saPa rinDu…

……………………………………………….

pada ribuan gelombang yang menerpa
menampik kerinduan dibatas cakrawala
dibawah beningnya matamu
apakah lonceng itu akan berdentang lagi?
seperti saat dulu kita menari dibawah menara kaca ini…

“untuk Akim terimakasih yaa ..:)”
**september,2011

**********************************************************************

pria itu bertubuh tinggi dan liat, seperti pohon cemara pantai yang meranggas..
berkulit gelap khas laki-laki pantai..
gaya bicaranya tenang dan berwibawa..
usianya 40-an tapi wajahnya menyiratkan kedewasaan melebihi umurnya..
pria itu pelayan kedai kopi dekat dermaga sri bintan pura di tanjung pinang..

” hai Boy.. apa kabar, habis turun dari lagoi..? ” sapanya saat aku mampir di kedai kopi itu..
” sehat Pak Cik.. sudah dari kemaren sih, menginap di batu delapan tempat kawan..”
” owh lagi off rupanya..?
” yah begitulah..” jawabku sambil mengangguk..
” mau pesen apa nih..? “
” teh tarik sama roti canai saja..”

aku suka keramahannya, membuat nyaman semua pelanggan..
di kedai itu aku punya tempat favorit, diteras dengan lantai kayu yg menghadap dermaga..
sambil melihat perahu-perahu kecil yang disebut pompong berlalu lalang, mendengar pelayan yang meneriakkan pesanan pada penyedu kopi didapur,
bercampur riuh orang-orang yang hilir mudik di dermaga..
yah di kota tepi pantai seperti tanjung pinang, pelabuhan dan dermaga adalah denyut kehidupannya..
hmmm.. rinduku ingin menyapa..

pagi itu aku ingin menyeberang ke pulau batam, tapi sebelumnya ingin sarapan roti canai dan teh tarik dulu untuk menghangatkan perut..
sebenarnya saat itu matahari sudah mulai terik, kedai pun sudah mulai sepi..
ia pun sudah mulai membereskan kedai..
” jam segini udah sepi Pak Cik..? ” sapaku basa-basi
” iya Boy, orang-orang sudah mulai bekerja ” jawabnya ramah, sambil mengelap meja sebelahku..
” owh…” gumamku sambil mengangguk-angguk..
” hendak kemana..? “
” mau jalan-jalan Pak Cik, ke tempat-tempat yang belum kudatangi. bisa dikatakan belum ada tujuan..hehe..”
” sebenarnya apa yang ingin kau cari Boy..? “
hmmm.. sebuah pertanyaan yang sudah sering kudengar..
Mamiku di rumah juga sering ngomelin.. ” mlaku-mlaku wae, kate nggolek opo..? ” ^^
hehehe.. jadi kangen Mami..
hmmm.. rinduku ingin menyapa..

“saya gak banyak berpikir Pak Cik, kalau mau jalan ya jalan aja, saya ingin menyenangkan hati saja”
aku pun mengunyah roti canai hangat dan melihat ia tersenyum..
” hehe.. anak muda.. ” ia pun menyulut rokok kreteknya, lalu duduk di kursi sebelahku..
” yah..memang sebaiknya begitu, masa muda adalah waktu untuk mencari pengalaman hidup sebanyak-banyaknya..”
” setuju Pak Cik..!, masa muda kan gak lama..hehehe..”
ia pun ikut terkekeh..
” apa kau mendapat kebahagiaan saat jalan Boy..? “
” yah, gak selalu juga sih.. tapi pengalaman suka duka, itu bisa memperkaya bathin..” aku pun menyeruput sisa teh tarik di cangkir dan siap pergi..
pria itu menepuk bahuku.. “kebahagiaan itu adanya di hati, gak tergantung tempat dan waktu.. ingat itu Boy..”
aku tercekat mendengar ucapannya, begitu dalam dan mengena..
“makasih banyak nasehatnya Pak Cik, aku akan selalu ingat..”
setelah membayar, aku pun beranjak menuju speed boat yang akan mengguncang-ngguncang tubuh ini sampai pelabuhan punggur di pulau batam..
kusempatkan sesaat menoleh ke kota tanjung pinang, merekam dalam ingatan semua sudutnya..
akaw tempat makan dimalam hari, es skoteng, otak-otak, gong-gong..sarapan mie lendir, roti canai dan teh tarik..
duduk-duduk di tepi laut sambil menunggu matahari tenggelam..
hmm rinduku ingin menyapa..

ps: puisi di atas adalah buah karya seseorang yang lagi rindu.. ^^

About these ads
Categories: iNspirAsi | 22 Komentar

Post navigation

22 thoughts on “saPa rinDu…

  1. Kedai yang sebelah mana tuh, Ta? Jangan-jangan tempat paporit ku juga… Ayo, Ta, kam hia…
    Kita ganyang otak-otak dan gonggong itu…. :D

    ..
    hehe.. tempatnya rahasia ah.. :P
    memang lagi musim gong-gong ya Kak..?
    ..

  2. Oooh bisa saya kira-kira ini rindunya ama siapa… :mrgreen:

    ..
    rindunya sama banyak hal sih Bro..
    ..

  3. wah wah… seseorang atau mas ata nih yang lagi rindu… ngaku deeeeh :p

    ..
    hahaha.. keduanya deh.. :p
    ..

  4. chef, rindu sama siapa ?
    bisa bunda tolong sampaikan gak rindunya? :P
    salam

    :) makasih Bunda, iya deh nitip Bunda saja.. ^^
    ..

  5. emang sih kebahagiaan itu ada di hati, tidak tergantung tempat dan waktu. tapi terkadang tempat dan waktu bisa membantu untuk mendapatkan kebahagiaan. jadi sarana gitu. :D

    ..
    iya Mas Arman, tempat dan waktu cuman sarana saja.. ;)
    ..

  6. seseorang itu...

    hemmm.. pagiku ingin menyapa…..

    hey boy..!**tepuk2 pundak si boy

    benar itu yang dibilang pak cik’ kebahagian adanya disini,dihati.. :)

    kebahagiaan takkan bisa dibeli dengan apapun,tak bisa diukur dengan apapun,karena kebahagiaan itu hati sendiri yang tau..

    jadi boy,kejar dan raihlah kebahagianmu, my Allah all the mighty be with you..

    boy,..

    take care yaaa dan terimakasi yaaaa… :)

    **berlalu…

    ..
    hai.. seseorang itu.. ^^

    kebahagiaan kalau dikejar nanti ikut lari gak yah..? :)
    ..

    • seseorang itu...

      hemm.soreku ingin menyapa

      takkkan lari gunung dikejar..*pepatah yang bilang :D

      emmm.. mie lendir itu seperti apa?
      dari namanya tak selera untuk memakannya…

      **penasaran

      terimakasi yaa :)

      ..
      mie lendir yang pasti enak, agak manis gitu..hehe…
      ..

  7. SUbhanallah :)
    yang sedang Rindu ..
    Indahnya :D

    ..
    hehe..
    makasih yah.. ^^
    ..

  8. eh? lagi rindu rupanya….
    he’em, kebahagiaan mmg ada di hati yg bersyukur…

    ..
    yo’i Tik..^^
    yup semoga bisa jadi orang yg bersyukur.. ;)
    ..

  9. rindu merantau lagi Ta…?

    ..
    lha sekarang kan termasuk sedang merantau Bu Mon, meski gak pakai nyebrang laut..hihihi
    ..

  10. rindu sama aku kah?? :D

    ..
    ck..ck..ck.. pede abisss…^^
    ..

  11. “saya gak banyak berpikir Pak Cik, kalau mau jalan ya jalan aja, saya ingin menyenangkan hati saja”

    I do like this quotation lah
    prinsip saya banget tuh

    salamkenal! ;-)

    ..
    wah..wah.. pelancong sejati nih..hehe..
    salam kenal juga ya, makasih udah mampir..
    -AtA-
    ..

  12. Mie Lendir, wasyah, apapula itu ? Sounds interesting

    ..
    makanan yang jarang ditemukan Bro, lumayan yummi.. ^^
    ..

  13. Ehmm.., atmosfer Jogja membuat Ata makin puitis..
    Krn rindu.. semua menjadi lebih indah..
    Siapa yg kau titipi rindu, Ta.. Smg bisa merasakan..

    ..
    mungkin juga begitu mbak..hehe..
    nitip rindu buat siapa aja yg merasakan..hihihi
    ..
    salam dr jogja.. ^^

  14. Hmmm … jadi kangen Mami ya? Mami juga pasti kangen lihat Ata ‘mlaku-mlaku wae’ :)

    Ke Tanjung Pinang kan sudah diskedul. Sabar aja yaa … Waktunya pasti akan tiba. Semoga tidak ada halangan (dan tabungannya cukup … :) )

    ..
    kalau buat backpackeran sih cukup..hehe.. ^^
    ..

  15. Backpakeran ke Kweni aja dulu Ta, biar sedikit terobati rindunya, haha… :D

    ..
    duh maaf Uda belum bisa maen ke kweni, Uda Vizon sibuk terus sih.. :)
    ..

  16. Rindunya gak sama aku juga kah, Ta?? Hihihihihi

    ..
    hehe.. dirimu terlalu lama menghilang sih Fiy.. :P
    ..

  17. dalam rindu ada jarak..
    ayo datengin aja Ta..!!! :P

    ..
    iya Bun, nanti pasti di datengin kok.. musti sabar dulu.. :)
    ..

  18. ATA kangen sama siapa ayooo?
    kangen sama aku ya :P *hahaha gw GR aja :))*

    kebahagiaan memang tidak tergantung waktu dan tempat tetapi tergantung dari hati, jika hati memprovokasi otak untuk bahagia bagaimana keadaan, waktu dan tempatnya pasti kita akan selalu bahagia…percaya deh, sudah kubuktikan sendiri ;)

    ..
    hahaha… kangen gak ya… ^^
    ..
    sip, makasih tipsnya..
    nanti dipraktekin deh.. ;)
    ..

  19. hai..salam kenal aja yaaa..

  20. iya, bahkan hal kecilpun bisa bikin kita bahagia… :) Tapi biar hal besar atau hebat, ga bakal bisa bikin senang kalo hatinya juga ga memilih untuk senang :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog pada WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 471 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: