SENYUM di ujung senja

saya sangat ingin tahu arti senyum itu

mbah puji

ini sebuah kisah nyata kehidupan seorang perempuan yang tegar
meskipun dari kecil sampai akhir hayatnya selalu dalam
penderitaan dan hidup kekurangan

namanya pujiatun mungkin orangtua-nya dulu mengharapakan
anak perempuannya menjadi wanita yang terpuji.
wanita itu duduk beralas tikar hanya beberapa jengkal dari saya
usianya sudah tidak muda lagi mungkin diatas 70 tahun
sebagian rambutnya memutih, berkilau keperakan saat tertimpa
cahaya lampu minyak di serambi tengah
sorot matanya teduh setenang air telaga.
bibir yang telah terbingkai kulit keriput itu tersenyum
sebelum meluncur kata pertama kisah hidupnya padaku.

” Nak, nenek dulu pertama menikah masih umur belasan
bahkan saat itu arti menikah saja belum tahu “

” nenek di jodohin “

tanyaku

nenek puji tak langsung menjawab hanya senyum tersungging dibibirnya.

” saat nenek mulai di dandanin dan diberi pakaian yang bagus
hati ini rasanya senang sekali,seumur-umur itu baju terbagus
yang pernah nenek pakai “.

nenek puji sejenak berhenti bercerita, matanya menerawang.
mungkin ingatanya kembali pada saat indah itu.

” tapi nak, kesenangan itu cuman sebentar saja hanya sekejap
malamnya nenek hanya bisa menangis “

setelah menghela lalu menghembuskan nafas seolah melepas beban
nenek puji meneruskan kisahnya.

” laki-laki yang menikahi nenek bernama Prawiro umurnya
7 tahun lebih tua dari ayah nenek,
suami pertama nenek itu seorang juragan tembakau di purwokerto
dan nenek ini cuman di jadikan istri yang ketiga “

” kok nenek mau di jadikan istri yang ke tiga ? “

” saat itu nenek masih kecil belom tahu apa-apa,
setelah sekian lama menikah nenek baru tahu kalau pernikahan
nenek didasari utang piutang “

” Ooo “

” meskipun menikah dengan terpaksa nenek tetap hormat dan
patuh melayani suami
selalu mencium tangannya saat pulang dan berangkat kerja
selalu mencucikan pakaian kotornya
selalu menyeduhkan kopi dan menyiapkan sarapan sebelum ia bangun “.

” nenek tinggal serumah dengan istri yang laen kan ? “

” iya, rumah itu sangat besar dengan kamar yang cukup banyak “

” lah istri yang laen ngapain, kok semuanya nenek yang ngerjain ?”

nenek puji menjawab dengan senyuman

” memang sperti itu keadaanya, bahkan nenek dilarang memandang wajah
mereka saat sedang berbicara “.

” suami nenek ? “

” dia sangat perhatian sekali waktu nenek mulai mengandung, karena dia
sangat mengharapkan lahirnya anak laki-laki “

” istri yang laen belom punya anak Nek? “

” istri pertama tak bisa ngasih keturunan, sedangkan istri kedua
sudah punya tiga anak yang semuanya perempuan “

” oh pantes “

” sikap suami jadi langsung berubah setelah nenek melahirkan seorang
bayi perempuan, si Romlah “

” berubah….”

” dia jadi sering marah-marah, hampir setiap hari nenek jadi pelampiasan
kemarahannya kadang di pukul,di tendang.

” kok nenek gak ngelawan, lapor ke pak Rt ato siapa kek “

mata nenek puji berkaca-kaca dan air di telaga itu tumpah
seperti aliran sungai yang mengalir di pipinya yang keriput.
tapi ya Tuhan bibirnya …
bibirnya menyunggingkan senyuman.

senyum apa itu Nek?

BERSAMBUNG

dialog sebenarnya pake bahasa jawa, agak susah bagi saya nerjemahin
ke bahasa indonesia.
semoga gak kayak sinetron🙂

cuplikan cerita berikutnya:
si Romlah meninggal dunia dan nenek Puji mengadu nasib ke malaysia jadi TKI

Categories: iNspirAsi | 11 Komentar

Navigasi pos

11 thoughts on “SENYUM di ujung senja

  1. namada

    itu cerita nyata ya Septa?
    hikz..happy ending gk?
    hiks😥

    ditunggu lanjutannya ya

    he em nih.
    waduh kalo’ di kasih tau endingnya, tar jadi gak penasaran dong🙄

  2. Kalo kisah nyata, emang mbah puji orang mana sih….
    Tetanggaku juga ada yang namanya Pujiatun….

    orang jawa tengah tapi dari muda udah merantau ke johor baru malaysia,trus batam, akhirnya menetap di pulau bintan sampai akhir hayatnya. beliau tinggal di batu 13 [sebutan kilometer bagi orang melayu] tanjung pinang.
    jadi kayaknya bukan tetanggamu deh🙂

  3. wah deket ama pulau saya n ih

    saia di batam cuy,

    salam kenal n moga-moga mo ngunjung balik

    wah batam island, tinggal dimana?
    aku pernah tinggal di duta mas batam center.
    tapi sekarang udah mudik ke jawa ^^🙂

  4. sedih bgt ceritanya?? apakah si nenek masih sempat bahagia??? ato emang benar2 selalu sedih?? ato apakah justru dengan begini nenek bahagia??
    kadang kan sesuatu yang kita anggap sedih, tapi bagi yg menjalaninya ya dia seneng2 aja, udah pasrah… bikin kita orang luar malah jadi geram..

    hehe banyak banget pertanyaan-nya
    tunggu aja endingnya🙂
    tersenyum dalam penderitaan wew beraaat…

  5. ceritanya sedih…

    Bang Kumis jadi menangis sambil ketawa….

    hik…hik…wakakak… hik…hik…wakakak…

    sambungannya ditunggu paling lambat 2×24 jam ya…
    😆

    ceritanya emang sedih

    penulis jadi menangis sambil nahan kentut….

    hiks..hiks..pret..hiks..brut..hiks…bruot…

    ngaciir…

    khusus bang kumis ceritanya langsung aku kirim ke e-mailnya🙂

  6. franciska dyah

    hikz😦 sedih banget kisah nenek itu
    Btw jadi penasaran nih, senyum kenapa ya nenek itu…
    ditunggu sambungannya..🙂

    hiks sedih juga
    bukan hanya kamu saya juga penasaran banget..
    siap! buk.🙂

  7. hmm,
    cerita yang menarik…
    but, why must be to be continued…
    supaya yang baca penasaran yach…
    ups…🙂

    sebenarnya saya gak terlalu pede nulis dialok kayak gini🙄
    kenapa bersambung ? karena gak pede, mungkin sambungannya mo saya bikin narasi aja.
    jujur gak ada maksud bikin penasaran.🙂

  8. Jadi sedih juga…
    Semoga sekarang nenek baek2 saja…

    yah semoga beliau baik-baik saja di surga
    dan terSENYUM bahagia di sana🙂

  9. cantigi™

    keren.. substansialnya menarik.. ^_^

    terimakasih ^_-🙂

  10. ini cerpen ato kisah nyata yach …😀 keren bgt

    semoga senyum nenek adalah senyum tulus dari kesabaran hati yang bahagia n bersyukur karena punya cucu cerdas seperti kang septa😀 hehehe

    sebenarnya kisah nyata…😀 trims

    he em semoga SENYUMnya adalah rasa bahagia
    sebenarnya saya bukan cucunya, beliau seorang pembantu di rumah mama angkatku.
    hehehe🙂

  11. Salam saudaraku sekalian…………..gubug maya sudah selesai dipugar dan sekarang sudah dapat dikunjungi kembali…….

    mampir ya saudaraku

    SIAP! segera meluncur🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: