Pantai pantai Gunung Kidul..

..
anda pasti sudah mengenal jogja..
tentang pantainya anda mungkin sudah sering dengar parangtritis [paris] atau parangkusumo [pamo].. ^^
tapi apakah anda sudah tahu pantai-pantai di gunung kidul..?
gunung kidul adalah salah satu kabupaten DIY yang terletak di selatan dan berbatasan langsung dengan samudera hindia..
sehingga disana berderet-deret pantai dengan panorama yang berbeda-beda..
beberapa waktu yang lalu saya plesiran ke pantai-pantai gunung kidul..
tanpa ada perencanaan yang matang dan tanpa tujuan khusus mau ke pantai apa, pokoknya mau ke pantai.. ^^
dengan hanya mengandalkan papan penunjuk arah akhirnya saya sampai di wonosari, kota pusat pemerintahan gunung kidul..
dari wonosari saya mengikuti petunjuk arah menuju pantai baron, kayaknya ini pantai terdekat dari kota..

Pantai Baron..

sepertinya pantai ini paling populer di gunung kidul..
berbentuk seperti teluk sehingga ombaknya tak terlalu besar, pasirnya lumayan..
disalah satu sudut pantai ada sebuah sungai yang menjadi pertemuan air tawar dan air asin, seperti menyatunya dua hati yang berbeda dan bertolak belakang.. *unyuu..* hahahaha.. :D

kesan saya pantai ini terlalu banyak pedagang jadinya gak asik dan berisik suara musik dangdut dari kios-kios makanan.. hihihi..
dan di sebelah kiri pantai sebenarnya ada sebuah bukit yang bagus, tapi sayang banyak berdiri tenda-tenda pedagang dengan warna-warni yang mencolok merusak pemandangan..
tenda orange, tenda biru.. owhh.. pliss deh.. *tepuk jidat..*
satu lagi di pantai baron banyak sekali perahu nelayan yang parkir, jadinya bau amis ikan menyebar kemana-mana.. *enggak banget deh..*
setelah foto-foto sebentar saya langsung cabut cari pantai lainnya..
gak jauh dari pantai baron ada pantai kukup yang langsung saya lewatkan karena terlihat ramai..
saya mengikuti petunjuk arah menuju pantai krakal yang berjarak 6km dari pantai kukup..

Pantai Krakal..

jalanan menuju pantai krakal sempit dan berkelok naik turun bukit-bukit kapur dengan teras-teras batu karang..
kalau menurut analisaku jaman dulunya daerah itu mungkin merupakan dasar lautan, dan bukit-bukit karang itu adalah rumah binatang-binatang laut..
*cuman analisa lho, saya belum sempat melakukan penelitian..* tsahhh…

sampai di pantai krakal pas tengah hari, matahari sangat terik..
akhirnya saya berteduh di depan warung yang tutup disamping pohon cemara laut..
menikmati hembusan angin laut selatan, memandang ombak besar yang bergulung-gulung, sambil ngemil dan muter musik jazz di hanfon.. hmmm.. asoy…  :)

futu dr sini

futu dr sini

futu dr sini

pantai krakal lumayan keyen, bentuknya landai dengan pasir agak putih yang terhampar sepanjang kurang lebih 5 km..
sangat-sangat panjang memang, tapi karena panas terik jadi agak males mengeksplor. takut item..hihihi..
setelah foto-foto lanjut ketujuan berikutnya yaitu pantai ngrenehan..

kampoeng Baron..

dari pantai krakal saya balik kembali ke arah pantai Baron..
saya pun singgah di kampoeng baron guest house & resto, untuk sholat dan mengisi peyut yang udah nyanyi bengawan solo alias keroncongan..hehe..
posisi resto ini agak tinggi musti naikin tangga dulu untuk sampai keatas..
konsep bangunannya jawa kontemporer..tsah.. sok tau..
pokoknya bentuk joglo yang unik dan antik deh.. ^^
ditempat ini terdapat mushola yang luas terpisah dengan bangunan resto..
gimana dengan masakannya..?
menurut saya biasa ajah..
sebelum cabut saya menyempatkan untuk melihat-lihat guest house kampoeng baron, sekedar buat perbandingan sama catys house..hihihi…

Pantai Ngrenehan..

perjalanan ke pantai ini sangat jauh, awalnya jalan aspalnya lebar dan mulus tapi lama-lama jalanan makin sempit naik turun curam dan berlubang-lubang pula.. :(

saat nyampai awalnya saya kecewa melihat pantai yang kecil dengan begitu banyak perahu nelayan yang sedang parkir di pantai..
tapi akhirnya seneng karena mendapati spot yang bagus, di sudut pantai terdapat tebing-tebing karang yang asik buat foto-foto hihihi…

karena mempertimbangkan waktu saya pun segera balik takut kemalaman di jalan, dan sangat disayangkan harus melewatkan untuk mampir ke pantai ngobaran yang jaraknya gak jauh dari pantai ngrenehan..
mungkin lain waktu saya bakal ke pantai ngobaran, nguyahan, pantai Sundak yang terkenal, dan surga tersembunyi di pantai sadranan seperti yang pernah di ceritakan Mbak Eka disini..
siapa yang mau ikut sama saya, daftar dulu yah.. ^__^
..
Categories: tRip | 57 Komentar

Navigasi tulisan

57 gagasan untuk “Pantai pantai Gunung Kidul..

  1. Waaw … asyik dong, jalan-jalan ke pantai-pantai di Gunung Kidul. Kok nggak ngajak-ajak sih? :-o

    Semua pantai yang disebut Ata sudah pernah aku kunjungi juga, termasuk pantai Sadranan yang serasa seperti pantai pribadi karena belum banyak dikunjungi orang. Jalan ke pantai-pantai di Gunung Kidul memang lumayan ‘asyik’ :D . Mobil musti disiapin bener-bener, apalagi kalau sudah agak ‘sepuh’ :-)

    Btw, foto Ata bagus-bagus. Fotografernya cukup berbakat ya … :-)

    ..
    iya, asyik.. saya gak bisa ngajak soalnya saya juga di ajak.. :roll:

    ya rugilah wong asli jogja belom main ke pantai pantai gunung kidul. :P
    duh jangan meremehkan mobil tua, yang penting itu perawatannya.. :roll:

    yup, yang njepret katanya emang pernah belajar fotografi.. :)
    ..

  2. Yah, kirain bakal pertamax (-_-) keduluan bu Tuti

    Btw, itu warung makan apes banget didatengin koki yang jago masak dan ga masak bener-bener, xixixi… coba kalo tau Atta bakal datang, mungkin mereka masaknya yang enak, yang ga biasa aja

    Aku cuma pernah ke Parangtritis doang… waktu itu ga mau pake baju ijo :p takuuutt bgt

    ..
    he..he.. :D
    premium aja lebih murah.. :P
    ..
    yah harap maklum deh, aku agak cerewet kalo masalah makanan resto..
    tapi maksudnya baik, ngasih masukan supaya masakannya lebih baik lagi.. ;)

    hehe..
    iya kalau pakai baju hijau nanti kecantikan ratu selatan jadi kesaing sama kecantikan Clara.. :)
    .

  3. sesudah berkeliling pantai harusnya Ata membawa alat masak. Seluruh hasil pantai dicoba untuk dimatangkan di atas wajan ataupun panci, pasti kuliner wisata yang bener-bener real.

    ..
    ide yang oke banget Pak Mandor..
    mungkin bisa di coba lain waktu.. ;)
    ..

  4. yang paling bagus kayaknya pantai krakal ya. yang pantai baron kayaknya kotor ya… sayang…

    ..
    menurut saya memang bagus pantai krakal, tapi tergantung selera masing2 sih..
    pantai baron kotor banget sih enggak Mas, tapi terlalu ramai pedagang dan nelayan.. :(
    ..

  5. Ata, aku kurang suka Baron. Menurutku pantainya agak kotor, dan bener, bau amis ikan. Tapi kayaknya di situ paling gampang cari makan ya? Hehe. Aku lebih suka Sundak atau Krakal. Dan aku pernah sekali ke Wedi Ombo. Menurutku itu kereeen. Tapi jauh pol! Hehehe. Mesti berangkat pagi2 bener, biar puas mainnya :)

    ..
    iya Mbak di pantai baron emang banyak warung, tapi kebersihannya juga meragukan.. :(
    hahaha..gunungkidul emang jauh… :D
    ..

  6. mida

    haaaaiiiiiiiiiii ataaaaa…
    kalo ke pantai2 di gunkid lagi mampir rumahku dunk, kan ngelewatin jalan wonosari tuh… :D

    ..
    oiiiiit….!
    lho dirimu sekarang tinggal di gunkid toh..?
    beres lah..
    ..

  7. pantai Krakalnya itu bagus
    suka foto bawah Ta

    pantai2 kalau udah keramean memang nggak asyik lagi ya,
    kapan lagai menjelajah pantai ..ditunggu ceritanya

    ..
    iya Bu Mon, kalau rame ujung2nya jadi kotor karena sampah..
    karena cuaca sekarang lagi gak bagus, jadi gak ke pantai dulu.. :)
    ..

  8. Aku mau ikuuut..
    Akoh mauuuu ^_^
    Aku malah belum pernah ke Ngrenehan sam aKampung Baron. Meeeh
    sepertinya nanti ke sana ah ;)

    ..
    cuaca sedang gak bagus mbak, mungkin nunggu summer tahun depan.. hehe..
    ..

  9. seru!!! keren2 pantainya…
    ata, kalo aku ke jogja, ata yang harus nemenin aku keliling ya hehehehe….bersediakah? :D

    ..
    bersedia dong.. ;)
    ..

  10. kezedot

    aku dan blue datang bang
    gmn kabar
    ku dan blue suka postinganmu ini
    keren,nice dan kerenzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz…..hahahha

    ..
    Hai Brother..
    kabarku baik, semoga dirimu juga sehat..
    makasih sudah mampir..
    ..

  11. Duh, saya mbayangin pasti enak ya kalo lari pagi di pantai kayak gitu…. :oops:
    Pengeeeen! :D

    ..
    paling enak buat jalan2 Sop, tapi kalau lari di pasir ya cepet capek..hehehe..
    ..

  12. asiknya, indah banget pantainya,

    penasaran ama tukang fotonya

    ..
    alam tanah air ini memang indah.. ;)
    ..
    sama yg di futu gak penasaran ya..? hihihi..
    ..

  13. Sepertinya pantai krakal, pasirnya begitu mengundang untuk dimainkan :)
    btw, modelnya juga keren-keren photonya :D

    ..
    iya kak, pasir pantai krakal bersih.. ;)
    hahaha.. modelnya kepedean dan narsis abis.. :D
    ..

  14. wow, saya suka foto jalan nomor dua dari bawah. himpunan awan agak2 ijo, seperti awan lumutan. perspektifnya juga bagus.. :)

    ..
    iya posisi tanahnya yg naik turun membuat pemandangannya kelihatan bagus..
    futu awannya udah di edit sih.. :D
    ..

  15. *acung tangan*

    nisa ndaftaaarrr >____< kereenn pemandangannya, subahanallah.. mau dong ikutaann :D

    ..
    ok, dik Nisa sudah saya catet namanya..
    nomor urut 534.. ;)
    ..

  16. Jadi inget ke pantai krakal sama temen boncengan berdua hujan deres pula..

    miss that moment :(

    ..
    temen ato pacar nih..hehe..
    dengan jalan yg sempit dan berkelok emang agak serem kalau hujan deres..
    ..

  17. Belum pernah ke Jogja :(
    Pantai-pantainya bagus juga yaaa..
    Satu foto sebelum foto terakhir itu suasananya serem amat ;S

    ..
    saya doakan semoga banyak rejeki, jadi bisa berwisata ke jogja.. :)
    ..

  18. Semoga pantai ini dapat lebih dioptimalkan lagi pengembangannya, karena dapat dijadikan objek pariwisata yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat daerah tersebut.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog

    ..
    amiin..
    ya memang seharusnya kemajuan harus dinikmasi semua lapisan masyarakat, gak cuman pemodal yg udah banyak duit..hehe
    ..
    salam
    ..

  19. Bagusnyooo…. :D Pengen

    BTW, salam kenal


    iyoo..

    senang bisa kenal kamu..
    ..

  20. saya pernah diajak ke pantai wediombo sama cadipar..
    keren pantainya, ombaknya lumayan gede juga..

    tapi sekarang udah “puas” lihat pantai, di baubau kemana mata memandang ada pantai :D

    ..
    wew saya malah belom ke wediombo..

    owh sekarang menetap di baubau, tapi pantai di situ gak baubau amis ikan tho..? hehe..
    ..

    • Pantainya bikin gregetan…
      Iya gak, Mel??? Hehehehe…

      AYo Mas, kapan2 datang ke Baubau…

      ..
      wah geregetan sama pantai itu gimana ya..? ^^

      kasih info dulu dong, ada apa aja di bau-bau dan seputaran buton..
      sekalian transport kesana gimana.. ;)
      ..

  21. menikmati keindahan pantai, rekreasi sekalian hirup inspirasi tuk peningkatan karya di CH nih. salam

    ..
    jalan-jalan untuk mengenal tempat2 wisata dan buat referensi tamu.. ;)
    bener banget, sekalian buat perbandingan dan inspirasi CH..
    ..

  22. Hmm… udah jalan-jalan tho ke pantai gunung kidul?
    Pantai-pantai di sana memang indah dan mengasyikkan.
    Eh, aku pernah menuliskan soal ini juga lho, cekidot: http://hardivizon.com/2010/01/11/10-01-10/

    ..
    uhuy…!!
    rame-rame bareng keluarga asik ya Da.. ;)
    ..

  23. aih, foto2nya bagus2, jadi ada ide baru nih kalo ke jogja, thanks yaa ta…

    ..
    sama-sama..
    karena tempatnya agak jauh, sebaiknya di planing dulu.. ;)
    ..

  24. Ata.., trip yg asik & seru.. satu hari.. 3 pantai.. Kereenn..

    Suasana pantai.. dimanapun tempatnya.. selalu ada sisi yg unik & mempesona..

    ..
    harusnya bisa lebih dari 3 pantai Mbak, tapi karena kurang planing jadinya banyak waktu habis di jalan.. :(
    ..

  25. Pantai Baron dan Krakal ini tahun 1995 pernah saya mengunjunginya .. air lautnya bersih banget dan tentu saja indah ..
    Dulu site saya di Pulau Seribu yang memiliki pantai yang bersih juga .. suka inget panti baron ini …
    Ingin sekali berkunjung lagi ke sana … entah kapan.
    Trims mas
    Salam hangat dari surabaya :)

    ..
    pantai krakal masih bersih kang, tapi baron udah terlalu ramai pedagang dan nelayan..
    ya, saya doakan semoga keinginan berkunjung ke pantai gunung kidul suatu saat terwujud.. amiin..
    ..

  26. ternyata banyak thoo pantai2 di jogja aku lom pernah kesana semua dek

    ..
    banyak Kak, tapi agak jauh dari kota.. ^^
    ..

  27. Ping-balik: PR Zaman SD « YSalma

  28. g puas2 saya liatnya, pantainya bagus \(^o^)/

    ..
    wah bener-bener suka pantai nih.. ^^
    ..

  29. Saya pernah ke Krakal jaman KKN dulu :D
    Waah, masih indah dan banyak ikan hias berenang bebas di pinggir pantai. Cantiikkk banget dengan air bening dan pasir putihnya.
    Sekarang dah indah lagi ya? :(

    ..
    kalau pantai krakal masih bagus dan catik kok, tenang aja..hehe..
    ..

  30. Wow…lihat foto2nya aseli mupeng pgn ke sana. dicatet ah ;)
    makasih infonya ya chef ;)

    ..
    dicatet dan di planing ya..
    sama-sama Kak Orin.. ^^
    ..

  31. Aku lom pernah ke Jogja (apalagi ke pantai2 nya) meskipun pengen banget…hiks..

    Kalo aku kesana ntar Ata yang nyopirin kemana-mana ya? Kalo Ata ke Bintan ntar aku yang ngojekin kemana-mana, soalnya mobilku belum diambil dari dealer :D

    ..
    pantai di lagoi gak kalah bagus kok, cuman kalah di ombak aja.. ^^

    ok deh, siap boss..
    itu yg di dealer mobil ke-3 atau ke-4.. ??
    ..

  32. itu Chef jalan² mulu, ntar klo ada tamu di caty’s house yang masakin siapa ya..? :P

    ..
    jalan-jalannya gak tiap hari kok Bun.. :)
    ..

  33. wah, yang pantai krakal unik. itu lumut atau apa, ya?

    ..
    itu sejenis rumput laut kayaknya..
    ..

  34. Pas main2 ke Baron, dulu saya pernah dibilangin sama penjaja jajanan di sana, bahwa ada satu pantai lgi yg bagus, yakni (kalo ga salah) Pantai Indrayani. Berhubung saat itu sudah mulai gelap, saya nggak jadi ke sana. Tapi kabarnya sih bagus banget, hehe….

    ..
    iya, aku juga dikasih tau temenku kalau pantai indrayani bagus..
    ..

  35. wah.wah… kereen ni mas… lengkap banget info dan fotonya,,, kayaknya harus masuk list t4 jalan2 nih.. makasih infonya,hehe..

  36. Wah, kalo banyak pedagang gitu emang gak asik si mas :D
    Tapi mau diapa, mereka cari duitnya emang disono, hihihihi… :D

    Btw, pantai Baron kok airnya kelihatan keruh gitu ya?
    Beda sama pantai Krakal yang terlihat lebih jernih :D

  37. Saya juga mo ikutan dunk….
    itu pantai bagus amat dah gitu bersih lagi.
    Salam kenal yah gan !!

  38. waaaaaaaaahh, gila kereeeeeenn.. pokoknya kalo besok2 saya jadi ke jogja, kamu harus jadi guide saya mas.. :P

  39. wow… pemandangan yg bagus :)

  40. wah senangnya bisa travelling ke tempat2 seperti ini. Pemandangannya masih asri yah Ta :) Hem…kapan bisa kesana yah ?….melamun.com

    Btw…senang main ke blogmu Ta….lagi kangen dgn para sahabat blogger semua nih…sdh lama nggak bw dan update article….ternyata semua masih pd aktive nulis yah, hehehehe :)

    Best regard,

    Bintang

  41. wah….enaknya bisa jalan-jalan ya…
    Aku sendiri kurang suka pantai, karena aku gak tahan panas… hihihi… jadi kalau ke pantai pun, aku lebih suka ngeyup, yg lainnya mau main pasir atau nyemplung ke laut mah silakan aja.. aku duduk manis di warung hahahaha…

  42. saya sudah kunjungi tempat2 itu.
    Dan memang luar biasa, pemandangannya dahsyat!
    tulisan yang bagus :)

  43. Lima tahun disana dan ternyata saya belum pernah kesana Ta ;D

  44. pantainya bagus…tapi sayang tidak ada yang promosi ke mancanegara… :(
    jadi sayang di biarkan begitu saja…

  45. wah koq ngga ada pantai kukup ya, bang? :D
    padahal keren pantai kukup daripada pantai baron, menurut saya :)

  46. pokoknya saya harus ke sana!
    :arrgghh: sudah berapa lama saya menginginkan hal itu :(

  47. ga tau seluk beluk Yogya… baru tau kalo di gun.kidul banyak tempat indah yang patut dikunjungi..selama ini taunya gun.kidul itu daerah kering yang susah air…

    saya suka traveling, bukan saja excited menuju tempat tujuan tapi excited juga menikmati pemandangan selama perjalanan…semoga suatu saat bisa traveling ke gun. kidul.. :)

  48. foto jalanan, kedua dr terakhir.. keren bgt visualnya :)
    btw, makasih gmbr2nya, skrg ini, sy kepincut bgt dgn kota Yogya, pengen bgt ke sana… I wish :D

  49. foto foto yang indah hmm kapan ya ke pantai pantai yang indah

  50. Keren bro fotonya… dan pantainya juga indah banget… :)

  51. Septa….jalan-jalannya sama siapa hayoo…
    Tadinya saya pikir sama mbak Tuti…ternyata bukan tho.

    Fotonya keren….dan pantainya sungguh indah…dan apalagi debur ombaknya.

  52. betuuulll!!! pantai2 di gn kidul itu emang wah bgt, pengen kesana lg, tapi blom ada kesempatan lg

  53. kalo ke GK pantai tujuan selalu pantai BKK Baron Krakal Kukub, malah lom pernah menjelajah ke pantai2 lain, dengar2 pantai indrayani juga bagus lho mas Ata

    • sahiran

      lam kenal berrati bkn aku aja yg ketinggalan padahal aku asli wong turki lhoo (alias turunan kidul)

  54. Ping-balik: Gua Kalisuci « jejak langkah

  55. domtheoos

    pantai krakal itu yang banyak batu karang nya ya :O

    Pintu dan Jendela

Tinggalkan Balasan

Blog pada WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 470 pengikut lainnya.

