FATWA ROKOK HARAM

sebuah keputusan yang dilematis.
merokok adalah kegiatan yang tidak berguna
dan cenderung merugikan orang lain
bukan rahasia umum merokok sangat merusak kesehatan
menyebabkan begitu banyak penyakit.
sebaliknya kalau sampai pabrik rokok tutup
maka akan berdampak besar pada sektor ekonomi.
sebenarnya sudah banyak negara islam yang mengeluarkan
fatwa rokok haram, seperti arab saudi,oman,malaysia,
brunei darusalam. tetapi yang jadi masalah
indonesia bukan negara islam.
menurut aku lebih baik pemerintah menaikkan pajak rokok
dan membatasi ruang gerak perokok dengan
mengesahkan UU kawasan tanpa rokok.
pastinya memberikan sangsi yang tegas bagi yang melanggar
tanpa pandang bulu.
ok.pada intinya aku belum bisa kasih keputusan setuju atau menolak
karena aku masih belom bener-bener lepas dari rokok.

bagaimana dengan anda setuju atau menolak fatwa rokok haram ?

About these ads
Categories: infO-infO | 5 Komentar

Navigasi pos

5 thoughts on “FATWA ROKOK HARAM

  1. ariefdj™

    Nggak setuju, tp jg gak nolak.. Abstain aja dah.

    mas arief pasti ngerokok nih,makanya abstain.
    sama kayak aku hehe

  2. akko setujuh,
    soalnya ganggu bgt sih…
    temen akko ada yg sampe radang
    soalnya pernafasan dya sensi bangedd…

    tul !, rokok emang bikin banyak penyakit.

  3. ariee

    Tentang relevansi fatwa ini dengan bentuk negara kita, Yang perlu di dudukan pada tempatnya adalah, fatwa ini dikeluarkan MUI sebagai lembaga Independent yang dijadikan acuan bagi keseharian masyarkat Muslim dalam kapasitasnya sebagai penganut Agama Islam, Setiap agama pasti punya tuntuan baik berupa perintah maupun larangan. Nahh hal ini harus dibedakan dengan kebijakan pemerintah (walaupun kadang pemerintah juga mengacu pada fatwa MUI dalam beberapa kasus) kalau pemrintah sebagai pengambil kebijakan memutuskan untuk melarang peredaran rokok, maka benar bahwa kebijakan ini adalah keputusan yang dilematis.

    terimakasih atas pendapatnya.

  4. RoFiA

    ck…ck…ck…

    septarius ni kocak, perokok nulis fatwa rokok haram…
    hehe…

    hmmm…

    yg penting c kesadaran para pengguna rokok dech,,,
    kan dah tau kerugian2 rokok,, ya… muanya kembali ke hati masing2 (halah… ^^v)

  5. Ulama Harus Ikut Pikirkan Dampak Fatwa Rokok Haram

    Meski masih dalam tahap wacana, Majelis Ulama Indonesia (MUI) dikabarkan akan mengeluarkan fatwa haram merokok bagi umat Islam. Isu ini dapat menjadi kontroversi baru karena bisa membuat punahnya sebuah ekosistem dan komunitas yang sudah mapan.

    Persoalannya, tentu adalah bagaimana mengatasi krisis yang terjadi pasca fatwa haram oleh MUI. Siapakah yang bertanggungjawab atas dampak negatif dari dikeluarkannya fatwa ini ? Apakah MUI juga sudah memikirkan dampak-dampaknya ?

    Padahal, jika fatwa rokok haram diluncurkan pasti dampak sosial ekonomisnya akan luar biasa besar. Rokok merupakan salah satu penyumbang devisa bagi negara, dan juga penyumbang berbagai kegiatan (sponsorship) bahkan dalam event resmi pemerintahan dan keagamaan.

    Bukan itu saja, berapa juta orang yag akan mendapat kesengsaraan akibat masalah ini. Pengusaha dan karyawan pabrik rokok, meskipun banyak barangkali masih bisa dihitung. Tetapi, berapa jumlah tetangga kita yang menjadi tukang rokok di sepanjang jalan, tentu jumlahnya akan menjadi sangat banyak.

    Dalam konteks ini, kita mengharapkan agar para ulama (jika mengeluarkan fatwa rokok haram) juga turut membantu memikirkan nasib dan masa depan jutaan komunitas manusia yang menggantungkan hidupnya kepada industri rokok. Terima kasih.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 471 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: