kuhadapi dunia dengan SENYUM #part I

minnesotasiapa sangka seorang anak guru SD sepertiku bisa kuliah ke Amerika
enggak ada yang nyangka kalau aku lahir dan besar di sebuah desa kecil
di lereng gunung kelud
kadang aku sendiri juga tidak menyangka bakalan tinggal di negeri paman Sam

agaknya, aku benar-bener telah jatuh hati dengan negeri itu
semua bintang film idolaku tinggal di sana
dari tom hanks, johny deep juga om denzel washington.

lucunya sebelum aku berangkat banyak sekali wawasan sepele
yang aku pelajari tentang ke amerikaan
selain membaca buku-buku teori ekonomi bahan kuliah jurusan yang kuambil
aku juga mencari informasi paling update yang sedang heboh di bicarakan
orang di amrik mulai masalah resesi,global warming,
gosip-gosip artis hollywood, bintang-bintang NBA, sampai kepindahan
david beckham dari LA galaxi ke Ac Milan

tapi kalo dipikhir-phikir gak ada salahnya sih
toh kini olahragawan tak ubahnya seorang selebritas
dan sport sudah menjadi sebuah industri dengan perputaran uang
miliaran dolar
tak salah kalau mereka juga jadi bintang diluar lapangan
dengan gaji miliaran rupiah perpekan mereka adalah incaran
para wanita yg mau jadi waxs
poster di dinding kamarku pun seorang super star NBA
asal klub LA lakers Kobe “the wonder kid” Bryant

aku tak mau terjadi hal-hal yang memalukan disana nanti
aku benar-benar takut dan cemas itu bakal terjadi
banyak-banyak kubaca pengalaman orang-orang Indonesia
saat kuliah di negara liberal itu
mulai dari makanan hehehe….urusan perut itu nomor satu
lingkungan tempat tinggal, alat transportasi,
sampai tempat-tempat belanja

tak ketinggalan masalah cuaca dan bagaimana persiapan
menyambut musim dingin
semuanya kupelajari dengan teliti dan seksama

sejak kecil aku sudah di didik oleh Ibu untuk tidak
pernah menyerah oleh keadaan
hadapi dunia dengan tersenyum kata-kata itu selalu terngiang

*

Ibuku adalah seorang guru SD INPRES di desaku
ibu amat keras kalau soal pendidikan
beliau punya pendapat bangsa ini akan maju kalau semua
rakyatnya berpendidikan dan cerdas

dulu aku suka iri melihat teman sebaya yang bisa bermain
sepulang sekolah,sedangkan aku diwajibkan tidur siang
dan malamnya harus belajar dengan pengawasannya

tapi sekarang aku bersyukur Ibu telah mendidikku dengan keras
waktu kecil dulu
meskipun dulu terasa pahit sekarang kurasakan manisnya
coba kalau Ibu tidak begitu
mungkin takkan kudapatkan beasiswa untuk kuliah di
UNIVERSITY OF MINNESOTA
um_northrop-mall

lewat pak Riyanto lah aku mendapat informasi beasiswa
strata dua ke amerika
beliau adalah dosen yang populer dan gaul di mata mahasiswa
pak Riri demikian kami se fakultas memanggilnya

” kamu musti daftar, ini kesempatan besar lho tidak datang dua kali ”
begitu ucap pak Riri untuk membujuk saya ikut daftar

setelah pontang-panting mengurus segala macam persyaratan
akupun ikut daftar

untung saja tidak telat,  kuserahkan syarat pendaftaran
tepat pada batas waktu terakhir

aku adalah orang yang berambisi dan akan memperjuangkan impianku
mati-matian aku belajar dan menambah wawasan
kemampuan bahasa inggrispun terus kuasah supaya lancar
dan cas cis cus
menghadapi begitu banyak saingan aku pantang mundur
dan nasehat-nasehat ibu selalu kupegang untuk memacu semangat
akhirnya puji syukur

aku lulus

**

Ibu Dra.Nany Roedjinandari MM dekan fakultas ekonomi tempatku
mengambil S1 di universitas Brawijaya Malang
Bu Nany juga orang yang berjasa hingga kudapatkan beasiswa
strata dua ke amerika

seminggu yang lalu kudapatkan berita kepastian keberangkatanku
dari beliau
aku langsung sujud syukur dan mengucapkan beribu terimakasih

” kamu adalah kebanggaan dan harapan fakultas, jadi
belajarlah dengan giat disana ” begitu nasehay Bu Nany

setelah kembali mengucapkan selamat beliau menanda tangani
surat-surat penting dan rekomendasi buatku
lalu beliau menyerahkan sebuah amplop tebal bewarna coklat
” tolong diterima ini titipan dari para dosen ”
saat kubuka ada lembaran uang seratus ribuan disana
akupun berusaha menolak
tapi beliau tetap memaksa agar aku menerimanya

dengan senyum-senyum gak tahu malu ku ucapkan terimakasih
lalu ku kantongi amplop itu

setelah itu buru-buru ku tinggalkan ruang  Bu dekan
aku sudah tidak sabar untuk mengabari ibu di kampung

*

tinggal selangkah lagi kujejakkan kaki di negeri impian
ku sudah tak tahan lagi untuk segera berangkat
2 bulan lagi waktu yang cukup lama
baru kutahu menunggu begitu sangat menyiksa

setidaknya aku musti pulang dulu untuk pamit pada Ibu
keluarga dan sanak sodara di kampung halaman
sebuah desa kecil di lereng gunung Kelud bernama
Brumbung dan rumah Ibu terletak di dusun campurejo

***

carwindow2

perjalanan pulang dari kota dingin Malang
di iringi hujan bulan desember
dalam bus puspa indah anganku mengambang
lalu kubuka tas hitam di pangkuanku

kuambil sebuah surat beramplop putih dari University of minnesota

aku senang sekali membaca berulang-ulang sebuah nama
yang tertera diatasnya

ms.Susilowati,SE hihihi
miss kata yang lucu buatku

Categories: iNspirAsi | 31 Komentar

Navigasi pos

31 thoughts on “kuhadapi dunia dengan SENYUM #part I

  1. franciska dyah

    wahhhhh selamat ya Bro !!
    keren ! dapat beasiswa kuliah ke Amerika !!!

    salut🙂

  2. franciska dyah

    maaph koment lagi ^_^

    Yg semangat yah persiapannya ^_^
    Btw thanks udah dilink blognya😀

    hohoho… :mrgreen:
    di baca sampai akhir dong non 🙄
    aku trims juga🙂

  3. bener ya septa?

    hebat…. TTU deh🙂

    itu hanya khayalanku kok mbak🙂

  4. Walaubagaimanapun, senyum itu pilihan, hehe

    tapi kadang kita juga di paksa untuk tersenyum🙂

  5. yessymuchtar

    waduh..bangga deh bacanya🙂
    selamat ya bro🙂

  6. Selamat ya, semoga sukses disana….

  7. Septaaaaaaa..
    Kamu ngayall lagiiii ayoooo banguuunnn
    *sambil nyiram aer seember*

    hihihi… ^^
    punya impian boleh kan
    *lari-lari dikejar sassie, bawa ember*

  8. hebat hebat!!!
    saluuuttt!!!
    jangan lupa sama Indonesia Bro…hehehehe

  9. cikeledut

    wwoooww..

    saaluuutt….keren lah pkokeee

  10. Sep..bener pa nggak sih dapet beasiswa kuliah ke Amerika?.

    Kalau bener..saya bangga banget ama kamu:-).Cuma kalau udah disana,”no english for blogging” lho?!!.

  11. kirain beneran, tapi semua berawal dari mimpi. bener ga??

    bener,dengan mimpi kita bisa menaklukkan dunia🙂

  12. ayawjeweltz

    WAW!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    pasti seru bgt tuw!!! saya sampe terharu bacanya!! hebat!!!
    congratz ya!!! Jadi ikut2an bangga seorang teman menggapai mimpinya!!! sekali lagi selamat ya!! tar klo sampe disana, cari puncak tertingi, teriakkan nama saya ya!! siapa tau nanti saya nyahut dan bisa sampai juga kesana!!

  13. WOW… KEREN ABIS…
    IKUUUUTTTTTT…. hehehehe..
    congratz yaa.. kejar impianmu setinggi langit..
    gw dr dulu jg pengen nyari scholarship nih..
    klo ada info kabar2in yaa..

    jangan lupa oleh2 buat gw : COWO BULE hihihihihi…

  14. SALUT…

    Hebat kamu,jadilah Duta negeri!

    Semoga sukses dan kamu dimudahkan Tuhan dalam segala hal di Amerika!

  15. Moga2 sukses yahhh…

    duhh ikut seneng nihhh..

    ^_^

  16. SELAMAT YA,

  17. kalau sdh sampai sana panggila namaku ya, biar aku jg bs kesana😀

  18. maaf aku telmi mohon pencerahan
    namanya susilowati ya?
    bukan septa?
    hihii

    EM

    ini septa, yang lagi menceritakan kisah mbak Susi hihihi 🙂

  19. gubrakkkkkkkkkkkkkkkk,,,

    aku udah serius baca *berdecak kagum*

    taunya….. :-p

    *jitak septa*😆

    trims deh Lee udah baca sampek selesai🙂

  20. congrat..!
    berangkatlah dengan senyum sep..
    pulanglah dengan senyum juga

    aku juga akan mengiringimu dengan senyum termanisku..
    kuharap aku bisa ikuti jejakmu..

    *pasang senyum paling manis*

  21. cantigi™

    yuu.. ikutan IBSN Blog Award di cantigi.. ^_^

  22. sekian lama ane tertipu…
    wakakakak, kecerobohan bikin malu ya…wakakakak

    sumpah aku sendiri bingung…
    semua orang pada ngasih selamat ^^
    pusing mo jawab apa 🙂

  23. HETRIK!!!!
    sekalian dah….

    kayak maen bola aja, pake hetrik🙂

  24. franciska dyah

    kirain beneran😀 hehehe..

    emang bener kok, bener-bener menghayal hahaha 😛

  25. boleh juga nih posting, tricky banget. kalo ngga baca smpe kelar bakal ketipu. nice try bro…🙂

    hihihi thanks sob🙂

  26. berarti aku tak mudah dibohongi ya sept hihihi
    EM

    iya deh…
    tapi aku gak maksud ngebohongin lho😛

  27. Kirain beneran….ternyata….khayalan…

  28. Waw keren banget, sebuah perjalan hidup yang sangat luar biasa seru.Ya walau hanya sebuah imajinasi😀

    hehehe udah di baca aja aku udah seneng🙂
    makasih ya…

  29. kurniawan

    wah ceritanya bagus abis, engak yangka kalu itu hanya sebuah impian, tapi gak papa, semua berawal dari mimpi, segera ja bangun dari mimpi dan siap kan langka untuk menjemput mimpi mu

  30. wes2,,,,hebat,,,,,
    sya mau juga dong…..dari mna dpat beasiswa nya…????
    bisa kasi informasi gak??????

  31. Thank you for sharing your thoughts. I truly appreciate your efforts and I will be
    waiting for your next post thank you once again.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: