tak ada Hitam yang ada putih dan abu-abu

Guruku..pengajarku..pahlawanku..
temanku..sahabatku..tempat berbagiku..
bangku dan mejaku..papan tulis sekolahanku..ilmuku..
penaku..buku tulisku..catatanku..
seragamku..putih abu-abuku..masa mudaku..
nakalku..ketololanku..hitamku..
impianku..cita-citaku..harapanku..
kisahku..cintaku..kenanganku..cihuiyy..
tapi sorry ini bukan kisah cinta lho..

abu-abu putih

beberapa waktu yang lalu di suatu sore yang panas, bersama seorang teman
aku iseng maen ke bekas sekolahanku dulu
[bekas..! berarti udah digusur dong Ta..?]
mantan sekolahanku dulu…[mantan..!! udah lama putusnya..? ]
duh kok ribet ya, SMAKU tercinta deh..
sebuah tempat sakral terletak di jalan kediri depan masjid A’ nur , sebelah stadion candabirawa dan disamping hotel surya
setelah basa-basi dikit dengan penjaga sekolah namanya mas suparno,
biasa dipanggil mas parNo
[bukan karena suka make’ narkoba lho, kalo itu mah paranoid hehe..]
kami langsung menuju ketempat favorit semua siswa.. yaitu “kantin”
dan sialnya kantin udah pada tutup
hanya tinggal seorang ibu-ibu sedang membereskan sisa daganganya
sejenak ku mengingat-ingat sepertinya aku mengenal ibu itu
” bik Ri ya..? ” ku menebak-nebak..
” iya, siapa ya..? ”
” aku Ata Bik, dulu sekolah disini…yang suka nitip rokok..masak udah lupa..? ”
[ rokok adalah barang haram disekolahan, dan hanya bisa diselundupkan oleh
orang dalam salah satunya ialah bik Ri…jadi jasanya cukup besar dalam
menjerumuskan para siswa geblek, keq aku ini hahaha…]
” owh iya-iya ” bik Ri manggut-manggut persis burung bangau matok ikan😛
” masih ingetkan..? ”
” iya yang temennya si Ani kan ”
[ani..oh aniii..-rhoma irama played-]
the story of Ani:
si Ani ialah putri bungsu bik Ri dan dia adalah Dian sastronya SMAku
okey aku kasih gambarannya yah, rambutnya panjang lurus dengan poni belah samping kulitnya putih bersih, wajahnya cantik, mungkin manis adalah kata yang tepat karena gak akan bosen ngelihatnya.. lehernya jenjang, bodinya wiuw, dadanya… STOP-STOP..!!
kok rekaman otakku jadi yang enggak-enggak sih, dasar otak cowok fiktor mulu..
singkatnya nilai si Ani 8 dari 10 dan semua cowok SMA ku ngejar-ngejar dia
paling enggak pasti naksir dia, kecuali aku sih [ani.. gakpenting banget]
soalnya aku berphikir realistis peluangku sangat kecil hahaha..tetapi..
tentu saja kalau dengan klausula si ani naksir duluan sama aku,
pasti kuterima dengan lapang dada hihihi
kembali ke bik Ri..
” si Ani apa kabarnya Bik..? ”
” baek.”
” sekarang dia dimana..? ”
” ada.”
[ busyet singkat banget sih jawabanya ]

” si ani udah punya pacar atau udah nikah, kalu udah nikah suaminya siapa,
punya anak berapa, siapa nama anaknya, umur berapa dan sekolah dimana..?????? ”
[ jurus pertanyaan combo ]

” single tuh ” jawab bik Ri dengan muka datar

” masak sih bik, gak percaya ah.. Ani kan cantik masak belom punya gandengan
apa dia sibuk kerja, sibuk mengejar karir sampek gak sempat mikir cari pasangan,
memang dia kerja dimana, bagian apa,jabatanya apa..
atau mungkin sibuk ngambil S2 ya dan kepengen jadi doktor..????? ”
[ pertanyaan double combo ]

” dirumah aja tuh ” jawab bik Ri, masih tetap dengan muka datar
pandanganku mulai kabur, melihat bangu-bangku kantin menjadi datar
melihat onde-onde datar, datar gulung, roti isi datar, krupuk datar, emping datar
donat datar, jus datar, datar tak dijemput pulang tak di datar hehehe..

” kok bik Ri masih inget aku sih..? ”
” ya inget lah, dulu kan suka ngutang, suka maksa nitip rokok, suka bolos pelajaran
trus ngumpet dibelakang warung, suka lari kejar-kejaran sama pak Mono guru BP setelah ketahuan ngerokok.. pokoknya yang bandel-bandel pasti paling mudah diinget..”
[ternyata kalau ganti topik bisa jawab panjang juga nih orang, tapi tetep aja ekspresinya datar]
setelah beberapa lama ngobrol, kami memutuskan cabut karena udah mulai gelap

matahari senja mulai tergelincir di ufuk barat
burung-burung gereja yang bersarang di aula sekolah berkicau rame sekali
berebut tempat paling hangat dilubang-lubang ventilasi
kami berjalan dibawah pohon besar di samping lapangan basket
daun-daunnya meranggas dan berguguran
angin kering di akhir bulan juli menerbangkan beberapa daun kering
mengotori sebagian teras kelas..
aku pun iseng melongok kelasku dulu
deretan bangku, meja dan papan tulis diam membisu dalam keremangan senja
dengan lirih hampir berbisik kusapa mereka
ingatanku terbang kemasa lalu, masih jelas dalam ingatan
dalam dinginnya pagi tergesa-gesa menyalin PR teman atau
buru-buru bikin catatan kecil alias contekan saat mendadak diberitau bakal ulangan
riuhnya kelas saat jam kosong
berisiknya jam istirahat
ramai dan kacaunya bubaran sekolah
juga wajah-wajah para pahlawan tanpa tanda jasa
semuanya masih jelas..
sebuah cerminan masa remaja yang indah dan masa muda yang bahagia
hal itu tidak akan tergantikan oleh apapun
saat dulu aku pernah bego dan tolol, selalu mencoba hal-hal baru
suka menantang bahaya dan rebel
[ pernah ikut tawuran gak Ta..?? ]
aku gak pernah ikut tawuran karena benci dengan kekerasan
dari kecilpun udah diajarin ortu kalau setiap masalah tidak harus diselesaikan
dengan otot
tapi jadi korban pengeroyokan pernah sih, sampek muka bonyok-bonyok hehe..

masa itu adalah masa belajar, melihat dan mengenal dunia
yang nantinya menjadi pijakan untuk menentukan arah hidup
jadi kesimpulanku gak ada yang salah dengan masa-masa itu
gak ada hitam yang ada putih dan abu-abu..
Categories: iNspirAsi | 22 Komentar

Navigasi pos

22 thoughts on “tak ada Hitam yang ada putih dan abu-abu

  1. duuuh … kenangan masa SMA ya…
    penuh dgn romantika ya…
    _salam anget_

    romantika sma hehe, kesannya kok djadoel ya hihi..
    -salam anget-

  2. narpen

    hahaha, nostalgia ke SMA ya..
    parah juga nyelundupin rokok, ckckck…
    Sekarang udah sadar belum?😀

    nakal sih tetep, ngerokoknya udah lama berhenti..

  3. gw gak pernah sekolah, jadi nggak punya cerita2 gt huahahah

    oh ya bro, link gw di update yah…niy link blog baru
    thanks

    haiyah keqnya lu pernah crita tentang cucak rowo lu yg dilihat guru bp..
    Iya kan…?

  4. kenapa ya Bik Ri mukanya datar tiap ditanyain ttg Ani..? mungkin Bik Ri khawatir klo Septa ngelamar Ani.. hehhhe

    hahaha iya kali’😀

  5. Masalah siswa yg merokok dari dulu sampe sekarang ga ada habisnya😀

    wajar sih abg pengen mencoba sesuatu yg baru..
    Biasanya cuman gengsi dan dibilang asik didepan teman..

  6. Hihi.., suka ngerokok ya? Tapi sekarang dah nggak kan? Btw rasanya baru kemaren aku sekolah ya, jadi ingat guru” ku yang sayangi aku..

    Alhamdulillah agustus ini sudah 11bulan ku berhenti merokok..;-)

  7. hehehe
    masa esemA emang asyik ya
    terus gimana cerita tentang Si Ani
    koq ga ada kelanjutnya Ta…?

    pas sma gak begitu deket sih sama si Ani..🙂

  8. Dedi Suparman

    waw………………waw………………wawa
    ‘https://mp3gratisanbaru.wordpress.com’

  9. wahH…
    crtanya Lucu…
    kLo skrg maH d smansa gk perLu nitip2 gtu rokoknya…
    bwa aj udah aman..😀
    bik ri itu yg pnya kntin sbLh mna mas??
    aq sekoLah dsna dr masuk smpe LuLus gk tw nama2 yg pnya kntin…
    hwahahahahaha…

    hai yoggi, satu guru satu ilmu rupanya kita hehe..😀

  10. Owhh… Septa tu nakal ya? Ckckckck…. Coba tanya soal Ani sama Mbah Google, Ta, pasti jawabannya ga datar lah, paling rada ngaco… Hehehe…😀

    dulu sih emang nakal.. Sekarang, masih tetep.. Hahaha…

  11. guskar

    cerita di sma mmg kagak ada matinye…semakin dikenang semakin membuat rindu kembali ke masa silam…🙂

    iya, betul sekali kang..

  12. masa lalu selalu indah dikenang…..:)

    yup memang..

  13. masa-masa paling indah adalah masa SMA
    trimakasi septa… engkau sahabat Q yg baik juga🙂

    terimakasih buat apa nih..??

  14. Masa SMA..pasti banyak kenangannya ya sob..??
    kartunnya bagus, coba bikin komik aja sob..

    salam, ^_^

    ini masih coba2 bikin kartun..

  15. Aku dulu gak pernah SMA, tapi STM,😆

    Salam KBM

    salam KBM apa tuh..?

  16. soyjoy76

    Cerita tentang si Ani nggantung, mas. Apakah mas Ata punya hutang sama dia? Apakah mas Ata pernah ngecewain dia sehingga muka Bik Ri datar aja? Apakah mas Ata mau minta pertanggung jawabannya? Apakah mas Ata mau melamar Ani? [pertanyaan combo abiss…]

    Salam kenal, mas..

    waduh mampus deh kena pertanyaan combo..
    Salam kenal juga, kok gak ninggalin link ya..?

  17. HHmm….kisah yang penuh dengan kenangan yawh Mas hohohoho….
    Jadi pengen balik ke masa itu nich….

  18. na trus si ani kemana bro????tanyain lagi dong, salam ya buat si ani…wakakaka

  19. KangBoed

    MARI KITA MULAI DARI MEMBENTUK DIRI KITA MASING MASING AGAR MENJADI MANUSIA SEUTUHNYA DAN MULAI BERBAGI DENGAN SESAMA

    SALAM CINTA DAMAI DAN KASIH SAYANG ‘TUK SAHABATKU TERSAYANG

    I LOVE YOU PHUUUUUUULLLLLLLLLLLLL

  20. Nakalku… ketololanku..hitamku ..🙂

    “Jadi inget masa2ku dulu nich😀

    Salam🙂

  21. wuih.. jd inget masa2 sma, jaman2 kejayaan dulu
    dan tetep ya gebetan selalu jadi topik yg menarik
    eh, tapi kok nyebut2 namaku sih, dian sastro hehehe…

  22. abu2 putih dan merah jambu. wkwkwk.
    eh, masa belajar gak hanya masa itu tho v^^ , sampai mati..

    smoga istiqomah gak ngerokok..😀

    chayoo!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: