Pesona Mesjid Tua di Ranah Minang

apa kabar semua..? 

semoga baik dan sehat selalu.. kembali untuk kesekian di Blog ini kedatangan seorang tamu istimewa..

sebenarnya tamu ini udah sejak luama di undang jadi penulis tamu, sejak bertahun-tahun yang lalu bahkan..

tsah…blog ini aja baru mau 3 tahun hahahaha…

tapi karena kesibukanya yang luar biasa di tambah mengurus blognya yang sangat ramai..

akhirnya baru kali ini bersedia, huff…seneng bercampur lega deh..

siapa sih tamunya, eng…ing…eng…

Bundo Rahmi

yup, tamu kali ini ialah wanita cantik yang berhati tegar seperti Bunda Siti Hajar..

setelah liat sketsa diatas sudah pada tau kan, kalo itu gambar Bundo.. :)

maklum deh kalo gak mirip, meski sudah mohon-mohon minta foto yang ukurannya besar teteup aja si Bundo kekeuh ngasih foto ukuran 24kb..

hiks.. itukan cuman ukuran Avatar..

semoga aja mataku gak sampek tambah minus, setelah melototin monitor mantengin foto setengah burem itu..  :(

oh..iya Bundo agak kurusan nih, beda sama beberapa waktu yang lalu..

seperti yang di bawah ini.. hahahaha… *kabuur sebelum di jitak Bundo.. *

udah ah cukup perkenalannya, langsung aja kita simak tulisan Bundo..

yukss Mariiii…….

###################################################################

Bundo jadi penulis tamu di blognya AtA..?

syereeemmm banget, yang jelas Bundo udah keburu keok ngebayangin tipikal sobat2 bloggernya AtA yang rata-rata adalah para blogger handal.. yang klo nulis informatif banget dan nulisnya panjang-panjang semua kayak AtA.

Itu kelemahan Bundo, engga bisa nulis panjang dan sukanya nulis yang GEJE ajah.. xixi…

Tapi inilah tantangannya, demi Anak tersayang kali ini Bundo akan nulis yang bener walau kudu nyontek sana sini **ini juga nyontek ide dari tulisan Mbak Cantik yang cerita tentang tiga mesjid di Surabaya, kali ini Bundo mau cerita tentang mesjid tua di Ranah Minang

Mesjid-mesjid tua di Minangkabau tidak jauh berbeda dengan mesjid-mesjid kuno di Indonesia, yang membedakan dengan mesjid luar Minangkabau adalah makna-makna dibalik simbol-simbol budaya yang diapresiasikan dalam bentuk arsitektur mesjid. Keberlanjutan budaya pra Islam sangat kental dilihat terhadap mesjid-mesjid kuno di Minangkabau. Material kultur pra Islam telah menjadi living monument (monument yang masih difungsikan) dalam kehidupan masyarakat Minangkabau karena budaya pra Islam tidak ditinggalkan tetapi diramu sedemikian rupa sehingga menghasilkan arsitektur yang mengagumkan.

Seluruh mesjid kuno selalu bertumpang 3 sampai 5, semakin keatas semakin kecil sedangkan tingkatan yang paling atas berbentuk limas, jumlah atap tumpang selalu ganjil merupakan pengaruh Hindu, karena sebelum islam atap tumpang dipakai untuk kuil, bangunan suci agama Hindu. Atap tumpang sampai sekarang masih lazim dipakai di Bali, namanya meru, dan digunakan khusus mengatapi bangunan-bangunan suci di dalam pura.

MASJID TUO KAYU JAO

Ini adalah Masjid Tuo Kayu Jao yang berlokasi di dekat Gunung Talang Solok ini berusia 400 tahun. Meski bangunan bergaya Masjid Demak Banten ini sempat dipugar tapi sebagian besar bangunan masjid masih asli. Atap masjid ini terbuat dari ijuk, ciri khas atap rumah adat Minang. Tiang penyangga masjid berjumlah 27 buah, melambangkan jumlah suku dan golongan yang ikut mendirikan masjid ini.

Masjid Tuo Kayu Jao

Selain itu terdapat sebuah mihrab yang masih utuh dan bedug yang diperkirakan berusia sama dengan masjid. Hingga saat ini Masjid Tuo Kayu Jao masih menjadi tempat beribadah warga setempat. Pemerintah Provinsi Sumbar telah menetapkan masjid ini sebagai cagar budaya, bukti sejarah penyebaran agama Islam di Solok.

MASJID JAMI’ TALUAK

Nah ini dia mesjid kesayangan Bundo, lokasinya dekeeeettt banget sama rumah Bundo.. cukup jalan kaki karena hanya bersebelahan kampung saja.

Mesjid Jami’ Taluak yang cantik dengan menaranya yang anggun terletak di luar mesjid. Menara itu retak akibat gempa hebat pada maret 2007 dan sekarang sudah direnovasi ulang, Mesjid yang berdiri tahun 1884 sudah sekitar lima kali mengalami perbaikan. Keistimewaan mesjid ini tidak bisa dilepaskan dari kolam ikan yang ada di samping mesjid. Setiap tahun dilakukan lomba memancing dan sekali tiga tahun dilakukan pengeringan. Seluruh hasil kolam itu dijadikan sebagai asset mesjid untuk kepentingan pemeliharaan mesjid.

Silahkan klik gambar kecil dibawah ini untuk melihat tampilan terbaru mesjid tersebut.

Bundo rasa Ata perlu datang ke Bukittinggi untuk bikin sketsa Mesjid yang satu ini,

sekalian masakin Bundo capcay, tortilas, enchiladas dan balado pedas, xixixi…

Taaa udahan yah.. gak usah panjang-panjang, Bundo nyerah niyh :D

Salam sayang

Bundo

####################################################################

lho kok udahan, cepet banget ya…

gak berasa udah kelar aja bacanya..

hihihihi….. -AtA-

note : sumber dari http://ulama-minang.blogspot.com

foto :

1: http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?p=57436291

2. http://opickopick.multiply.com/photos/photo/7/13

3. http://www.west-sumatra.com/index.php?option=com_ybggal&Itemid=27&picid=5839&catid=9

Ps: Makasih banyak Bundooo…

kabar-kabari dikit : ada 3 kucing lutcu yang baru menghuni kamarku..  :)

.

..

About these ads
Categories: infO-infO, rEviEw, tRip | 64 Komentar

Navigasi tulisan

64 gagasan untuk “Pesona Mesjid Tua di Ranah Minang

  1. Ahaiii …. Bundo Bening makin bening aja :) :)
    Terimakasih sudah menyebut diriku, meski dengan sebutan yang salah. Lha disebut Mbak Cantik, apa nggak blunder tuh? Bundo, maaf …. mungkin Bundo perlu dibantu kacamata waktu melihat foto saya, supaya tahu wajah saya yang sebenarnya … :D

    Saya pernah ke Bukittinggi, dan memang alamnya elok sekali. Ohya, pernah saya tulis di sini loh http://tutinonka.wordpress.com/2008/06/18/ranah-minang-indah-nian/
    Kalau Ata diundang ke Bukittinggi, saya boleh ikut nggak Bundo? Saya juga bisa bikin sketsa lho. Wah, nggak boleh ya? Nanti ikut ngabis-ngabisin capcay, tortilas, enchiladas untuk Bundo? Ya sudah, saya bawa makanan sendiri deh, gak bakal minta masakan Ata untuk Bundo. Lho, tetep nggak boleh? Iya deh, saya jauh-jauh, nggak bakal ndeket. Astaga, tetep dilarang? Waduh, kalau ini gawat ….. :D

    Wiii … kucingnya lutcu-lutcu. Aku juga punya, beli waktu ke Bali beberapa tahun lalu. Ehm, jangan-jangan ini oleh-oleh dari yang barusan ke Bali ya …. :roll:

    ..
    Bu Tuti ini selalu merendah deh..
    wong emang cantik kaya’ putri jogja gitu kok.. *lepas kecemete item*
    ..
    kucingnya emang dari bali Buk, tapi nyasar sendiri ke kamar saya.. :P
    ..

    • harumhutan

      @ bunda Tuti:

      bunda tuti sama bundo itu sama sama Perempuan cantik *percayalah…
      Kalian itu perempuan hebat!

      Tenang bunda nanti kita pergi bareng ke tempat bundo,saiyah nitip gudeg yah bunda :D

      apa?? sayah juga ndak boleh bareng bunda dan bundo untuk ngicipin makanan itu?!!

      ya wes,aku pergi sendiri ajah :mrgreen:

      siapa tuch bund yang dari baLi??
      waaa..bunda ma atta samaan yah kucingnya? sehati berarti :)

      @ atta :
      sketsanya bagus getoh lOch…!
      weeh..kok iso kucingnya nyasar langsung kekamar :D

      ..
      Tengkyu Wi3nd.. :-)
      ..
      Iya kucingnya nyasar, ya udah ku tangkep aja..
      He..he..
      ..

    • nakjaDimande

      @Mbak Cantik

      ighh, enak ajah bilang mataku salah.. putri jogja itu semua tjantik dan ajoe.

      klo AtA ke Bukit sebaiknya Mbak Cantik temenin deh.. sekalian ajakin ponakan mbak yang kemarin ituh **stt bisik-bisik :P

    • @ Ata :
      - Kalau pakai kata ‘kayak’ itu berarti bukan beneran, padahal aku beneran putri Yogya lho …
      - Kucing 3 kok kompak banget ya nyasarnya, bareng-bareng gitu. Langsung ke kamar pulak. Hwaa, pasti diajarin sama yang punya … hihihi …

      @ Wiend :
      - Senengnya dibilang cantik dan hebat *ngaca dulu* :D
      - Wien mau nitip gudeg? Beres Non, besok aku bawain satu kendil ya …
      - Siapa yang dari Bali? Hellow …. sodara-sodara, siapa ya yang habis liburan ke Bali? Harap ngaku … :D

      @ Bundo :
      - Kalau semua putri Jogja tjantik dan ajoe, berarti saya nggak spesial dong Bundo? Iya lah … gak pake telor kok …
      - Keponakan saya? Ssst … Bundo dapet bocoran ya :D

  2. Bundo cantik dehhhh… :) Salam kenal ya bundo..

    Saya juga pernah ke Bukit Tinggi. menarik sekali semua di sana

    Baru tau kalo masjid di Sumbar ada terken apengaruh Hindu juga.. dan.. kalo Bundo udah dimasakin Atta capcay, tortilas, enchiladas dan balado pedas, bagi-bagi saya ya Bundo.. xixixxixi (ngawur aja deh)

    ..
    Kalo aku lom nyampek ranah minang Clara..
    Pengen banget bikin sket jam gadang langsung disana..
    ..
    Boleh-boleh, Bundo paling gak sanggup ngabisin semuanya.. :-)
    ..

    • wah harus ke Jam Gadang Ta.. dan liat angka EMPAT nya bukan IV tapi IIII.. hehe.. aku udah pernah ke sana liat sendiri..

    • nakjaDimande

      whuiihhh Bundo dibilang cantik sama Angelina Jolie.. xixi

      salam kenal juga Clara..
      ttg pengaruh agama Hindu pada mesjid2 tua memang ada, walau sekarang arsitektur mesjid sudah sangat banyak berubah meniru gaya mesjid dari luar minang.. hanya bbrp yang masih asli.

      iya, ntar kita makan bareng2 masakan AtA :D

  3. harumhutan

    iyah emak makin langsing neeh ..
    tapi tentu sajah tak mengurangi kecantikannya * sun dulu aakh… :)

    Ternyata disetiap daerah itu punya kekhasan sendiri tentang bangunan masjidnya.

    kali ini Ranah minang dan ternyata Rancak banaak!!!!!
    bagus banged bund masjidnya.

    aku mau yang masjid Tuao Kayu JAu.. itu unik banged!
    Insya Allah harus sampe sanah,pemandangannya juga sweegeer hutan hijau getooh *kebayang sejuknya…
    ** ntar temenin ya maaak :)

    wiiiiiii..kucing kucing ituuhhhhhh..????
    namamya lutju lutju yaaa :D

    salam sayang untuk para kucings itu :)

    ..
    Iya nanti salamnya disampek’in.. :-)
    ..

    • nakjaDimande

      itu koetjink pasti oleh2 dari anak eMak yang paling koeroes.. yang kemarin dari Bali :P

      iya iya.. ntar eMak temenin ke mesjid Tuo Kayu Jao
      pastinya kita foto2 disana..
      biar mak yang foto-in Neng, oceeyy..!

  4. Eko Atmadji

    Meskipun cuma dua yang ditampilkan, keduanya berbobot banget. Punya kekhasan sendiri2.
    Kalau Ata dan bu Tuti ke Bukittinggi suruh mereka masak pecel lele saja bundo. Biar bisa buka restoran Pecel Lele Bukittinggi yang laris dan cuma satu-satunya itu.
    Jadi kangen Bukittinggi, karena dulu hampir tiap hari ke Bukittinggi saat menginap di Payakumbuh, rumah anak saya. Sekarang sudah tidak bisa karena anak saya ada di Medan.

  5. Eko Atmadji

    Maaf tadi ada kesalahan teknis. Belum saatnya dikirim sudah terkirim. Ini yang benar biar tidak bingung

    “Meskipun cuma dua yang ditampilkan, keduanya berbobot banget. Punya kekhasan sendiri2.
    Kalau Ata dan bu Tuti ke Bukittinggi suruh mereka masak pecel lele saja bundo sekalian diajarkan ke Bundo beberapa masakan Jawa lainnya. Kalau sudah pintar Bundo bisa buka restoran Pecel Lele menyaingi
    Pecel Lele Bukittinggi yang laris dan sekarang cuma satu-satunya itu.
    Jadi kangen Bukittinggi, karena dulu hampir tiap hari ke Bukittinggi saat menginap di Payakumbuh, rumah anak saya. Sekarang sudah tidak bisa karena anak saya ada di Medan.”

    ..
    Gakpapa Pak’E..
    Namanya juga kesalahan teknis..
    ..
    Ha..ha..
    Kan Pak’E tau, Bu Tuti gak bisa masak..
    Gimana mau ngajarin.. Hi..hi..
    ..
    Owh jadi pecel lele bukittinggi itu terkenal tho, gimana kalo bikin tambak lele aja untuk masok ke restoran itu.. ;-)
    ..
    Weis Pak’e suka jalan2 juga rupanya..
    Sip2, jd sekarang tripnya ke medan terus dong..? :-)
    ..
    Btw matursuwun kunjungannya Pak’E..
    Jangan kapok mampir..
    ..

    • nakjaDimande

      salam kenal Pak Eko

      xixi, Mbak Cantik disuruh jualan Pecel Lele
      walaahhhh bisa tumpah ruah tuh warungnya
      pada pengen nyicipin masakan beliau.

      sekarang warung pecel lele udah lumayan banyak Pak
      yang masih jarang itu masakan sunda
      padahal Bundo seringnya malah ngidam pepes2an. :D

      salam buat anaknya ya Pak..

    • @ Pak Eko :
      Kayaknya saya lebih berbakat jadi investor atau manajer restoran Pak, jadi biar Ata aja yang masak pecel lele. Saya tinggal duduk, kipas-kipas, sms-an, fb-an, sambil nunggu masakan Ata siap disantap … :D

      @ Ata :
      Ata, gak baik membuka aib orang di depan publik …. :-o Eh, tapi gak bisa masak bukan aib kan? Gak bayar makanan, nah itu aib …. *ngeles.com*

      @ Bundo :
      Kalau saya buka warung, warungnya bakal ambruk Bun. Bukan karena tumpah ruah pengunjung, tapi karena ditimpukin pengunjung yang marah karena masakannya gak enak :(

  6. Ping-balik: dan eMakpun “melayang” lagi.. « nakjaDimande

  7. foto2nya bagus, wah ata pintar melukis ya . walaupun lum pernah ke bukit tinggi, tapi tulisan ini sedikit terbayang gimana suasana di bukit tinggi

    ..
    Fotona dapat nyomot dari om google Mbak, nah kalo sketsa bikinan sendiri.. :-D
    ..
    Liat di tivi sih bukittinggi elok nian.. :-)
    ..

    • nakjaDimande

      Bukittinggi itu..

      bagi yang tau Bukittinggi jaman dulu biasanya agak kesal krn skrg Bukit udah panas dan penuh sesak dgn bangunan2 gak jelas.

      bagi bundo yang dari kecil disini, tetap mencintai
      juga terus berharap dan berusaha agar Bukittinggi tetap bisa dijaga keasriannya.

  8. denger ada Bukittinggi, ada Ranah Minang, saya langsung ngacir kesini, sekedar pengobat rindu pada kampung halaman…

    Thanks Ata, thanks Bundo.

    ..
    Kembali kasih, semoga terobati rasa rindunya.. ;-)
    ..

    • nakjaDimande

      Bundo sarankan Dewi tetap berkunjung ke Blog AtA,, karena apapun yang AtA tampilkan selalu bisa untuk mengobati segala macam rindu.

      mujarab! :P

  9. Wkt ke bukittinggi jaman dulu nggak sempat menjelajah semuanya, jadi kl bu Tuti dan Ata mau ke sana, ikut yah …..

    ..
    Tinggal kita nunggu undangan nyonya rumah aja kan Bu..
    Hi..hi..
    ..

    • nakjaDimande

      Mbakku harus ambil cuti 12 hari klo mau kelilingin semuanya, xixi
      **gak bakal dimarahin kepala dinas kok :P

    • Yuk yak yuks … kita ke Bukittinggi, Bu Monda. Wah … asyik dong ketemu dua dentis :)

  10. duhhhh cantik banget cewek berkerudung itu :D
    dan mesjidnya…Allahu Akbar! keren banget ya….

    Ata…kapan mo buatin sketsaku :D * ngarep*

    ..
    Jadi penulis tamu dulu Mbak, pasti nanti dibikinin.. ;-)
    ..

    • nakjaDimande

      menurut penerawangan Bundo, AtA kayaknya diam2 udah bikin sketsa gadis bermata cantik inih..

      **bundo nuduh.. :P

  11. Hehehe.
    gambarnya bagus – bagus banget.
    ajarin dong. hehe
    paling gak bisa kalo ngambar pake tangan.
    kalo pake sopwer mah udah jadi hobi. wkwkwkwk

    ..
    Ho..ho..ho..
    Makasih Mas Danu..
    Aku juga masih belajar kok.. :-)
    ..

    • nakjaDimande

      Mas Danu pasti bisa.. hanya butuh kemauan saja kok

      **Bundo sok iye kasih semangat :P

  12. Lho…
    Kak Adelnya kok malah belum muncul… :D

    ..
    Makasih kunjungannya Pak Marsudiayanto.. :-)
    ..

  13. nakjaDimande

    Ata sayang.. Bundo baru siuman niyh :P

    ada yang baik hati bikinin sketsa dengan mengurangi sedikit tingkat ke-chubby-an Bundo. terharu banget.. makasih ya tA.. xixi

    sketsa yang manapun bagi Bundo semuanya cantik, karena Bundo tau AtA bikinnya pake cinta.

    **betul kan Mbak Cantik..? apalagi sketsanya mbak cantik ituh.. AtA bikinnya pake cinta dan kekaguman **hayoooo ngaku!!!

    sekali lagi makasi
    Bundo sayang AtA

    ..
    Hah.. Jadi Bundo sempat pingsan..?
    Pantas aja lama ditungguin baru muncul..
    Hi..hi..
    Mau cubby ato enggak Bundo teteup cantik kok, beneran deh..
    ..
    Semua karya seni bikinya dengan hati dan rasa Bun.. ;-)
    ..

  14. L_A

    Bundo: Hi bundo…
    salam kenal ya bun…
    ^_^
    iko cici..
    bahaso minang ajo yo bun, bia si ata ndak ngarati, hi3..
    (walau alah seketek2 ngarati kayknyo, ho3..)
    ci urang solok loch bun..
    tapi kok ci ndak tau yo ado mesjid di kayu jao tu, hi3.. (payah, hu3..)
    tapi lumayan jauah cih sabananyo dari tampek tingga ci..
    1.5 jam lah..
    mokasih yo bun tulisannyo..
    ancak bana ko ha jadi mengispirasi pai katampek tu, ho3….
    ^_^

    ata: dadi mumet toh sirahnya, hi3..
    tak apalah..
    sekali2, ho3..
    Sketsanya keren (jadi mupeng beneran, hu3..)
    ^_^
    but take it easy, I will not ask u to make the sketch anymore..
    udah cukup punya satu, hi3.. (walaupun itu seberanya gk mirip ch, hi3..)
    tapi tak apalah, lah wong di bikin tanpa liat foto atau liat wajah c, hi3…
    ;-D

    n about the cats..
    lama2 merhatiinnya kepala c jadi ikut2an miring, hi3..
    ;-p
    tapi setelah diamati secara seksama, lucu jg tu kucing..
    kayak gi denger musik, n tubuhnya meliuk-liuk kayak penari ular, Weew…
    (uncontroled imagination, ha3..)
    LOL..
    O.o

    ..
    Bahaso minang biso lah seketek-seketek.. :-P

    Huuu.. Orang solok malah gak tau.. :roll:
    ..
    Iyo paniang sikik.. :-D
    Soal sketsa ngantri dulu ya jeung.. ;-)
    ..
    Keseringan nonton kartun tom n’ jerry nih..
    He..he..he..
    ..

    • nakjaDimande

      Ciciiiiiiiii.. mana niyh urlnya..?
      **sttt cici ini yg sering diceritain AtA ke Bundo itu yah..? :P

      Ntar klo pulang kampung, Cici ajakin Ata ke mesjid tuo itu yaaa. Ata pasti senang banget.

      ntar kita berdua minta disketsain lagi sama Ata :D

      • L_A

        ci gk punya blog bun..
        kemaren tu ada bikin yg di ipb buat tugas tapi malah bingung ngeditnya, hu3..

        emang iya bun??
        tapi bukan yg jelek2 kan bun, he3..
        mau cih bun, tapi ci jg gk tau gimana ke sananya, he3..
        ntar bareng bundo aja ya, ho3..

        lagi??
        ci belum pernah dbikinin sketsa bun, hikz..
        tapi kalee ja pas diajak ke sana ntar ata mau bikinin sketsa kita ya bun, ho3.. (ngarep.. ^_^ )

  15. Subhanallah… sketsanya keren2 :)
    Btw nama si kutjing yang ke tiga kok mirip namaku :D
    Salam…

    ..
    Terimakasih.. :-)
    Alhamdulillah tiap orang diberi bakat masing2..
    ..
    Ehem..
    Namanya mirip ya..
    Gak sengaja kok.. :-D
    ..

    • kok bisa ya mirip2 nama akin, terinspirasi kalik…?
      atau something goes on…..? gosssipppppp he…he….

      ..
      Bu Monda mirip wartawan infotaiment aja nih..
      He..he..
      -senyum-
      ..

  16. masjid tua yang masih terpelihara keaslian bentuknya, semoga saja kondisinya masih bagus dan masih berfungsi.. :)

    *sketsanya bagus Mas… :)

    ..
    Meski sudah menjadi cagar budaya, Masjid itu masih dipergunakan warga sekitar..
    Jadi InsyaAllah akan terpelihara..
    ..
    Makasih Bro..
    -AtA-
    ..

    • Syukur kalau masih digunakan, masalahnya akan nampak lucu kalau tempat ibadah tidak dipergunakan untuk ibadah :)

      • nakjaDimande

        ya Mas.. Insya Allah bukan hanya pajangan..

        oya klo pas azan magrib mesjid tsb sering tayang di salah satu stasiun TV..

  17. Indah sekali gambar pemandangannya.

    Belajar sesuatu yang kecil akan melahirkan sebuah sesuatu yang lebih besar.

    Sukses selalu.

    Salam ~~~ “Ejawantah’s Blog”

    ..
    Makasih Mas..
    -senyum-
    ..

  18. wew,gambaran sketsanya keren euy

    ..
    Tengkyu-tengkyu.. :-)
    -AtA-

  19. wah mantaf… gambarnya keren keren…
    berapa satu gambar neh kalo pesen..?

    ..
    Makasih..
    Gratis kok, tapi ada syaratnya.. :-)
    ..

  20. mau ukuran avatar ato yang besar, tetep: cuantik nian Bundo ni…mesjid berusia lama selain unik dalam arsitektur juga sebagai bukti penyebaran islam di ranah minang

    ..
    Iya Mah, Bundo memang cantik jadi kalo digambar juga tetep cantik.. :-)
    ..
    Benar sekali Mah, bisa jadi warisan untuk anak cucu juga.. ;-)
    ..

    • nakjaDimande

      bener Mah, berkat peninggalan tsb kita jadi tau sejarahnya.. tentang pengaruh agama hindu yang juga melekat pada bentuk mesjid. **aku sebenarnya baru tau loh Mah :D

  21. Ahai… lagi ada arisan tho di sini? Pantes rame sangat, hahaha… :D

    Bundo… terima kasih sudah menuliskan ini. Saya sangat terharu sekaligus marah, karena Bundo telah berhasil membuat kerinduan saya akan kampung halaman semakin membuncah… Awas ya, nanti tak kopdari lho, hahaha…. :D
    Beberapa surau tua di Pariaman ketika gempa yang lalu rusak parah. Sedih juga melihatnya. Semoga sekarang sudah dibangun kembali dan tetap dipertahankan bentuk aslinya…

    Ata… jadi, syarat untuk dibuatkan sketsa itu harus menjadi penulis tamu dulu ya? Kalau jadi seseorang yang sudah pernah kopdar sama Ata, bisa gak? ;)

    ..
    Iya Da, setelah dikocok kaleng susunya yg keluar nama orang bukittinggi..
    Hehe..
    ..
    Terharu campur marah itu gimana ya..?
    *mikir..
    Enak lho Bun dikopdari Uda Vizon, saya pernah ngerasain meski cuman sekejab.. :-)
    ..
    Soal sketsa gak bisa ditawar Uda, harga pas..
    Nanti ada diskon kalo cuci gudang..
    Hi..hi.. :-D
    ..

    • nakjaDimande

      Kopdarilah daku, maka kau kan ku ajak nangkring di itiak lado ijau
      xixi..

      mesjid2 di pariaman.. semoga dibangun kembali dgn mempertahankan bentuk asli.

  22. Oyen

    eMakkkk cakepppp… :D

    eMak pinter juja mbikin reportase, kek wartawan beneran *kasih tujuh jempol, sisanya pake jempolnya marmut :P

    mak, entar kalo ke Bukik, Oyen mo diajakin kesono *ngarep :P

    mas Attaaaaa…. kapan Oyen di gambarrr kek eMakkkk *pake nyemprot :P

    wis, penghuni rumah sama tamunya sama hebringnya… *komengtatornya jujjjaaaa :D

    ..
    Emak cakep, anak-anaknya apalagi.. ;-)
    ..
    Bundo emang berbakat jadi wartawan, tapi sayang gak lolos tes karena pemalu kalo didepan kamera..
    Hi..hi..
    ..
    Untuk dibikinin sketsa ada syaratnya Yen..
    *pake’ payung
    ..
    Semua hebring dan yg penting semua senang.. :-D
    ..

    • nakjaDimande

      mak adalah wartawan tukang copas,
      tau sendiri tulisan eMak geje semuah.. :D

  23. Haaa… Akhirnyaaaa… bisa dibuka juga ni blognya…

    Muuph ya, aku bahkan ga bisa buka blog sendiri, jadinya belom bw…

    Bundo imuuuutttt dehhh… Aku pernah ngintipin futu2 bundo yang di fb loh *ngaku*, dan Ata bikin sketsanya ga dikurangin koq chubby-nya ^_^
    Lagipula makin chub2 makin lutu… (nyari temen :-P)

    Arsitektur masjidnya keren2 ya Bundo, masih terasa kental nuansa tradisional minangnya…

    ..
    Syukur deh bisa buka gemboknya.. :-D
    ..
    Gak ada yg perlu di maafin, aku maklum kok..
    ..
    Yee.. Ketahuan suka ngintip nih..
    Awas ntar matanya bintitan lho.. :-P
    ..

    • nakjaDimande

      Bundo senaaannnnggg banget ketemu kembaran chubby.
      itu artinya Mida dan Bundo masih satu keturunan (adam dan hawa)..

      seandainya Ata chubby kayaknya bakal berjodoh sama Mida.

  24. aku pernah sekali pergi ke Padang dan bukit tinggi dan memang langsung jatuh cinta pada keindahan alam di sana, dan kebersihannya.
    Ingin sekali melihat Jami Taluak sambil mancing ikan di sana :D

    EM

    ..
    Wah Mbak Em malah udah nyampek ranah minang..
    Saya belum Mbak..
    ..
    Kalo suka mancing di kolamku aja pasti dapetnya.. ;-)
    ..

    • nakjaDimande

      kayaknya Mbak Em udah keliling nusantara niyh..

      Bukittinggi sekarang terasa sesak mbak.. prihatin juga kota sekecil ini maceeeetttt mulu tiap pagi. mendingan ke kantor jalan kaki deh..

  25. hellgalicious

    buset dah sketsanya keren abis coy
    wiii pasti si bunda seneng banget tuh digambarin sama bang ata

    sketsa masjidnya juga sangar

    beeeh

    ..
    Makasih Gga, masih belajar kok.. :-)
    ..

  26. mantap itu sketsanya… :)

  27. Alam Minangkabau sungguh indah..tak bosan untuk setiap kali ke sana..jalan yang meliuk-liuk dan hijau dikanan kirinya…tidak macet dan pemandangan alamnya luar biasa indah.

    Terakhir pergi ke Padang-Solok-Padangpanjang-Bukittinggi saya mengunjungi beberapa masjid, namun lupa namanya….hmm mesti lihat lagi foto lama…

    • nakjaDimande

      hehhee, Alhamdulillah kenangan Ibu ttg ranah minang indah semua.. klo yang macet2 itu biasanya memang cuman Bukittinggi aja Bu. Klo sesekali gpp, tapi buat yang tiap pagi musti ke kantor naik angkot hal ini sangat menyebalkan.

      sekarang masalah ini masuk ke dalam program emergensi walikota yg baru :D

  28. Ping-balik: 11.11.10 « nakjaDimande

  29. Marya Sy

    Subhanallah,, masjid Jami’ yang indah…

    … dan Bundo yang menjadi kian menawan, ^_^
    Peng-sketsa’ya pinter ya… :) Salam,

  30. Ping-balik: Dilukis dengan Pensil « LJ.returns

  31. Ping-balik: Tour de Ranah Minang : Kejutan Mengesankan « Kisahku

  32. Ping-balik: TdRM #3 : Menyilau Masjid Tuo Kayu Jao « LJ.returns

  33. LEONIE

    gambanya baus sekali
    SUNGGUH MENAKJUBKAN

  34. Ping-balik: TdRM #3 : Menyilau Masjid Tuo Kayu Jao « LJ.returns

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog pada WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 470 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: