa diambil pesan yang bermanfaat dari cerita diatas
    bener banget kita tdk boleh ngejudge orng lain seeenak dewe heheh

    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya
    salam blogger
    makasih
    😀


    Iya, lebih baik diem daripada menghujat orang..
    😉

  7. ramah dan bersahabat itu lebih indah
    berbaik sangka juga indah 🙂


    Ramah dan bersahabat itulah sifat A’ Achoey..
    😉

  8. ibarat kata baca dulu baru komentar itu lebih baik

    salam


    Kalau itu saya setuju sekali om..
    😉

  9. intinya , kalau yg asal menghujat dan menilai orang tanpa tau dgn jelas permasalahannya , sama dengan Ijal (anak kecil) ya Mas Septa heheh 😀 😀
    salam


    Wew..
    Bunda hebat banget, bisa mengambil kesimpulan seperti itu..
    Saya aja nggak kephikiran sampek segitu..
    Hi..hi..
    🙂

  10. Menghujat orang, apalagi memaki atau menduh dengan sebutan buruk, memang tidak bisa dibenarkan dengan alasan apa pun. Lagi pula, pendemo-pendemo yang seperti itu biasanya pendemo bayaran, jadi bukan murni dari hati nuraninya sendiri.

    Tentang penilaian terhadap Bu Sri Mulyani, kalau aku mah netral saja. Nggak berlebih-lebihan memuji, tapi juga nggak menghujat. Masalahnya, kalau sudah berkaitan dengan kepentingan politik, salah atau benar, buruk atau baik itu bisa dibolak-balik … *soktahu.com*


    Pendemo bayaran, ongkosnya perjam ato borongan ya..
    🙂

    Padahal saya udah berusaha netral lho, kelihatan memihak ya buk..?
    Habisnya saya suka sedih melihat seseorang yang di dzholimi..

    Ada yang bilang Politik itu abu-abu, ge je abis…
    Hi..hi..
    😀

  11. 🙂 Ata keren euy,,, cari tau dulu baru bicara…
    klo nggak ngerti mending diem aja 😀

    HIDUP!!!


    He..he..
    Keren dari hongkong..
    Ngaca dulu ah..
    ..
    Kalo gak ngerti mending diem, kalo ngerti boleh ngomong dong..
    😀

  12. Yang pastinya, menilai orang itu ngga perlu, karena pasti salah


    Bener sob…
    Jangankan Menilai orang lain, menilai diri sendiri aja masih salah…
    Hi..hi..
    Ngaca dulu kali ya..
    🙂
    ..

  13. setuju.. tapi jangan terlalu lama mikirnya…
    padahal kesan pertama itu lah yang menentukan penilaian.
    salam superhangat


    Kalo kelamaan mikirnya nilai dikurangi..
    Dan pertanyaan dilempar kelawan..
    *ini ngomongin kuis kan pak*
    😀
    ..

  14. bener tuh!
    kita sih enak, cuma nonton doang, ga ngerasain gmna jadi mereka..
    walaupun duit banyak kalo batin ga tenang, percumaa..

    yang demo-demo itu pasti ada yang berkepentingan dibelakangnya *eh* 😀

    ..
    Sama kayak suporter bola teriak goblok sama pemain yg gak bisa ngegolin.. Padahal yg teriak itu belom tentu bisa..
    🙂
    ..
    Tiap pendemo pasti punya kepentingan, kalo enggak mending tidur dirumah..
    He..he..
    😀
    ..

  15. darahbiroe

    heheh iya saya pendiam owq gak mau hujat menghujat heheh

    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya
    salam blogger
    maksih
    😀


    Cie..
    Pendiam ni ye..!
    😀

  16. Saya juga tidak suka menghujat, kita sebenarnya jga tidak tahu siapa yg salah dan yg benar

    salam 🙂

    ..
    Apapun alasannya menghujat emang gak boleh..
    Kayaknya musti dibikin undang-undang pelarangan hujat-menghujat atau UU perhujatan..
    He..he..
    ..
    Yup, salah atau benar tergantung sudut pandangnya..
    Tul gak..?
    😉
    ..

  17. Ah kau sobat, A jadi malu
    Itu kan sifatmu jua 🙂


    Ya udah A’ 2-2 aja deh, alias draw..
    *emang arsenal lawan barcelona*
    😀
    ..

  18. pemikiran yang bisaj sob 😀

    salam hangat

  19. maksud’e bijak 😳

    ..
    Kalau ngetik gak usah buru-buru nanti jarinya bisa keseleo..
    😀
    ..

  20. Dialog yang berkelas, dimanapun kita sering mendengar hal2 seperti ini tapi tidak banyak seperti ata yang sering membaca koran. Senang membaca bagus untuk ilmu pengetahuan. BTW makan pangsitnya dimana mas , jangan-jangan di mie jandanya Acoey.

    Salam kenal di tunggu kedatanganya di blog kami
    http://rumahsehatafiat.wordpress.com/


    Dialog berkelas..
    Ada kelas bisnis, executive dan ekonomi..
    He..he..
    😀

    Waduh kalau ke Mie janda kejauhan, kapan-kapan aja sekalian silaturahmi sama kang Achoey..
    😉

    Ok segera meluncur..
    ..

  21. memang sebelum memberi pendapat lebih baik mengkaji secara jelas dulu biar tidak membuat opini buruk tentang seseorang

    ..
    Aih.. Si mamah bijaksana sekali.. 🙂
    ..

  22. cerita yang inspiratif banget…
    salam kenal sobat..


    Syukur deh kalo menginspirasi..
    😉
    Salam kenal juga, thanks kunjungannya..
    🙂
    ..

  23. hehehe….

    suka skali yaa bikin tulisan yang bentuknya kayak gini…

    ehh,,btw dipanggil apa nih??
    agak2 enak kalo nge-comment gak nyebut nama..
    AtA??boleh??
    hehehe..

    jadi inget nasihat om saya kalo saya lagi muji2 org yg ngomongnya hebat dan wawasannya luas…pasti ada dialog gini :

    om : nah, cik…menurut kamu dia bisa kayak gitu karna ap??

    sy : banyak baca dehh om kayaknya..

    om : makanya, kalo mau banyak tahu, mesti banyak baca…

    [gak penting yaah,,hihihi]


    Soal bentuk tulisan sih ganti-ganti tergantung abis makan apa..
    Hi..hi..
    Gak ada hubungannya ya.. 🙂

    Mo panggil septa, Ata, A-chan..
    Terserah,tinggal pilih.. 😉

    Tapi yang jelas aku lebih muda dari om kamu kan..
    😛

  24. ga semua orang dapat dinilai dari luarnya saja..,

    ..
    Kalo dibuka dalemannya malu dong…
    😀

  25. uenak banget tuch obrolan,,


    Emang maknyuss.. kalau pake’ sambel dan kerupuk udang..
    *ini ngomongin rawon kan*
    😀

  26. ngobrol apa aja kalo di warung enak,,,


    Asal jangan ngomongin penjualnya..
    Bisa dilempar piring ntar..
    😀

  27. owhhh,,gitu…hehe

    iya sih…

    bikin tulisan emang musti tergantung muud…

    manggil Septa aja yaa…

    sy blm punya teman yg namanya Septa..hehehe

    ..
    Saya kalo nulis gak pernah ngemuud-ngemuud…
    Tapi ngiseep-ngiseep hot coklat..
    😛

    Yup, saya jamin anda tidak menyesal punya teman Septa..
    Garansi seumur hidup, kalo rusak boleh ditukar…
    *ini ngomongin kredit panci kan*
    ..

  28. Mbah Jiwo

    pelajaran moral yg sangat berharga, merenung2…

    salam kenal dan salam hangat dari MALANG


    Jangan kebanyakan merenung Mbah..
    Itu jemurannya diangkat dulu, mau ujan..
    😀
    ..
    -salam satu jiwa Indonesia-
    ..

  29. setubuhhhhh… ^^
    agak2 miris juga neliat oarang-orang demo pake ngebakar2 or nginjek2 poto orang. kan nggak harus gitu caranya demo

    btw, pesen susu jahenya satu ya mang..!! 😛


    Aih.. Maen setubuh aja nih..
    Sama guling tuh.. 😛

    Yup, demo yang baik dan benar contohnya ialah Farah Queen..
    Eh.. itu demo masak ya..
    😀
    ..
    Pabrik susu kok pesen susu..
    😛
    Ha..ha..ha..
    ..

  30. setuju banget mas…selamat sore….


    Setuju bakar-bakar photo ato setuju pesan mie pangsit..?
    Mie aja kali ya..
    *dilempar sandal sama farus*
    😀
    ..

  31. Saya lebih suka baca artikel di media, seperti Kompas. Kompas akan menyajikan berita yang seimbang, dari yang pro maupun kontra…dan kita akan bisa menilai, mana yang benar.
    Di TV lebih banyak opininya….dan terkadang hanya sepotong-sepotong…

    Sepakat Septa..jangan mudah menunjuk orang sebelum kita memahaminya..juga apakah kita memang sudah bersih?


    Dunia politik kayaknya akan
    Selamanya seperti itu ya Buk..
    Kadang saya gak pernah menganggap serius berita-berita itu..
    Cuman sebagai bahan obrolan ringan saja..
    🙂
    ..

  32. yg mengujat itu memang yg tidak tau apa² aslinya..
    yg mengujat itu hanya orang yg ngiri…
    yg mengujat itu hanya seorang pecundang memanfaatkan situasi masyarkat yg sedang panas oleh berita…
    semoga semuanya bisa di atasi sama bu sri ya sob..amin

    salam, ^_^

    ..
    Penghujat tidak tahu apa-apa # iya sok tau emang..

    Penghujat orang ngiri # plus dengki..

    Penghujat itu pecundang # setuju, sekaligus kreatif…

    😀

  33. Met pagi Ata…

    Tapi aku tidak menghujat lho, bulan kemaren beliau berkunjung ke kampusku , dan biasa anak” ada yang pro dan kontra

    tapi menurut aku, menghujat tetap tidak boleh! Belum tentu kita lebih baik dari orang yang kita hujat 🙂


    Aku percaya kok, kalo Ara nggak suka menghujat tapi sukanya memanjat.. 😛
    ..

  34. Dahsyat 🙂


    Dahsat..?
    Kayak acara musik di RCTI A’..
    Yang ada olga-nya..
    Hi..hi..
    😀

  35. wah, hebay bos


    Hebay itu sodara tirinya lebay ya..
    😀

  36. kalau mau menilai orang hendaknya berpandangan positif,insya Allah gak ada orang yg marah jika dinilai positif 🙂

    semua manusia punya kelebihan dan kekurangan,dan kita dilarang membicarakan kekurangan / keburukan orang lain (ghibah) meskipun itu benar (apalagi gak benar namanya fitnah)


    Wah bijak sekali nih ustadz didot 🙂
    Makasih masukannya ustadz 😉

  37. Update lagi dong 🙂

    ..
    InsyaAllah secepatnya A’ nunggu waktu senggang..
    😉
    ..

  38. iya, aku aja mikir ni kasus century absurd banget. kayaknya kok ya bodoh kalo main nyalahin, karena apa yg kita lihat di TV kan belum tentu sesuai kenyataannya.
    Seandainya ternyata memang benar bersalah, kayaknya nggak mesti segitunya. belum tentu kalo yg demo itu jadi pejabat dia nggak akan korupsi…


    benar Mer, hanya karena yang menghujat itu gak punya kesempatan korupsi aja.. 🙂
    ..

  39. tetapi terkadang berita di TV mirip infotaimen…. berita mana yang paling hot, itu yang terus-terusan diulas dan ditampilkan. seakan media berpihak pada salah satu pihak…
    haaaaaah. bingung ah 😀

    apa kabar mase???


    hi..hi..
    ketahuan nih pemerhati infotaimen.. ;P
    kabar baek Nur, semoga kamu juga sehat..
    ..

  40. positif thinking itu menghemat energi kita 🙂


    yup, tapi jangan terlalu percaya juga kali ya..
    🙂
    ..

  41. Wah…. jadi begitu kah Sri Mulyani..? Baru tahu saya…


    saya taunya juga dari koran sob, belum pernah ketemu..
    he..he.. 🙂
    ..

  42. waduh dipanggil ustadz ,berat bener….

    dipanggil mas aja lah mas septa,ustadz itu kesannya gimana gitu berat banget,hehehe… malu ah baca quran aja masih terbata2 nih baru lulus iqro 😀


    wah keberatan yah..?
    ntar aku bantu ngangkatnya deh..
    berapa kilo sih..?
    he..he..
    aku panggil Brodot aja ya, singkatan Brother Didot..
    😉
    ..

  43. Kesimpulannya …

    Ijal itu sama saja dengan “xx…xx””
    or …

    “xx..xx”. itu sama saja dengan Ijal …

  44. Ian

    yupz, beliau tetap bertahan meski diserang terus 😉

  45. Aku termasuk orang yang males banget liat berita di TV yang sepotong-potong…
    tapi emang paling susah sih, mengerem dan megendalikan mulut sendiri… aku masih terus belajar unutk nggak gampang menghakimi orang lain. Dalam hati sih masih ada lah terpikir, tapi tetep mengusahakan untuk nggak keluar dari mulut. kalau salah omong kan malu sendiri…

  46. itulah mas.
    saya skrg jd makin sering no comment atas semua kasus century ini
    isinya banyakan menghujat mereka, udah kayak pada tahu aja titik permasalahannya.

    saya masih sangat berharap banyak Sri Mulyani bisa sabar atas cobaan ini.

    kadang saya mikir, mungkin sang penghujat2 itu 10-20 tahun lagi bakal tahu berapa berharganya orang bernama Sri Mulyani ini, mungkin hanya waktu yang yg bisa ngebuktiin kapabilitas dan pengorbanan beliau.

  47. kalau menghujat orang itu memang paling gampang. kebanyakan orang mungkin lebih mudah ikut suara terbanyak aja kali ya. kalo aku sih no comment deh. wong nggak tahu mana yg bener dan mana yg salah, nggak tahu duduk perkaranya. beritanya terlalu simpang siur mnrtku… jadi ya, lebih baik jadi pengamat, tp nggak usah omong banyak hehe

  48. Biar saja waktu yg akan menjawab gt kali y?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: