Rumitnya menjadi Sederhana..

Hidup sebenarnya sederhana kalo kita membuatnya sederhana..
dan hidup akan jadi rumit kalo kita membuatnya rumit..
tentu saja ku ingin menata hidup dengan sederhana saja..
tapi, kok rumit banget ya menjadi sederhana..??
wa..ha..ha..ha…
jadi pengen jungkir balik nih.. 🙂

mungkin banyak yang bertanya-tanya..
“udah gila kali’ nih orang”
tenang-tenang, aku baik-baik saja..
meski kadang rutinitas seperti racun yang membuat otakku lupa akan waktu..
dan otomatis menjauhkanku dari kehidupan sosial, baik dunia nyata, duni maya ataupun dunia gaib..
hi..hi..hi…
tapi aku percaya Tuhan punya rencana di balik ini semua..
meski banyak rencana-NYA yang di sembunyikan dariku..
aih..!! maaf kalo aku tidak sopan pada-MU Tuhan..
diri manusiaku memang suka nakal dan bandel..
tapi bukankah itu yang selalu membuatku kembali pulang..?
saat ENGKAU menjewer telingaku karena terlalu asik bermain diluar..
hah.. aku kangen dengan pelukan-MU yang hangat itu..

***

sampai di sini kok nggak nyambung sama judulnya ya..
haiyah..!! nggak usah di bikin rumit, pokoknya hajar Bleh..

dulu almarhum kakekku pernah memberiku nasehat tentang hidup..
“hidup harus selalu eling”
artinya hidup harus dengan kesadaran tak sampe’ kebablasan..

kadang rutinitas melenakan kesadaran akan hidup
bagaikan berlari kencang mengejar keinginan..
dan tak menghiraukan kiri kanan bahkan melewatkan pemandangan indah di sekitar..

” Nang, Hati-hati.. kesuksesan kadang bisa menjauhkanmu dari kearifan..
harta kadang bisa membuatmu sombong..
wanita pun kadang bisa membutakan matamu..
jangan merasa diri paling benar kadang itu bisa menyesatkanmu..
eling..dan teruslah eling akan hidupmu..”

# Ket: Nang = cucu Lanang / cucu laki-laki
percakapan di atas pake’ bhs djawa, tentunya sudah kuterjemahkan dengan susah payah..
hi..hi..

mungkin intinya yang ada di dunia ini nggak abadi hanya fana, blackberry, laptop, motor, mobil, rumah, anak istri, suami, pacar, kekasih, kucing peliharaan…
semua itu hanya titipan..
tapi ada sesuatu dalam diri ini yang akan abadi walau tubuh ini mati…
bener nggak ya..?
huff.. pokoknya sampai saat ini ngertinya cuman itu..
kan nggak boleh merasa benar..
hi..hi..

bego’..!!
tapi gak papa deh kebegoan adalah hal yang manusiawi bagi orang yang masih dalam tahap pembelajaran seperti aku ini..
kadang kebegoan menawarkan ilmu-ilmu yang tersirat, tinggal gimana kita mau mengambil pembelajaran atau tidak..
tul gak..??

semoga banyak yang mengerti dan tercerahkan setelah membaca tulisan ini..
bagi yang tercerhakan berarti anda berwawasan spiritual tinggi dan berintuisi tajam..
bagi pembaca yang belom mengerti silahkan di baca ulang..
kalo sudah di baca sampek 10 kali tetap belom paham, berarti waktu sekolah anda suka melamun di kelas..
hi..hi..hi..

selamat menikmati hidup..!!

ps:

Iklan
Categories: iNspirAsi | 44 Komentar

Navigasi pos

44 thoughts on “Rumitnya menjadi Sederhana..

  1. antara ngerti dan bingung 😀
    lah piye iku mas??

    pokoknye, jd orang mesti eling ye… 🙂

    aq kira sampeyan berubah nama jadi nanang 😀


    berarti waktu sekolah, di kelas ngelamunnya kadang-kadang aja..
    hi..hi..

    emangnya nanang hermansyah 😛
    hek..hek..hek..
    🙂

  2. menyampaikan sesuatu yang rumit dengan cara sederhana, hanya orang jenius yang bisa.

    Ata ud jadi jenius itu.
    Pagiiii Ata..!


    hi..hi..
    semoga kepalaku nggak jadi gede di puji Bundo..
    🙂

    selamat pagi juga Bundo sayaang…!!
    ..

  3. wow… emang kadang kita maunya sederhana, tapi sekeliling kita membuatnya jadi rumit loh…

    dan meskipun kita selalu bilang EGP…. akhir-akhirnya akan kepikiran juga

    gitu kan yang mau disampaikan? hihihi

    EM


    sebenarnya ini tentang melihat ke dalam diri mbak, bukan ke sekitar kita..
    tapi pendapat Mbak Imel nyambung juga sih..
    🙂

  4. kadang memang kesederhanaan yg ingin kita capai dlm pengerjaan atau pencapaiannya malah menjadi rumit, mungkin disini diperlukan selalu mawas diri dan tafakur yang sering ya Mas Septa 🙂
    salam.


    baik bunda..
    nasehat bunda, akan selalu kuingat..
    😉

  5. yapz,simple is the best ta!

    jan9an dibuat rumit semuanya..

    terkadan9 manusia itu sendiri yan9 membuat rumit

    kita serin9kali menin99alkanNYA
    tapi DIA selalu ada untuk kita
    dan selalu memaafkan untuk smua kenakalan2 yan9 diperbuat..

    sian9 atta.. 🙂


    Wah, sama dong…
    Maunya yg sederhana saja.. 🙂
    ..
    DIA selalu ada itu pasti, cuman manusianya aja yg suka menjauh..
    🙂

    Happy weekend wi3nd..
    ..

  6. sak bejo bejo ne wong sing eling,,, luwih bejo wong sing eling lan waspada :mrgreen:

    HIDUP!!! ^_^


    Eling lan waspada…
    Artinya…?
    ..

  7. wah, menjadikan hidup menjadi sederhana? ini bukan perkara sederhana, karena kadang pikiran kita tidak sederhana. hihihi. tapi memang begitu sih seharusnya ya. karena sebenarnya hidup itu mudah, karena toh intinya tidak ada yg abadi di dunia ini. semua bagaikan uap, yang sebentar kelihatan lalu lenyap. (haiyah, sok puitis.) tapi tulisanmu ini mengingatkanku supaya menyederhanakan hidup. well, tidak mudah sih. tapi hidup akan lebih ringan kalau kita mikirnya nggak rumit2 ya


    Mantab..mantab..
    Aku suka pendapatnya mbak Kris..
    😉

  8. hmmm… bagi kita orang2 yang baru mengenal kehidupan hidup itu memang rumit. Karena belum mengenal cara yang sederhana untuk menyederhanakannya.
    Smoga kamu sudah mendapatkan caranya, klo dah punya jangan lupa bagi2 tips-nya! hehehe


    Mungkin rumusnya keseimbangan hubungan horizontal dan vertikal..
    ..
    Sayangnya aku masih cenderung berat ke horizontal..
    He..he..
    🙂
    ..

  9. Hidup memang tak sederhana Septa, walau terkadang kita memandang kehidupan orang lain terlihat sederhana.
    Namun, kita juga jangan terlalu pusing memikirkan keruwetan..tapi bagaimana agar kita bisa hidup sederhana, mencukupi kehidupan sehari-hari dan berbuat baik bagi sesama.


    Terimakasih masukannya buk..
    Sangat mencerahkan saya..

  10. mencerahkan banget Ata… hidup begitu rumit untuk dijalani secara sederhana, tapi kita jalani saja buktinya bisa sejalan dan selaras ya kan…


    Aih.. Seneng deh Akhirnya ada yg tercerahkan..
    Hi…hi…
    Tos dulu buat mamah aline..
    🙂
    ..

  11. Soal yang susah akan jadi mudah ngerjakannya kalo uda tau rumusnya dan sering latian ngerjakan soal.

    :mrgreen:


    Nah itu dia rumusnya aja lom ketemu Dik..
    He..he..
    😀

  12. ahhh ngerti2..bukan karena saya ber-‘spiritual tinggi dan berintuisi tajam.’ sih..tapi seperti mas septa bilang ‘hadapi dunia dengan senyuman’…terserahlah..yang mau rumit, rumit aja 😀


    Ha..ha..ha…
    Benar juga, hadapi tantangan hidup dengan senyuman..
    🙂

  13. wah, mantap sobat

    saya pakai konsep sederhana pula tuk jalani hidup ini
    maklum saya kan sang sahaja 🙂


    Aku juga pengen seperti kang achoey..
    Menjadi manusia yg bersahaja..
    😉

  14. brkunjung aja ya mas soalnya dikjar waktu nih hehehehehe

    salam hangat selalu dan maaf baru berkomentar lagi…

    salam hangat selalu


    Alow sobat…
    Thanks ya udah disempatin mampir.. 🙂
    Salam hangat selalu..

  15. emmychen

    aduh ini postingnya bikin pusing..bener2 dibikin rumit! hahaha spertinya sedang mencari pendalaman jiwa dan jati diri ya? 🙂 tapi bener kok.. kadang manusia tuh kebanyakan mikir.. smuaaa dijadiin problem.. if we just take it easy and enjoy and let it go with the glow.. pasti hidup akan terasa lebih indah..

    met kenal yaa 🙂


    Bener juga, kadang manusia emang kebanyakan mikir..
    Tp no action..
    Hi..hi..
    Salam kenal juga, terimakasih udah berkunjung..
    Kok gak ninggalin link sih?

  16. sip mas kabeh iku mek titipan thok
    🙂


    Iyo, cuman numpang lewat..
    Itu pun cuman sebentar..
    😉

  17. segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik… seperti yang kakeknya nasehatkan…


    Sama kayak makan pake’ saus sambel berlebihan..
    Bisa mules2..
    Hak..hak..
    Saus sambel lho, bukan saus kecap..
    🙂

  18. hidup dengan sederhana,
    hidup terasa lebih mudah


    Tapi sayangnya gak semua orang mau hidup sederhana, maunya yg berlebih..
    🙂

    Apa kabar sob, smoga baek2 saja..

  19. karna masih ngantuk apa yah aku lom ngerti maksud cerita ini hehehehe
    kunjungan pagi
    coment nya nanti aja yah mas 🙂


    Kok masih ngantuk, abis begadang ya..?
    Thanks udah nyempatin mampir..
    🙂

  20. hellgalicious

    kalo menurut gue hidup itu dibikin enjoy aja
    gausah terlalu dibikin rumit

    karena hidup cuma sekali


    Enak tuh yg sedang-sedang saja sob, gak terlalu nyantai tp juga nggak terlalu serius…
    He..he..
    😀

  21. well, aku gak pingin jadi sederhana. Aku ingin jadi “besar” dan tidak terlupakan 🙂
    walau bukan berarti kesederhanaan itu gak bagus. kadang orang yang bahagia adalah orang yang sederhana.


    Mantab Mer..
    Meski kedua-duanya sulit diraih..
    😉

  22. ehmmm…

    *komentarnya sederhana aja :D*


    Ceile..!
    Sakit gigi buk…??

  23. hidup sederhana dan mulia sob… intinya bersyukur aja deh hehehe..
    pakabar septa?

    salam, ^_^


    He..he…
    Kabar baek sob, semoga ente juga..

  24. jujur gw sampe narik nafas panjang sob baca ini gw amat sagat seruju sam nasehat Alm Kakek lw sebuah petuah bijak yang terkadang sulit untuk dilaksanakan 😀

    salam hangat


    Orang yg udah banyak makan asam garam kehidupan nasehatnya emang dahsat..
    Dan untuk menyerap nasehatnya kadang butuh waktu..
    🙂

  25. Yup, emang hidup terkadang nggak sesederhana yg dipikirin.


    Iya, butuh rumus agar menjadi mudah menjalaninya..
    🙂

  26. Iya, banyak tuh buku2 yang bilangnya membuat semua jadi simpel.
    tapi emang kita kagak nyadar kalo mencoba menyederhanakan ternyata emang susah yak ^_^


    Iya sob emang agak susah, tp gak boleh menyerah untuk berusaha..
    😉

  27. Hmm, 🙂 awal2 bingung bcx, v pas udah dibc berulang2, Alhamdulilah udah ngeh 😀 hehehe* dan sy sepakat bgt tuh, segala sesuatu emang ga boleh berlebihan, u/k smentara poin ini aja yg bnr2 nangkep, hehe*


    Syukur deh akhirnya dapet pesannya..
    ..
    Makasih ya udah mau baca..
    😉

  28. untuk menyederhanakannya tinggal disamakan penyebutnya hehehhe

  29. 😀 terkadang saya juga mengalami yang begitu 😀

    salam adem ayem

    ..
    Mungkin semua orang pernah mengalami..
    Makasih udah mampir..
    Salam..
    ..

  30. manaaaa postingan barunya septa….
    QK menanti… 😀

    HIDUP!!! ^_^


    Sorry masih sibuk nih, mungkin weekend baru bisa nulis..
    Sabar ya ka..
    😉

  31. Kebetulan aku sedang bt nih, jadi cerah setelah baca ini deh

    untuk sementara aku tinggal di rumah ini ata, coz rumahku masih blm bener


    Syukur deh gak tambah pusing baca tulisanku..
    🙂

    Owh balik lg kerumah lama..
    Yang gratisan memang lebih nyaman kok Ra..
    😉

  32. Treante

    sumpah keren 😀

    ..
    Ya pastilah..
    Ha..ha..
    Thanks ya..
    🙂
    ..

  33. Menjadi sederhana memang sulit tapi kita bisa kok mencoba.


    Yup teteup berusaha untuk yg terbaik..
    😉

  34. ah sobat
    A biasa2 aja
    🙂


    Ha..ha..
    Akang nih masih merendah aja..
    🙂
    ..

  35. biar susah tapi nikmatnya hidup sederhana menggantikan semua itu 🙂 yakin aja klo kesederhanaan lebih baik daripada berlebih

    semangat!!

  36. Cita-cita saya nih : hidup sederhana. Punya rumah sederhana di Pantai Indah Kapuk, punya mobil sederhana merek mercy, punya nilai tabungan sederhana di bank sekian juta dolar, punya penghasilan sederhana dari usaha & investasi sekian ratus juta sebulan..dll. Semua cita-cita sederhana saya itu sedang dalam diperjuangkan. 🙂

  37. kesuksesan, jabatan, harta, wanita, akan menjadi penolong yang abadi apabila dipergunakan dengan sebaik2nya, dan dijalan Tuhan

  38. sederhana itu kadang menjadi rumit juga

  39. wah, judul tulisanmu ini bikin mikir je….
    Sederhana menurut kita, belum tentu menurut orang lain.

    menjalani hidup dengan sederhana ternyata nggak sesederhana yang diangankan dan dibicarakan…banyak faktor luar yang membuat hidup kita ini kadang rumit, kadang njlimet…

  40. kunjungan sore sob…jarang apdet skerang euy…lagi sibuk sama bisnisnya ya?
    salam buat semuanya

  41. hidup kesederhanaan dan hidup selalu bersyukur…

  42. sederhana dan bersahaja :’)

  43. Intinya, tetaplah menikmati hidup. 🙂

  44. Tulisan bagus..
    Kearifan yg terlupakan di zaman ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: